fimage optimum

Tips Jitu Memperkecil Ukuran File Gambar Untuk Efisiensi Kapasitas Hosting

Tips Jitu Memperkecil Ukuran File Gambar Untuk Efisiensi Kapasitas Hosting. Baru menyadari bahwa biaya hosting (penyimpanan data situs di server) itu bisa ditekan dengan berbagai cara.

Khususnya ini untuk di wordpress.org, tentunya bagi yang nge-blog dengan wordpress.com tidak usah memikirkan hal ini karena telah tersimpan aman di server wordpress.

Pada dasarnya yang menjadikan variasi harga penyewaan itu salah satunya adalah kapasitas penyimpanan file atau disk usage. Penyebab utama disk usage cepat habis adalah file gambar yang bisa kita akali untuk mengurangi beban penyimpanan.

Ada solusi yang tentunya bisa dilakukan

1. Menggunakan plug in

Cara ini tentunya bisa dilakukan, sayangnya ada keterbatasan jumlah file yang bisa dikompresi. Selebihnya harus menunggu rentang waktu tertentu bahkan harus bayar jika ingin pelayanan lebih. Contoh plug ini seperti wp-smush, tiny image dan lainnya.

Cara ini bisa digunakan untuk website personal yang memiliki gambar sedikit.

2. Cara off line menggunakan software di komputer

Cara yang paling jitu adalah menggunakan FTP untuk mendownload file dan tersimpan di komputer. Kemudian gunakan software gratis di komputer yang bisa digunakan tanpa batasan jumlah file. Setiap filenya bisa terkompres hingga 50% lebih, jadi bagi yang memiliki file gambar hingga 6 Gb seperti di bidhuan.com bisa terkompres setengahnya.

fimage optimum

Contoh software adalah Image Optim, kebetulan yang telah dicoba adalah versi mac book.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Situs Ini Bisa di Lockdown Facebook, Tolong Bantu Ya!

Nazroel.id – Sosial media facebook dengan alogaritmanya bisa saja membuat beberapa situs yang tak bersalah …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.