Advertisements
Home / ilmiah / Selamat! Kamu Telah Berhasil Publikasi 3 Jurnal Internasional, You are surely excellent….
jurnal internasional ketiga

Selamat! Kamu Telah Berhasil Publikasi 3 Jurnal Internasional, You are surely excellent….

Nazroel.id – Pertama kali menginjakkan kaki di Jepang adalah seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Meninggalkan keluarga kecil di tanah air adalah hal yang paling berat buat kami sekeluarga. Sekaligus menjadi motivasi besar untuk segera menuntaskan mimpi untuk kembali berkumpul bersama keluarga.

Doa dan pengorbanan yang begitu besar selama rentang waktu 3 tahun ini ternyata berbuah hasil yang manis. Akhirnya paper ketiga saya telah diterima di jurnal internasional bereputasi. Baru kali ini di meeting harian bersama anggota laboratorium, Profesor saya bilang :

Congratulation!! You have got three research papers, You are surely excellent…

Tak lama kemudian, ucapan dari para rekan seperjuangan pun muncul

Omedetou! Omedetou!

Yang artinya congratulation dalam bahasa Jepang. Hal ini jarang terjadi di mahasiswa Jepang pun, biasanya untuk menuntaskan program Doktor di laboratorium saya maksimal 2 published dan 1 dalam tahap penulisan atau submitted.

Semua ini berkat dukungan keluarga tercinta di tanah air, dan juga orang tua saya di Tasikmalaya yang tak henti-hentinya berdoa agar anaknya bisa mencapai target.

Apa yang dicapai hingga saat ini tidak lain karena 2 hal yang telah direncanakan dengan matang sebelumnya

1. Ukur dan prediksi kemampuan diri

Ketika memilih perguruan tinggi dan topik penelitian, harus bisa memprediksi apakah saya mampu untuk melakukannya? Dengan kata lain, boleh target setinggi-tingginya tapi tanyalah diri sendiri apakah realistis?

2. Tentukan visi, misi dan target pribadi

Buatlah visi dan misi pribadi yang sederhana, Visi utama tentunya untuk meraih gelar dan lulus tepat waktu, Misi-nya bisa disesuaikan tergantung tujuan yang ingin dicapai.

Baca ini yuu :   'Indonesian Journal of Pharmaceutics' Calon Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Bagi saya sederhana, saya ingin belajar bagaimana cara publikasi di jurnal internasional bereputasi dan ingin melakukan penelitian yang nantinya bisa dilanjutkan di tanah air.

Setelah visi dan misi jelas, buatlah target harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Jagalah target ini dengan motivasi yang kuat. Motivasi ini bisa menanggulangi berbagai rintangan yang menghadang.

Langkah-langkah terperinci dalam mempublikasikan 3 paper dalam 3 tahun akan dibahas secara praktis dalam sebuah buku yang rencananya akan dirilis pada bulan Maret 2017 termasuk versi mobile di aplikasi android.

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Alasan PAK DIKTI Tolak Usulan Jurnal Ilmiah Untuk Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen

nazroel.id – Kenaikan jabatan fungsional dosen saat ini diwajibkan untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk …

Leave a Reply

%d bloggers like this: