Gold Coast, Australia : Tempat Wisata Para Sultan

Nazroel.id – Australia punya pantai surganya peselancar, yakni Surfer Paradise di Gold Coast, sekitar 80 km ke Tenggara dari kota Brisbane.

Bukan saya yang bilang bahwa Gold Cost adalah tempat para Sultan, tapi ada orang Indonesia yang menikah dengan imigran yang menetap di Australia yang kemudian mendirikan mushola dan tempat dakwah di Gold Cost.

Ketemu orang Indonesia asal Aceh yang mendirikan Mushola di Gold Coast

Gold Coast adalah wilayah metropolitan di selatan Brisbane di pantai timur Australia. Tempat ini terkenal dengan pantai berpasirnya yang panjang, tempat selancar, dan sistem kanal dan saluran air yang rumit. Ini juga merupakan rumah bagi taman hiburan seperti Dreamworld, Sea World, dan Wet’n’Wild. Di pedalaman, jalur pendakian melintasi pegunungan dan lembah di Taman Nasional Lamington, rumah bagi burung langka dan hutan hujan.

Biaya hidup di Australia bisa dikatakan 10 kalinya dengan di Indonesia, terlihat dari harga mineral water 600 mL seharga 3.5 AUD atau sekitar 35 ribu. Sekali makan di tempat paling terkenal di Gold Coast yakni di puncak gedung Q1 lantai 77-78 dikenal sebagai SkyPoint Observation Deck minimal merogoh kocek sekitar 100 AUD sudah termasuk biaya ke puncak gedung.

Lalu bagaimana tips untuk berwisata di Gold Coast dengan menekan biaya pengeluaran?

Gunakan Go Card

IC Card atau e money nya wilayah provinsi Queensland namanya Go Card. Dari Central Station ke Helsenvale menggunakan kereta luar kota, dilanjut pindah platform menggunakan Tram hingga berhenti di Surfer Paradise tepat di depan Gedung Q1.

Cukup merogoh kocek sekitar 11 AUD.

Jalan di tepi pantai

Bila tidak membawa anak-anak tidak perlu masuk ke theme park semisal Sea World, Dreamworld karena masuknya berbayar. Contohnya paket menonton ikan paus seharga 349 AUD atau sekitar 3.5 juta rupiah.

Baca ini yuu :   Tips Cara Mencari Hotel Keluarga Murah di Tokyo Bernuansa Jepang

Cukup jalan-jalan di tepi pantai saja, gratis.

Ke SkyPoin beli voucher makan

Kunjungan wajib di Gold Coast adalah menuju puncak gedung Q1.

Bila budget terbatas tidak usah membeli makanan, cukup membayar 35 AUD untuk menikmati pemandangan pantai Gold Coast.

Tapi, bila sekalian makan siang, bisa membeli sekalian voucher makanan senilai 20 AUD dengan membeli tiket masuk seharga 45 AUD.

Sholat di mushola hotel Savanah

Satu-satunya tempat solat di Gold Coast berada di lantai 2 hotel savanah, layak dikunjungi di stasiun Tram terakhir.

Nginep di Brisbane

Tidak perlu menginap di Gold Cost yang tentunya lebih mahal dbanding di hotel brisbane.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

8 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Brisbane Australia

Nazroel.id – Berkesempatan mengunjungi Brisbane, Australia selama 3 hari memberikan pengalaman seru yang perlu di …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.