Cara Mudah Melihat Impact Factor Jurnal Internasional Terbaru

Nazroel.id – Web of Science Group (WOS) saat ini telah memberikan akses gratis untuk mengecek Faktor Dampak atau Impact Factor (IF) dari sebuah jurnal internasional. Cukup registrasi gratis dengan mengisi profil atau bisa terintegrasi dengan akun Facebook, gmail, Linkedin, ataupun ORCID.

Bila akan naik jabatan fungsional, maka jurnal dengan berfaktor dampak ini akan memiliki penilaian paling tinggi dari DIKTI. Oleh karenanya, penting untuk kita melihat keabsahan apakah jurnal tersebut benar memiliki IF, hanya kita bisa melihat IF 2 tahun kebelakang, untuk yang terbaru harus berbayar biasanya lembaga atau institusi bisa berlangganan.

Berikut adalah langkah-langkah tips atau cara melihat Faktor Dampak dari jurnal internasional.

1. Daftar di website Clarivate

Ikuti link berikut ini https://mjl.clarivate.com/home bisa daftar bisa juga klik registrasi akun media sosial yang dimiliki

2. Cari jurnal yang akan dilihat impact factornya

Langkah berikutnya tinggal mencari jurnal apa yang akan dicek kebenaran Faktor Dampaknya, bisa dari ISSN bisa juga dari judul/nama jurnalnya

3. Cek detil profil jurnal

Di halaman ini akan muncul profil singkat, bila ingin lebih detil maka klik view profil page

4. Cek detil Indeksasi dan Faktor Dampak

Di halaman ini semua data terkait jurnal bisa dilihat, dari mulai dari informasi umum, Web of Science Coverage, indeksasi pubmed, hingga Journal Citation Report (JCR) pada 2 tahun kebelakang. Sayangnya bila ingin melihat IF terbaru harus berlangganan untuk melihat detil JCR.

Baca ini yuu :   Kemenristekdikti Luncurkan Buku Pedoman Publikasi Ilmiah

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

670 Jurnal Internasional Didiskontinu Scopus per Mei 2021

Nazroel.id – Pada bulan Juni 2021, Scopus kembali merilis daftar 670 jurnal yang didiskontinu atau …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: