Cara Cek Kebenaran Jurnal, Efek Samping Vaksin Sinovac Perbesar Penis = HOAKS

Nazroel.id – Beredar luas di masyarakat terkait efek samping vaksin COVID-19 dari perusahaan China, Sinovac, yang bisa memperbesar ukuran penis dengan merujuk salah satu jurnal internasional.

Ketika kabar beredar luas dengan merujuk 2 gambar di bawah ini

Masyarakat hendaknya tidak langsung percaya, ada beberapa langkah tips untuk mengetahui kebenaran sebuah informasi yang mencatut dari jurnal

Selidiki nama jurnalnya

Pertama yang harus dicari adalah sumber ilmiahnya dari jurnal apa? bila hanya sebuah tulisan di surat kabar tanpa menyebutkan nama jurnalnya, kita tidak boleh langsung mempercayainya.

Bila terbatas, carilah info lainnya, dalam hal ini tersebar dan ditemukan info dari Gambar 2 dengan nama jurnal The New England Journal Merdecine. Bila kita perhatikan bersama, penulisan nama jurnal yang ada saat ini adalah Medicine bukan Merdecine, yakni The New England Journal Medicine (NEJM) dengan Electronic ISSN 1533-4406, Print ISSN 0028-4793.

Sudah jelas bila dicari di google tidak akan ada judul dengan SARS-CoV-2 Recombinant COVID-19 Vaccine has shown to increase penis length by 3 inches in some individuals di jurnal NEJM.

Kasus ini sudah jelas bahwa jurnal yang dicatut adalah jurnal asli yang dipalsukan sehingga dapat disimpulkan isi berita adalah HOAKS.

Selidiki identitas jurnalnya

Setelah nama jurnalnya ketemu, coba dicek edisi dan nomor, atau volume berapa, syukur-syukur mendapatkan nomor DOI atau nomor ID dari database yang tersimpan.

Sebagai contoh, tersebar pula informasi sebagai berikut

Disini sudah jelas terlihat nama jurnal (allergy) dengan tanggal terbit (2020 Dec 30) dan nomor DOI dan PMID. DOI merupakan Digital Object Identifier yanga merupakan link unik dan spesifik yang akan menuju ke alamat artikel jurnalnya. Kita bisa cek link DOI https://doi.org/10.1111/all.14726 dan akan muncul

Baca ini yuu :   'Indonesian Journal of Pharmaceutics' Calon Jurnal Internasional Terindeks Scopus

atau PMID di https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33378789/ akan muncul

Disini jelas dipalsukan adalan judul dan isi sebagian abstraknya.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

670 Jurnal Internasional Didiskontinu Scopus per Mei 2021

Nazroel.id – Pada bulan Juni 2021, Scopus kembali merilis daftar 670 jurnal yang didiskontinu atau …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: