Biaya Akses Full Sciencedirect dan Scopus 1 M, Ingin Gratis? Begini Caranya

Nazroel.id – Scopus.com memberikan akses gratis untuk melihat profil penulis (author) yang terbatas dan profil rangking dan metrik jurnal.

Lalu, bagaimana jika ingin melihat full artikel, analisis sitasi, rangking, metrik penulis dan institusi? Menurut sumber dari institusi yang pernah berlangganan, hampir 1 milyar rupiah untuk setahun agar mendapatkan akses Scopus dan Sciencedirect.

Dengan berlangganan, maka semua pengguna yang berada di jaringan institusi bisa menikmati full akses ini. Fitur-fitur yang bisa didapat di Scopus.com telah dibahas dipostingan sebelumnya. Cek disini. Untuk Sciencedirect tentunya semua artikel bisa didownload secara gratis.

Ada cara agar institusi bisa berhemat tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

Elsevier memiliki program full akses gratis bagi para reviewer yang membantu mereview jurnalnya.

Ada 3 hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan akses gratis.

1. Registrasi menjadi reviewer

Untuk registrasi menjadi reviewer cukup mudah. Caranya, hanya registrasi sebagai penulis melalui situs https://account.elsevier.com/auth atau langsung dengan memilih jurnal elsevier yang sesuai bidang, kemudian klik submit paper.

Isi data biografi, afiliasi, dan lainnya. Kemudian checklist kesediaan menjadi reviewer pada bagian edit profil penulis.

2. Menunggu undangan menjadi reviewer

Apabila sudah memiliki track record yang baik sesuai kompetensinya. Tentunya setiap jurnal dibawah publisher elsevier memerlukan reviewer untuk memeriksa artikel yang disubmit.

Biasanya, jurnal akan menawarkan kepada calon reviewer yang telah memiliki publikasi sesuai topik artikel yang akan direview.

3. Klik bersedia mereview dan nikmati fasilitasnya

Elsevier memberikan akses free selama 1 bulan setelah diterimanya kesediaan untuk mereview. Jadi, kalau setahun bisa mereview beberapa artikel artinya satu tahun bisa free. Jika beruntung ada pula yang memberikan akses untuk 6 bulan.

Free access to ScienceDirect and Scopus

To assist you with reviewing this manuscript it is our pleasure to offer you 30 days of free access to ScienceDirect and Scopus. Your complimentary access starts from the day you accept this review invitation and will ensure that you can access ScienceDirect and Scopus both from home and via your institute. Just click on ‘Go to Review’ and then on the ‘Go to Scopus’ link under the Useful links section on the My Review tab or click here for more information.

Isi email yang diterima ketika diminta mereview.

Banyak yang mengeluh tidak dapat akses jurnal tapi mungkin pada belum tahu kemudahan ini.

Contoh full text dari Scopus

Tapi mohon diingat juga, untuk dapat diminta jadi reviewer, maka harus publikasi secara rutin pada bidang keahlian masing-masing.

Semoga info ini bermanfaat.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Mengenal Tingkatan Akreditasi SINTA Jurnal untuk Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen (Update 2020)

Nazroel.id – Mailing time kali ini terkait level atau tingkatan akreditasi jurnal (SINTA) yang dapat …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: