jeffrey beall

Alasan dari Jeffrey Beall Mengapa Daftar Jurnal Predator Menghilang di Situsnya

Nazroel.id – Seketika proses menulis draft ketiga buku perdana saya yang berjudul “Cara Praktis Publikasi di Jurnal Internasional yang Baik dan Berulang” salah satu sub bab nya membahas daftar jurnal predator dari Jeffrey Beall, berisi tulisan berikut ini:

Jeffrey Beall  mendefinisikan istilah penerbit dan jurnal predator untuk pertama kalinya pada tahun 2010.1) Beberapa jurnal atau penerbit menerima artikel yang cacat dalam hal kualitas ilmiah (tanpa peer review atau dengan melakukan review berkualitas rendah) dan mempublikasikannya dengan menerima sejumlah biaya.

Jurnal-jurnal ini diklasifikasikan sebagai jurnal predator.2) Beall memulai penelitiannya dengan mengumpulkan berbagai jurnal yang berbeda, kemudian membuat daftar pertama dari 20 penerbit predator pada tahun 2010. Dengan meningkatnya jumlah penerbit predator, ia menciptakan dua daftar terpisah yang berisi nama penerbit predator dan predator jurnal mandiri.

Beall juga mendefinisikan kriteria untuk mendeteksi penerbit predator dan meluncurkan situs untuk mengungkapkan penerbit predator baru yang ia buat dan tersedia bagi para peneliti (https://scholarlyoa.com/publishers/).3)

Istilah jurnal yang dibajak (hijacked journal) muncul untuk pertama kalinya pada awal 2012 dengan munculnya situs sciencerecord.com dan berakhir pada tahun 2011.4)

Tiba-tiba editor ahli dari buku saya memberi komentar

“Breaking news….Beall Predatory Journal list has been deactivated this week by Jeffrey Bell himself “

Oleh karenanya jadi penasaran dan berselancar di dunia maya ternyata benar, semua situsnya dihapus, berikut beberapa alasan muncul dari blogger beralamat DebunkingDenialism.com

Apa yang terjadi pada website Jeffrey Beall?

Berawal dari tweeps di twitter pada 15 Januari 2017 yang menginformasikan bahwa situs  https://scholarlyoa.com/publishers/ sudah tidak aktif

Apa yang terjadi di halaman facebooknya, profilnya di Universitas

Halaman fan page facebooknya juga ikut menghilang, walaupun masih ada tersimpan di cachenya bisa dilihat disini. Terakhir terekam adalah pada 14 Januari 2017.

Baca ini yuu :   Tips Membuat Artikel Review, Hindari Gambar dan Tabel yang Telah Terbit

Informasi pribadi di Universitasnya juga hilang yang beralamat di http://people.auraria.edu/jeffrey-beall/home

Status terakhir Jeffrey Beall di twitter

Alasan-alasan yang beredar saat ini

Lacey E. Earle, VP Business Development at Cabell’s (Cabell merupakan perusahaan yang menyediakan sumber daya yang mengkhususkan diri dalam menghubungkan peneliti, penerbit, pustakawan, dan akademisi untuk judul jurnal yang mereka butuhkan). Menyatakan kemungkinan penutupan blog Beall karena masalah politik.

Jefrey Beall ketika dihubungi oleh Retraction Watch tidak memberikan pernyataan, tetapi Universitas Colorado tempatnya bernaung memberikan pernyataan

Jeffrey Beall, associate professor and librarian at the University of Colorado Denver, has decided to no longer maintain or publish his research or blog on open access journals and “predatory publishers.” CU Denver supports and recognizes the important work Professor Beall has contributed to the field and to scholars worldwide.  CU Denver also understands and respects his decision to take down his website scholarlyoa.com at this time. Professor Beall remains on the faculty at the university and will be pursuing new areas of research.

Jeffrey Beall, profesor dan pustakawan di University of Colorado Denver, telah memutuskan untuk tidak lagi mempertahankan atau mempublikasikan penelitiannya atau blog terkait jurnal akses terbuka dan “penerbit predator.” CU Denver mendukung dan mengakui pekerjaan penting Profesor Beall telah memberikan kontribusi di lapangan dan cendekiawan di seluruh dunia. CU Denver juga memahami dan menghormati keputusannya untuk menutup situs scholarlyoa.com saat ini. Profesor Beall tetap di fakultas di universitas dan akan mengejar area penelitian baru.

Melalui nature.com, akhirnya Beall berkomentar

“My blog is now unpublished,” said Beall, an academic librarian at the University of Colorado, Denver (UCD). He added that he couldn’t give reasons and declined to comment further.

“Blog saya saat ini tidak diterbitkan” kata Beall. Dia menambahkan tidak bisa memberikan alasan dan menolak untuk berkomentar.

Walaupun telah hilang di situs aslinya, situs archive dan cache masih menyimpannya, bisa dilihat di link berikut ini yang nantinya bisa saja hilang

Baca ini yuu :   Mengenal Kriteria, Klasifikasi, dan Mutu Jurnal ilmiah yang Baik serta Jurnal Predator

Publishers: Archive.is | Archive.org
Standalone journals: Archive.is | Archive.org
Hijacked journals: Archive.is | Archive.org
Metric companies: Archive.is | Archive.org

Sumber :

  1. Dadkhah M., Maliszewski T., Jazi M.D., Characteristics of Hijacked Journals and Predatory Publishers: Our Observations in the Academic World. Trends Pharmacol. Sci., 37, 415–418 (2016).24)
  2. Beall J., Medical Publishing Triage – Chronicling Predatory Open Access Publishers. Ann. Med. Surg., 2, 47–49 (2013).
  3. Tin L., Ivana B., Biljana B., Ljubica I.B., Dragan M., Dušan S., Predatory and fake scientific journals/publishers-a global outbreak with rising trend: A review. Geogr. Pannonica, 18, 69–81 (2014).
  4. Jalalian M., Dadkhah M., The full story of 90 hijacked journals  from August 2011 to June 2015. Geogr. Pannonica, 19, 73–87 (2015).
  5. http://www.nature.com/news/controversial-website-that-lists-predatory-publishers-shuts-down-1.21328
  6. http://retractionwatch.com/2017/01/17/bealls-list-potential-predatory-publishers-go-dark/
  7. https://scholarlyoa.com/publishers/
  8. https://debunkingdenialism.com/2017/01/16/what-happened-to-jeffrey-bealls-list-of-allegedly-predatory-publishers/

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Daftar Jurnal Didiskontinu Scopus Per September 2023, Total 813 Jurnal

Nazroel.id – Scopus kembali mengeluarkan daftar jurnal yang dikeluarkan dari indeksasi Scopus per September 2023, …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.