Tips Membuat Ucapan Terimakasih dalam Orasi Ilmiah

Nazroel.id – Dalam tulisan sebelumnya telah dibahas tips bagaimana cara membuat naskah Orasi Ilmiah Berkenaan dengan Penerimaan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Farmasetika dan Teknologi Farmasi pada Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran untuk Prof. apt. Nasrul Wathoni, Ph.D.

Ditulisan kali ini adalah contoh tulisan ucapan terimakasih, sekaligus ingin menyampaikan rasa terimakasih dalam tulisan ini :

Perkenankan saya menyampaikan uraian terima kasih yang dalam kepada semua pihak sebelum saya mengakhiri pidato pengukuhan guru besar ini. Pertama, rasa terima kasih saya sampaikan kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi atas disetujuinya usulan saya dalam jabatan Guru Besar dalam Ilmu Farmasetika dan Teknologi Farmasi di Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran. Khususnya melalui program hibah Matching Fund Kedaireka tahun 2021, yang menjadi syarat kekurangan tambahan dalam pengusulan GB ini.

Kepada Rektor Universitas Padjadjaran dan Ketua Senat Akademik, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya yang memberikan kesempatan pada saya untuk menyampaikan orasi ilmiah ini. Tentu tak lupa, pada para wakil rektor, Dekan, Wakil Dekan, Para Direktur dan seluruh direktorat dan jajaranya yang mendukung dan berkenan hadir pada acara pengukuhan ini.

Ucapan terimakasih saya haturkan kepada Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Farmasi berserta jajaran stafnya, Ketua Senat Fakultas Farmasi dan jajarannya, para manajer, staf dosen, dan dan staf kependidikan di fakultas Farmasi atas dukungan yang sangat besar dalam pengajuan Guru Besar dan acara pengukuhan ini. 

Perlu disampaikan bahwa, menjadi guru besar termuda di Unpad di usia sebelum 40 tahun adalah hasil sistem pengembangan SDM yang sudah baik di lingkungan Unpad, hal ini merupakan hasil dari program terstruktur seperti Academic Leadership Grant dibawah bimbingan Prof. Muchtaridi, terimakasih Prof, melalui program ALG inilah saya diperkenalkan sistem penghantaran obat untuk α-M. Kemudian, dengan adanya Sistem Informasi Akademik Terpadu, memungkinkan bisa mendeteksi siapa saja para dosen di Unpad yang telah memenuhi persyaratan menjadi GB dan diarahkan bu Rektor agar segera mengajukan GB. Dengan demikian, diharapkan rekor GB termuda di Unpad bisa dilanjutkan oleh rekan-rekan dosen Unpad berikutnya. Tidak lupa ucapan terima kasih disampaikan kepada mentor saya, Prof. Rizki Abdulah, beliaulah yang mendukung dan mengarahkan kuliah S3 di Jepang hingga mengarahkan cara riset dan publikasi yang benar hingga saat ini.

Baca ini yuu :   IJCP Journal Masa Depan Para "Klinikers" di Indonesia bahkan Dunia

Kepada Prof. Dr. Keri Lestari beserta rekan-rekan di satuan usaha Injabar Unpad, terimakasih telah memperkenalkan dunia hilirisasi riset beserta pahit dan manisnya berkolaborasi dengan mitra strategis Unpad.

Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada Kepala Departemen, Dr. Sriwidodo, yang telah mengusulkan saya sebagai Guru Besar. Tentu, teman-teman anggota departemen Farmasetika dan Teknologi Farmasi yang telah mendukung penuh dan juga telah membuat saya nyaman dalam bekerja dan berkarya. Secara khusus saya ucapkan terimakasih pada Senior saya yang telah menggembleng saya, Bu Marline, Bu Emma Surachman, Pa Dradjat, dan Pa Sohadi Warya. Tak lupa saya juga ucapkan terimakasih pada para laboran yang telah mendukung pekerjaan saya selama di laboratorium. 

Kepada tim riset novel drug and cosmetic delivery based biopolymers yang sedang aktif riset maupun telah berhasil lulus dan tidak bisa disebutkan satu-persatu, terimakasih telah berkolaborasi menghasilkan publikasi-publikasi ilmiah yang berkualitas.

Tak lupa saya ucapkan terimakasih untuk teman-teman komunitas bola basket dosen dan tenaga kependidikan Unpad, J-Twister, dengan berkeringat dan bercengkrama bersama setiap hari Rabu, bisa menjaga spirit positif bertugas keesokan harinya. Juga untuk tim apotek al rasyid dan klinik rancamanyar, sejak tahun 2008 hingga kini menjadi tempat praktek profesi dan bisa hadir membantu masyarakat sekitar.

Secara khusus pula saya mengucapkan terimakasih pada ayah saya di kampus, motivator, inspirator, yang telah membimbing saya sejak skripsi S1. Beliau tidak hanya menghantarkan saya jadi dosen saja, tapi beliau membimbing saya dalam kearifan, karir penelitian, dan publikasi hingga saya dapat menulis dan menjadi Guru Besar. Oleh karena itu, saya juga ingin persembahkan Guru Besar ini pada beliau, (Alm) Pa Boesro Soebagio. 

Baca ini yuu :   Strategi Emas Akselerasi Karir Menjadi Guru Besar Muda

Saya juga ucapkan kepada Prof. Moelyono, Prof Anas Subarnas, dan alm. Prof. Ahmad Muhtadi,  yang telah menseleksi dan meloloskan saya menjadi bagian Fakultas Farmasi Unpad. 

Teruntuk ibu saya di kampus ITB, Prof Jessie, yang berhasil membimbing S2 dengan sempurna. Terimakasih waktu itu telah memperkenalkan riset sistem penghantaran hidrogel dengan baik.

I really thank and appreciate Professor Hidetoshi Arima and Professor Keiichi Motoyama for their helpful suggestions, criticism, and direction during my Doctoral program in Kumamoto University. They were always willing to help me improve my comprehension of research and other academic activities, and I believe They have successfully guided me through some difficult situations. Thank you very much sensei.

Izinkan saya untuk menyampaikan ucapan terimakasih kepada lebih dari 50 ribu follower situs farmasetika.com, bukan hanya sekedar menemani perjalanan sejak studi S3 hingga kini, tetapi menjadi sebuah sarana untuk mengupdate keilmuan saya di bidang farmasetika yang ternyata juga banyak bermanfaat bagi perkembangan dunia kefarmasian digital di Indonesia. 

Tak lupa, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Guru-guru SDN Dadaha 1 Tasikmalaya, SMPN 2 Tasikmalaya, dan SMAN 1 Tasikmalaya yang terus memberikan motivasi untuk belajar lebih keras.

Para Guru Besar dan Hadirin yang saya hormati,

Izinkan saya menceritakan salah satu penyebab utama saya bisa berdiri disini. 

Kepada ibunda alm Yayah Rismayati, ayahanda Didi Sutardi yang saat ini sedang dalam perjalanan sepulang Umroh, terima kasih telah melahirkan saya, dan terus mendukung saya hingga di hari bersejarah ini. Tidak lupa, bapak ibu mertua Wahyu Rahayu dan Neneng Sukartini, terimakasih atas ketulusannya telah menerima saya apa adanya hingga saat ini menjadi Guru Besar.

Baca ini yuu :   Pesan Menyentuh Rektor IPB Penyemangat Semester Genap 2020

Terima kasih khusus juga kepada Kakak saya alm dr Agus Naziel Furqon, MSi. Jika tidak karena beliau untuk di sekolahkan pada lingkungan yang baik, mungkin saya tidak akan berprestasi sejak SD hingga sekarang. Dari SD hingga PT mengikuti jejak beliau. Tempaan yang keras dan tegas dari kaka saya inilah yang membuat saya berhasil mencapai sekarang ini. Saya juga persembahkan kepada adik saya apt, Melly Norika, S.Farm, dialah salah satu yang sangat menginginkan saya jadi Profesor, karena dia yakin saya bisa. 

Tak lupa, saya mengucapkan terimakasih yang luar biasa, pada istri tercinta Susi Afrianti Rahayu, selalu mendukung, menyertai doa dalam sertiap sholatnya, memahami keterbatasan saya, teman diskusi dalam menyemangati untuk menghasilkan karya-karya yang berguna bagi negara. Tentu, menjaga dan mendidik anak-anak dengan sabar. Untuk anak-anaku tercinta, Zahran Avisena Wathoni dan Nasywa Alfarabi Safira, terima kasih telah memberikan warna hidup bagi ayah. Ayah bangga dan bersyukur memiliki kalian. Semoga kita selalu diberikan kebersamaan dalam kesehatan, keberkahan, dan lindungan oleh Allah SWT.

Terakhir, kepada seluruh hadirin tamu undangan yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Download Excel Surat Pernyataan Lampiran A, B, C,D DUPAK Terbaru

Nazroel.id – Dengan adanya Permen PAN-RB No.1 tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional yang diantaranya meniadakan …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.