Cara Mudah Merubah dan Memodifikasi “Citation Style” di Mendeley

Nazroel.id – Ketika menulis artikel ilmiah seperti jurnal, skripsi, tesis, disertasi yang membutuhkan pencantuman referensi atau bibliografi maka disarankan menggunakan software referensi manajer. Dalam hal ini Mendeley adalah pilihan terbaik, selain gratis, lengkap, dan dikembangkan secara rutin oleh elsevier.

Namun akan muncul permasalahan umum yang bisa terjadi di aplikasi pengaturan referensi manapun, yakni “citation style” atau gaya format struktur penulisan referensi tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Seperti berikut ini contohnya :

cara edit style

Walaupun dalam penulisan disertasi saya kali ini disarankan menggunakan style jurnal “Chem. Phar. Bull.” namun ternyata yang punya lab menginginkan tambahan judul sebelum nama jurnalnya. Walhasil mulailah mencari bagaimana caranya mengubah style, dan hasilnya nihil. Oleh karenanya disini saya coba menulis agar bisa dimanfaatkan bagi semua orang yang menggunakannya.

Pertama yang harus dilakukan adalah menuju mendeley desktop atau adds in di word untuk menuju ke pilihan citation style, dan akan muncul seperti di bawah ini

mendeley

Editlah style yang akan dirubah dan dimodifikasi, dengan klik kanan > edit style, secara otomatis akan menuju ke situs visual editor atau edit citation style secara online

mendeley

Sisi kiri menunjukan panel, dan sisi kanan atas adalah “live preview” style yang saat ini digunakan. Kebetulan karena ingin merubah bibliography maka klik layout, kemudian add (tanda plus)

mendeley

Pilih name, kemudian atur setting agar title dimunculkan

mendeley

Secara langsung akan berubah di “live preview” sisi kanannya. Aturlah sesuai format yang diinginkan. Setelah selesai “save as ” dan akan muncul link untuk download “style” yang telah kita buat, lalu aktifkan di mendeley desktop atau add ins wordnya dan akan berubah seperti di bawah ini.

Baca ini yuu :   ITB Tegur Dosen dan Mahasiswa yang Publikasi di Jurnal Predator

mendeley

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Daftar Jurnal Didiskontinu Scopus Per September 2023, Total 813 Jurnal

Nazroel.id – Scopus kembali mengeluarkan daftar jurnal yang dikeluarkan dari indeksasi Scopus per September 2023, …

5 comments

  1. makasih. sangat membantu

  2. Terima kasih, sangat membantu
    yang awalnya di edit manual sekarang bisa santai, ga pusing lagi.

  3. Terima kasih, semoga berkah ilmunya.

  4. Halo kak. Terimakasih atas ilmunya. Untuk mengubah style sitasi footnote sesuai aturan institusi, gimana ya kak??? Semoga dibalas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.