Home / Universitas / Aktivitas Nge-Bor dan Bentuk Sidang Tertutup Untuk Raih PhD yang Unik di Jepang
disertasi

Aktivitas Nge-Bor dan Bentuk Sidang Tertutup Untuk Raih PhD yang Unik di Jepang

Nazroel.id – Pertamakalinya memegang dan menggunakan bor elektrik adalah pengalaman yang tidak bisa dilupakan ketika membuat sampul khusus untuk Disertasi atau PhD Thesis.

Entah ini terjadi di Universitas Negeri di Jepang lainnya atau tidak, buktinya yang biasanya hanya bersampul plastik untuk ujian sidang S1/S2/S3 di Indonesia, disini harus menggunakan sampul yang unik atau istilahnya “black book”.

Multi talenta, itu yang bisa disimpulkan ketika ingin berusaha lulus tepat waktu di departemen saya saat ini. Walau teman membantu bagaimana cara membuatnya, tetap kita sendiri yang harus membuat dan melakukannya.

disertasi2

4 buku disertasi ini, 3 diantaranya adalah untuk penguji atau disini dikenal dengan pewawancara/ interviewer dan 1 untuk saya sendiri. Hari ini telah disubmit dan resmi akan menjalani masa berikutnya untuk menyandang gelar PhD.

Apa bedanya sidang tertutup di Indonesia dengan di Jepang?

Ini uniknya, 3 penguji itu bisa dipilih oleh sensei atau profesor di Departemen dimana kita berada. Penguji itu akan diberikan “black book” untuk membaca dan menganalisisnya.

Pasti kita berpikir bahwa sidang tertutup akan digelar pada waktu yang sama dengan para penguji hadir disana. Itu ternyata tidak terjadi di Jepang.

Kita harus menghubungi masing-masing penguji dan menentukan jadwal kapan mengujinya, disini lebih tepat dengan kata berdiskusi. Berdiskusi dengan para penguji.

Apa yang akan dilakukan oleh penguji ternyata tergantung dari pengujinya. Ada yang meminta kita untuk melakukan presentasi singkat, ada yang langsung tanya jawab.

Bahkan, teman senior disini bilang ada yang hanya berdiskusi dalam waktu kurang dari 10 menit. Rata-rata 30 hingga satu jam tergantung alotnya diskusi.

Itulah bagamaina gambaran kondisi miripย sidang tertutup di Jepang. Doakan saya ya pemirsa, wawancara akan digelar Januari 2017 nanti.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Menristekdikti : Jumlah Fakultas Perguruan Tinggi Negeri Maksimal 6

Nazroel.id – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Muhamad Nasir, sebelum berakhir masa jabatannya mengeluarkan …

2 comments

  1. Perkenalkan saya Danny (mahasiswas S-1 tingkat akhir) di Universitas Swasta Solo

    Wah…jadi tambah kepingin kuliah di Jepang. Impian dari dulu…semoga saya bisa kesana seperti Bapak. Serta Bapak Semoga bisa segera lolos wawancaranya Pak.. hehe. “Semangat”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: