Advertisements
Home / Hobi / Elektronik / Tips Membeli Barang Elektronik Murah di Jepang Secara Online dan Offline

Tips Membeli Barang Elektronik Murah di Jepang Secara Online dan Offline

Nazroel.id – 3 tahun tinggal di Jepang menyisakan kisah unik tersendiri, terutama terkait bagaimana caranya memburu barang-barang elektronik murah secara online maupun offline.

Tulisan kali ini akan merangkum bagaimana caranya mendapatkan barang elektronik secara online maupun offline baik itu untuk kebutuhan pribadi atau untuk orang lain di Jepang.

Sebelum menjelaskan Tips Membeli Barang Elektronik Murah di Jepang Secara Online dan Offline, kita harus menentukan apakah barang yang akan dibeli baru atau bekas/second hand. 

Tips Untuk Membeli Barang Elektronik Baru dan Bekas di Jepang

Dalam membeli barang elektronik baru, saya selalu membeli melalui sistem online, karena selain mudah dan cepat terkadang ongkos kirim juga gratis.

pic : bestdenki.ne.jp

Sempat pula membeli di toko elektronik seperti di Best Denki namun dari sisi harga lebih mahal dibanding beli online. Untuk barang bekas bisa mengunjungi toko second hand atau hard off.

Berikut adalah daftar website online yang bisa digunakan untuk mencari barang elektronik murah. Jika ingin mencari barang 2nd hand prinsipnya adalah mencari barang yang masih garansi biasanya harganya selisih 20-30% dari harga baru. Semakin lama barang semakin murah dan harus semakin hati-hati dalam memilihnya.

1. website distributor resmi

Contohnya bisa langsung membeli di situs resmi apple (apple.co.jp) atau samsung (samsung.com/jp). Disitus resminya hanya menjual barang original dan baru. Website ini dijadikan sebagai bahan perbandingan harga, jadi website-website berikutnya tentunya harganya harus lebih murah dari distributor resminya.

2. amazon.co.jp

Paling asyik kalau berselancar di amazon Jepang. Di situs ini bukan hanya barang baru, barang bekas pun bisa kita dapatkan. Waktu pengiriman pun terbilang cepat, 1-2 hari sampai. Metode pembayaran yang mudah dengan kartu kredit maupun COD membuat nyaman dalam berbelanja.

Baca ini yuu :   Uniknya Kertas Nasib atau Fortune Paper di Jepang

belanja

3. ebay.com

Sedikit patut disayangkan, karena sejak 2015 ebay.co.jp tidak aktif jual beli barangnya. Namun, ebay.com masih bisa digunakan terutama membeli barang-barang dari China yang terkadang bisa gratis pengiriman internasional walaupun sampainya bisa sampai 40 hari.

Berbeda dengan amazon, di ebay memiliki fitur lelang untuk barang tertentu. Kita bisa menawar barang sampai batas waktu yang ditentukan oleh penjualnya. Kredibilitas penjual harus lebih diperhatikan sama halnya dengan di amazon.

Saya biasanya membeli barang di ebay.com untuk asesoris handphone, atau asesoris iPad dengan kondisi baru. Pernah juga membeli spare part Macbook dengan kondisi bekas.

Harus diperhatikan ketika ingin membeli barang di ebay adalah import charge sama biaya pengiriman. Harga murah tetapi ketika dijumlahkan dengan biaya impor dan pengiriman bisa menjadi mahal. Terkadang import charge gratis untuk beberapa barang tertentu.

4. kakaku.com

Saya belum pernah membeli melalui kakaku.com, tetapi dijadikan bahan perbandingan harga yang biasanya mendekati harga distributor. Selain baru, disini juga tersedia barang bekas.

5. auction.yahoo.jp

Paling asyik adalah mencari barang murah meriah dan memonitor lelang barang-barang elektronik yang dijual di Jepang. Untuk beberapa kondisi terkadang menjual barang baru yang belum dibuka dan bergaransi.

Namun harus lebih memperhatikan jenis barang dan history si penjual, dan hati-hati dalam membeli. Kasus penggunaan akun tanpa sepengetahuin pemilik bisa terjadi. Solusinya pintar memprediksi dan membaca barang yang dijual.

Yahoo auction bermanfaat untuk memperkirakan berapa harga standar barang-barang bekas elektroniknya.

6. janpara.co.jp

Nah yang terakhir ini sebenarnya adalah tanpa disengaja, karena setelah mengetahui harga standar di yahoo auction. Menemukan toko baru di Kumamoto dan akhirnya membeli iPad Pro 9.7 sekaligus dengan Apple Pencilnya dengan datang langsung ke tokonya.

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Sony Smartwatch 3 SWR3 possible Android wear 2.0? LEAK - YouTube 2017-02-15 07-27-42

Menanti Sony Smartwatch 3 Bisa Menggunakan Android Wear 2.0

Nazroel.id – Google telah merilis versi Android untuk smart watch terbarunya yakni Android Wear 2.0 …

9 comments

  1. Ternyata banyak juga ya web marketplace Jepang untuk kita belanja online barang-barang dari Jepang. terima kasih informasinya.

  2. Halo mas. Masih tinggal di Jepang? Gimana solusi beli di auction yahoo Jepang ya mas. Mereka kan tidak ngirim ke Indonesia. Thanks

  3. Halo mas, teman saya sedang ada di jepang dan dia akan berada di sana selama 3 minggu. Rencananya saya akan menitipkan dia untuk membelikan macbook buat saya. Bagaimana caranya ya supaya teman saya bisa membawa macbook baru tsb tanpa terkena tax.. mohon di share tips dan trik dari mas… terimakasih

  4. Halo,sy hany. Bs minta kontak km? Ada yg mau sy tawarin . Bisnis lumayan buat jajan. Hehehhe pliz contact me . Wa +6287888878689. Arigatho

  5. Permisi mas. Mau tanya, tadi sempet sebut Kumamoto, bisa minta tolong beri tahu nama toko barang bekas (nggak cuma elektronik) yang ada di Prefektur Kumamoto? Terimakasih:)

Leave a Reply

%d bloggers like this: