Home / Ilmiah / Strategi Jitu Cara Cepat Tingkatkan H-Indeks Scopus

Strategi Jitu Cara Cepat Tingkatkan H-Indeks Scopus

Nazroel.id – Tips dan triks ini bisa dilakukan dengan catatan bisa mengakses full situs scopus.com, bila tidak berlangganan maka hanya bisa muncul 10 documents terakhir, itupun tidak bisa di filter berdasarkan jumlah sitasi. Agar dapat full akses selain berlangganan, buat akun di scopus dan submit artikel di publisher Elsevier untuk membuka full akses.

Apa itu H-Index?

Pertama, kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu pengertian H-Index Scopus. H-indeks merupakan indeks yang mencoba untuk mengukur baik produktivitas maupun dampak dari karya yang diterbitkan seorang ilmuwan atau sarjana. Indeks ini didasarkan pada jumlah karya ilmiah yag dihasilkan oleh seorang ilmuwan dan jumlah sitasi (kutipan)p yang diterima dari publikasi lain. 

Indeks ini didasarkan pada distribusi jumlah sitasi (kutipan) yang diterima oleh sebuah publikasi dari seorang peneliti. Seorang ilmuwan memiliki indeks h jika sejumlah h dari Np artikel yang telah dipublikasi, setiap publikasi tersebut telah setidaknya menerima h sitasi.

Dengan kata lain, Saya dengan indeks-h 4 telah menerbitkan 4 makalah yang masing masing telah dikutip oleh publikasi lain setidaknya 4 kali. Jadi, indeks-h mencerminkan jumlah publikasi dan jumlah kutipan per publikasi.

Indeks ini dirancang untuk memperbaiki indeks sebelumnya seperti jumlah total kutipan atau publikasi. Indeks tersebut berfungsi dengan baik hanya untuk membandingkan ilmuwan yang bekerja di bidang yang sama; konvensinya sangat berbeda antara bidang yang berbeda.

Strategi Jitu Cara Cepat Tingkatkan H-Indeks Scopus

Kedua, kita harus menganalisis artikel/dokumen yang telah dipublikasikan. Sebagai contoh seperti dibawah ini :

Kita lihat H indeks kita sekarang ada di berapa, misal 4, berarti pastinya 4 sitasi teratas telah disitasi lebih atau sama dengan 4.

Baca ini yuu :   Cara Memperbaiki Profil Afiliasi, Nama Author, dan Publikasi di Scopus

Untuk meningkatkan menjadi H-Indeks 5, tentunya kita harus melihat dokumen di urutan ke 5 dan ke 6.

Seperti contoh diatas, dokumen dengan sitasi 4 harus bisa kita tingkatkan sehingga menjadi 5 sitasi, berarti kurang 1 sitasi. Sedangkan di urutan berikutnya kurang 2 sitasi untuk menjadi 5.

Self citation atau tingkatkan kolaborasi

Langkah berikutnya adalah dengan mensitasi artikel/dokumen yang akan ditingkatkan jumlah sitasi. Caranya, bisa meningkatkan kolaborasi, atau mensitasi sendiri dengan menerbitkan jurnal internasional terindeks scopus berikutnya, tentunya dengan ada konten yang sesuai.

Semoga bermanfaat!

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Cara Mudah Mendapatkan Etik Penelitian dari Komisi Etik

Nazroel.id – Dalam setiap penelitian yang melibatkan makhluk hidup seperti manusia atau hewan dalam mendapatkan …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: