Tips Pengusulan Proposal Lewat Simlitabnas Terbaru dan Cara Ukur TKT

Nazroel.id – Berawal dari pertanyaan rekan sejawat yang tidak bisa upload/unggah template proposal karena di proses awal tidak muncul pilihan kategori penelitian yang diinginkan.

Berikut adalah langkah awal  bagaimana caranya untuk memulai untuk mengaktifkan tombol-tombol kategori penelitian agar bisa dipilih.

Log in ke simlitabnas NG 2.0

Ini adalah hal yang sederhana yang terkadang untuk beberapa orang menganggap sudah masuk ke simlitabnas, padahal masuk ke versi lama.

Di tahun 2020 ini, ristekbrin mulai beralih total ke versi baru. Approval atau persetujuan anggota tidak muncul di versi lama bila ketua peneliti sudah input data keanggotaan di versi NG 2.0.

Cari menu usulan baru

Bila waktu penerimaan proposal baru masih dibuka, klik menu usulan baru.

Isi TKT

Di versi sebelumnya, isian Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) terpisah di situs khusus TKT. Saat ini, lebih mudah karena sudah terintegrasi. Tanpa isian ini maka tidak akan terbuka pilihan identitas usulan atau kategori penelitian yang diinginkan.

Fungsi identifikasi TKT untuk membuka leveling penelitian yang ditawarkan. Bila kita isi TKT 1 maka akan muncul kategori penelitian yang ada di golongan penelitian dasar, bila diatas 3, maka muncul golongan penelitian terapan.

Sebelum mengisi TKT, pilih tahun usulan dan tahun penelitian.

Kemudian kita perlu tekan tombol lanjutkan dua kali. Dan muncul tampilan berikut.

Isilah judul penelitian, kemudian tekan tombol hitung TKT untuk mengukur tingkat TKT awal penelitian kita.

Berikutnya, isi teknologi yang akan dinilai, ambil kata kunci yang dianggap sebagai objek penelitian dari judul yang akan disubmit.

Baca ini yuu :   Daftar Jurnal Diskontinu dari Scopus Bulan Mei 2019

Pilihlah kategori indikator dengan topik penelitian yang tepat karena akan berpengaruh terhadap pertanyaan capaian TKT yang bisa dilihat di lampiran buku panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Disinilah kita perlu mengisi prosentase capaian. Isi diatas 60% artinya bisa lolos untuk ke TKT berikutnya, contohnya bila kita ingin memilih golongan penelitian dasar dimana membutuhkan TKT 1-3, cukup isi halaman pertana dengan 80%, lalu tekan hitung, tunggu sesaat untuk memilih tombol lanjutkan.

Barulah muncul simpan setelah isi indikator capaian dibawah 60%.

Langkah berikutnya, yang sering dilupakan dan dianggap error karena belum aktif kategori penelitian yang kita inginkan, tekan simpan lagi hasil TKT yang dihitung setelah memilih target akhir TKT.

Barulah muncul kategori penelitian yang diinginkan dan sudah terbuka untuk dipilih.

Langkah berikutnya sudah relatif mudab silahlan ikuti tombol-tombol lanjutkan atau daftar isi tahapan pengusulan proposal di bagian atas layar, seperti identitas usulan, substansi usulan, usulan RAB, dokumen pendukung, dan kirim usulan.

Semua saling terhubung, tombol kirim usulan akan muncul bila syarat-syarat sudah terpenuhi.

Semoga bermanfaat! Bila mengalami kesulitan silahlan tuliskan di komentar…

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Tips Raih Insentif Publikasi Artikel Ilmiah Berkualitas Tinggi dan Penulis Produktif

Nazroel.id – Kemenristek/BRIN tahun 2020 ini telah menetapkan para peraih insentif publikasi Artikel Ilmiah Berkualitas …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: