Mengenal Bedanya Rapid Antibodi, Swab Antigen, dan Swab PCR COVID-19

Nazroel.id. Jangan sampai bingung terhadap perbedaan dan manfaat Rapid Antibodi, Swab Antigen, dan Swab PCR COVID-19.

Test rapid itu ada 2, yaitu rapid antigen dan rapid antibodi…rapid yang dipakai di negara kita adalah rapid antibodi…walau saat ini ada teknologi GeNose yang dikembangkan UGM yang mendeteksi dari hembusan nafas.

Apa bedanya antibodi dengan antigen?

Antibodi adalah kekebalan khusus terhadap mikroorganisme (virus, bakteri) yang sudah terbentuk dan terdeteksi didalam darah yang dikenal dengan nama imunoglobulin (Ig).

Ig ada 2 yaitu IgM dan IgG… apa bedanya? IgM (mula) adalah Ig yang terbentuk sebagai respon awal terhadap mikroorganisme…seiring dgn waktu IgM ini akan menurun dan digantikan oleh IgG yaitu imunoglobulin lanjutan yang akan bertahan beberapa bulan..
dan bila diberi suntikan booster IgG ini akan bertahan bertahun2….

Sedangkan antigen adalah bagian dari tubuh kuman

Swab antigen berarti pemeriksaan apus hidung untuk mencari bagian2 tubuh kuman termasuk virus

Sedangkan SWAB PCR adalah pemeriksaan apus hidung untuk mendeteksi DNA virus covid19

Virus corona itu ada 4 genus yaitu : alfacorona, betacorona, gamma corona dan deltacorona. masing2 genus memiliki ciri DNA yang berbeda…di alam ini Allah tidak pernah menciptakan DNA yang sama walau satu genus korona…

Apa kelemahan rapid antibodi? Rapid ini bisa reaktif bila ada imunoglobulin terhadap genus korona yang tidak spesifik bisa alfa, beta, delta, dan gamma.
sedangkan covid19 disebabkan oleh betacorona

jadi rapid antibodi tidak bisa dijadikan acuan diagnosis covid19

begitu pula dengan swab antigen;…akan positif bila tertangkap materi tubuh dari korona manapun dan tidak bersifat spesifik untuk covid19 atau beta corona…dan pemeriksaan ini tidak bisa dijadikan dasar diagnosis….

Baca ini yuu :   Ketika Orang Farmasetik Belajar Real Time PCR

Hanya SWAB PCR lah yang jadi dasar diagnosis covid19….karena ia memeriksa adakah DNA Betacorona atau tidak

Dalam swab pcr ditentukan CT yang kurang 40 dinyatakan positif

apa itu CT? CT singkatan dari Cycle Treshold artinya pada putaran keberapa DNA virus mulai terdeteksi….semakin sedikit putaran yang sudah terdeteksi virus covid berarti nilai CT rendah…dan CT rendah menunjukan jumlah virus yang banyak…dan semakin banyak putaran baru terdeksi DNA covid berarti CT besar ini menunjukan jumlah virus sedikit….

Seandainya hasil rapid antibodi dan PCR benar2 dilakukan pada penderita yang sebenarnya covid19 maka akan diinpretasikan sebagai berikut :

Kondisi 1 : PCR SWAB Positif dan RAPID Negatif

ini terjadi pada pasen yang baru masuk virus terhirup ke lubang hidung atau mulut dan belum terbentuk Ig kekebalan, sehingga rapid tes negatif

Kondisi 2 : PCR SWAB Positif dan RAPID Positif

ini terjadi pada pasen yang sedang mengalami infeksi akut covid dan sangat menularkan…dihidung positif dan kekebalan sudah terbentuk

Kondisi 3 : PCR SWAB Negatif dan RAPID Positif

ini terjadi pada pasien masa penyembuhan…virus dihidung dan tubuh sudah hilang….dan kekebalan masih terbentuk….

Darah yang mengandung kekebalan inilah yang disebut PLASMA TERAPI PLASMA artinya memasukkan darah plasma yang sudah mengandung kekebalan terhadap covid19….dan ini sangat efektif sebagai obat…semacam ATS ANTI TETANUS SERUM untuk kuman tetanus atau SABU, serum bisa ular untuk racun ular….

Semoga bermanfaat……

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

COVID-19 Sudah Singgah di Teras Rumah Kita

Nazroel.id – Sebuah tulisan yang viral di media sosial, tertulis dari Dr. Nadjibah Yahya berjudul …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.