Advertisements
Home / ilmiah / Saatnya Miliki ID Peneliti Jika Ingin Memulai Publikasi Internasional di Elsevier
orcid

Saatnya Miliki ID Peneliti Jika Ingin Memulai Publikasi Internasional di Elsevier

Saatnya Miliki ID Peneliti Jika Ingin Memulai Publikasi Internasional di Elsevier. Untuk mempermudah apa itu Identitas Peneliti, mirip seperti situs researchgate.net dan linkedin.com namun bukan bertipe sosial media alias tidak memiliki fitur interaksi sesama membernya.

Tujuannya adalah hanya untuk menyimpan database profil peneliti dan bisa dicari oleh pengunjung ke situs tersebut. Selain itu, database ini digunakan untuk publisher tempat jurnal kita yang akan dipublikasikan.

DIdalam dunia publikasi internasional, ada namanya publisher dan ada juga website pengindex layaknya google yang menyimpan artikel dari beberapa publisher. Contohnya website pengindex PubMed, Scopus, dan ScienceDirect.

Profil database peneliti ini ada yang secara otomatis diindex seperti di situs scopus.com dan scincedirect dimana merujuk ke profil author jurnalnya langsung.  Sementara para publishernya membutuhkan data peneliti dari situs profil identitas peneliti yang merujuk ke beberapa situs yang dipercayainya seperti researcherid.com dari Thomsonreuteurs.

Khususnya untuk publisher di elsevier mereka merujuk ke orcid.org yang sebenarnya bisa terhubung dengan researcherid.com.

Untuk scopus sendiri kita akan memiliki id seketika memiliki publikasi di scopus, berikut contoh idnya.

Scopus Author ID: 55520893400

Berikut untuk contoh ID saya di ORCID.org

orcid.org/0000-0002-5985-6909

Tampilannya akan seperti ini

orcid

dan Researchid.com

ResearcherID: F-6372-2012

Untuk publikasi di Elsevier disarankan untuk memiliki ID di ORCID.com dan itu sangat mudah dibuat layaknya membuat akun sosmed.

orcid1

Nantinya bisa saling terhubung dengan id scopus dan thomsonreuteurs untuk update data publikasinya.

Jadi bagi yang sudah memilki akun researchgate dan linkedin, bagi peneliti disarankan untuk memiliki ID Peneliti yang diakui secara internasional terutama oleh publiser bereputasi tinggi alias memiliki impact factor lumayan.

Advertisements
Baca ini yuu :   Daftar Jurnal Internasional yang Dikeluarkan Scopus Per Bulan September 2017

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

sediaan farmasi cair

Buku Karakterisasi Sediaan Padat dan Cair Farmasi Segera Terbit

Nazroel.id – Lama tidak menulis di blog ini bukan tidak ada alasan, salah satunya adalah …

Leave a Reply

%d bloggers like this: