Cara Cepat Meningkatkan H Indeks Scopus Lewat Data SINTA

Nazroel.id – Untuk meningkatkan H-Indeks di Scopus dengan cepat perlu strategi yang jitu dengan melihat berapa artikel kita di Scopus tersitasi oleh artikel lain.

H-Indeks Scopus penting sebagai salah satu persyaratan grant/hibah tertentu ataupun program dikti lainnya.

Kabar baik buat para peneliti di Indonesia, sekarang melalui data SINTA Ristek-BRIN di profil masing-masing bisa mengecek sejauh mana artikel yang diterbitkan di Scopus, Google Scholar, dan RAMA disitasi oleh artikel lain.

Secara berurutan dari jumlah sitasi paling tinggi ke paling rendah muncul di profil kita di SINTA.

Cara mengeceknya cukup mudah, silahkan cari profil sendiri dengan menuliskan nama dan cari. Setelah itu, klik Scopus document.

Seperti kita ketahui, cara cepat menghitung h-indeks Scopus bisa dengan mengurutkan artikel kita yang disitasi dari tertinggi ke terendah seperti berikut ini.

Untuk lebih jelasnya terkait H-Indeks Scopus bisa baca di artikel sebelumnya disini.

Dari contoh di atas, berarti H-Indeks Scopus masih 4, artinya ada 4 artikel teratas yang disitasi lebih atau sama dengan 4.

Untuk menaikan ke H Indeks 5 cukup mudah, tinggal publikasi berikutnya di Scopus dengan mensitasi artikel kita hingga artikel urutan ke-5 dengan jumlah sitasi terbanyak minimal 5 yang tersitasi.

Selain kita bisa mensitasi diri sendiri, bisa juga kolaborasi dengan teman atau rekan sejawat agar mensitasi artikel-artikel kita.

Hal yang lumrah dan sering dilakukan para peneliti untuk melakukan self-citation, atau sitasi artikel kita sendiri.

Selamat mencoba!

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Per Maret 2023, 82 Jurnal Dikeluarkan dari Web of Science (WoS), 15 Termasuk dari Hindawi

Nazroel.id – Impact Factor (IF) yang dikeluarkan oleh Web of Science (WoS) Group dibatalkan untuk …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.