Advertisements
Home / ilmiah / Cara Mudah Merubah dan Memodifikasi “Citation Style” di Mendeley

Cara Mudah Merubah dan Memodifikasi “Citation Style” di Mendeley

Nazroel.id – Ketika menulis artikel ilmiah seperti jurnal, skripsi, tesis, disertasi yang membutuhkan pencantuman referensi atau bibliografi maka disarankan menggunakan software referensi manajer. Dalam hal ini Mendeley adalah pilihan terbaik, selain gratis, lengkap, dan dikembangkan secara rutin oleh elsevier.

Namun akan muncul permasalahan umum yang bisa terjadi di aplikasi pengaturan referensi manapun, yakni “citation style” atau gaya format struktur penulisan referensi tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Seperti berikut ini contohnya :

cara edit style

Walaupun dalam penulisan disertasi saya kali ini disarankan menggunakan style jurnal “Chem. Phar. Bull.” namun ternyata yang punya lab menginginkan tambahan judul sebelum nama jurnalnya. Walhasil mulailah mencari bagaimana caranya mengubah style, dan hasilnya nihil. Oleh karenanya disini saya coba menulis agar bisa dimanfaatkan bagi semua orang yang menggunakannya.

Pertama yang harus dilakukan adalah menuju mendeley desktop atau adds in di word untuk menuju ke pilihan citation style, dan akan muncul seperti di bawah ini

mendeley

Editlah style yang akan dirubah dan dimodifikasi, dengan klik kanan > edit style, secara otomatis akan menuju ke situs visual editor atau edit citation style secara online

mendeley

Sisi kiri menunjukan panel, dan sisi kanan atas adalah “live preview” style yang saat ini digunakan. Kebetulan karena ingin merubah bibliography maka klik layout, kemudian add (tanda plus)

mendeley

Pilih name, kemudian atur setting agar title dimunculkan

mendeley

Secara langsung akan berubah di “live preview” sisi kanannya. Aturlah sesuai format yang diinginkan. Setelah selesai “save as ” dan akan muncul link untuk download “style” yang telah kita buat, lalu aktifkan di mendeley desktop atau add ins wordnya dan akan berubah seperti di bawah ini.

Baca ini yuu :   Dari Sisi Historis Ini Alasan Gempa di Kumamoto Jepang Sulit Untuk Diprediksi

mendeley

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Alasan PAK DIKTI Tolak Usulan Jurnal Ilmiah Untuk Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen

nazroel.id – Kenaikan jabatan fungsional dosen saat ini diwajibkan untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk …

One comment

  1. makasih. sangat membantu

Leave a Reply

%d bloggers like this: