Pindah Hosting, Bersiap untuk Hadapi Masalah Migrasi

Nazroel.id – Sejak Maret 2016 hingga Maret 2021, nyaman dengan fasilitas dan layanan dari salah satu hosting terbaik di Indonesia yakni Indoglobal. Namun, persaingan yang ketat dan tawaran yang bervariasi di dunia perhostingan, patut kita cermati.

Saat ini menurut pantauan dari sisi harga dan kecepatan, niagahoster dan hostinger patut menjadi perhitungan. Pernah hosting di hostinger, membuat pilihan jatuh ke niagahoster dengan alasan sederhana yakni harga dan layanan yang diberikan.

Disini disebutkan para penyedia hosting yang pernah digunakan bukan berarti para penyedia jelek, tapi karena era kompetisi ini sebetulnya menguntungkan konsumen.

Sebagai contoh, indoglobal saat ini menawarkan paket G dengan kapasitas penyimpanan 32 GB, dengan layanan Termasuk Sertifikat SSL/TLS Unlimited jumlah file, Unlimited bandwidth, Unlimited email, Unlimited subdomain, Unlimited database. Yang paling berkesan dengan indoglobal paket ini termasuk dengan bantuan layanan hingga membetulkan masalah dari sisi web development dengan memberikan akses dashboard wordpress. Sayangnya, harganya paling mahal dikelasnya dengan Rp 350 ribu perbulan untuk 3 tahun, jadi perlu kocek 12 jutaan untuk memperpanjang paketnya.

Pilihan berikutnya jatuh ke niagahoster, karena alasan ssl gratis unlimited, berbeda dengan hostinger yang harus merogoh kocek tiap daftar ssl nya. Dengan paket cloud nya, 60 GB storage, dan lainnya sama yang ditawarkan dengan indoglobal, cukup membayar Rp 150 rb untuk 3 tahun, jadi hanya 5 jutaan. Ini adalah paket diskon, aslinya tercantum perpanjanhan berikutnya adalah 21 juta rupiah.Namun, kelemahannya ada disisi layanan yang tidak mau terlibat ke sisi teknis permasalahan wordpress.

Disinilah memang jam terbang mulai dibutuhkan bila ingin mengambil keputusan untuk berpindah hosting ke tawaran yang lebih murah. Ada beberapa catatan ketika proses migrasi, yang sebetulnya hingga saat ini masih ada yang bermasalah dan belum ditemukan.

Kuasai cara migrasi menggunakan phpmyadmin

Biasanya, migrasi hosting yang kami pilih adalah menggunakan xml fitur export import di dashboard wordpress. Tetapi ternyata untuk blog yang memiliki database atau sudah banyak postingan dan fitur yang telah digunakan perlu menggunakan migrasi database file sql melalui phpmyadmin.

2 situs berhasil sempurna yakni nazroel.id dan apotekerstore.com berpindah dengan fitur ini, karena memang ukuran file sql tidak terlalu besar.

Tapi, untuk farmasetika.com, gudangilmu.farmasetika.com, cpd.farmasetika.com, dan majalah.farmasetika.com walau sudah berhasil migrasi, namun ada beberapa fitur yang belum bisa digunakan.

Seperti, featured image atau gambar unggulan tidak bisa muncul, update plug in tidak bisa dari dashboard.

Saat ini sedang dicoba migrasi sql dengan tabel tidak semuanya di export melainkan dipilih, karena 1 sql bisa berukuran 300 mb, di zip berkurang sampai 80 mb tapi masih terlalu besar dan menyebabkan error. Sehingga perlu dibagi-bagi hingga 3 bagian.

Cek migrasi database berhasil

Untuk mengetahui sudah berpindah atau belum secara keseluruhan selain dari fitur-fitur yang digunakan berjalan, di tabel phpmyadmin kita bisa short filtering dengan klik Size, sehingga kita bisa melihat dan membandingkan ukuran file tiap tabelnya apakah sudah sama dengan sebelumnya atau belum.

Pointing DNS di dashboard domain bisa dilakukan apabila proses migrasi database dan file wordpressnya sudah berhasil di pindahkan ke hosting yang baru.

Menunggu masa propagasi

Masa propagasi lumayan membuat trafik web menurun, karena beberapa pengunjung masih ada yang mengakses ke IP Address lama dan bahkan banyak juga ditemukan error 404.

Baca ini yuu :   Dari Radio Gelap Waduk FM Hingga Website Bidhuan yang Mulai Mendunia

Masa ini pula yang memunculkan kebingungan, karena kadang dashboard masuk masih ke hosting lama, jadi disarankan tidak untuk posting artikel terlebih dahulu, atauh mengatur updating plug in.

Bersiap hadapi masalah migrasi

Memutuskan untuk pindah hosting artinya bersiap beradaptasi di rumah baru, permasalahan yang muncul harus kita temukan sendiri, layanan dari hosting itu hanya terkait teknis hosting saja, tidak termasuk masalah di wordpress.

Saatnya untuk berselancar, gogling mencari solusi dari forum-forum wordpress yang ada.

Welcome to the next level… saatnya kembali mencari solusi sendiri dan berkenalan kembali di forum-forum wordpress..

Yuk berkomentar disini, bisa ada solusi bagaimana gagal update di dashboard (500 internai server error), ataupun ajaibnya featured image tidak bisa muncul. Juga anehnya deskripsi ukuran gambar yakni size dan piksel tidak muncul di setiap upload gambar baru…

Mohon bantuannya yah..

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Situs Ini Bisa di Lockdown Facebook, Tolong Bantu Ya!

Nazroel.id – Sosial media facebook dengan alogaritmanya bisa saja membuat beberapa situs yang tak bersalah …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: