Home / ilmiah / Penggunaan Siklodekstrin Bisa Menjawab Masalah Resistensi Antibiotik
quorum sensing

Penggunaan Siklodekstrin Bisa Menjawab Masalah Resistensi Antibiotik

Prof. Tsukasa Ikeda dari Utsonomiya University-Jepang menemukan metode baru untuk menanggulangi resistensi antibiotik yang saat ini menjadi permasalahan serius dalam dunia pengobatan. Dalam presentasinya sebagai pembicara tamu di ACC 2015, penggunaan siklodekstrin bisa menjawab masalah resistensi antibiotik.

Penggunaan siklodekstrin sebagai pembawa senyawa N-Acylhomoserine lactones (AHLs) yang berperan dalam signal quorum-sensing (QS) di bakteri gram negatif menjadi solusi jitu untuk atasi masalah resistensi antibiotik.

Apa itu quorum sensing (QS)?

QS merupakan salah satu mekanisme cara sel bakteri berkomunikasi atau berinteraksi dari sel ke selnya yang tergantung dari densitas populasinya. Jadi layaknya mahluk hidup, bakteri pun berkomunikasi satu sama lainnya.

quorum sensing

Adanya QS bisa mengakibatkan ekpresi gen seperti perubahan gen flagella dan pili dalam pembentukan biofilm. Beberapa bakteri gram negatif mengaktifasi faktor virulensinya melalui QS. Sehingga jika QS ini dihambat oleh senyawa anti signal QS maka bakteri tetap hidup tetapi tidak aktif sebagai bakteri patogen.

Apa itu N-Acylhomoserine lactones (AHLs) dan Siklodekstrin?

Merupakan salah satu senyawa yang teridentifikasi dapat menghambat aktifitas signal QS. Siklodektrin merupakan rantai siklik oligosakarida yang bisa membawa (carrier) AHLs masuk kedalam cavity atau sejenis lubang sehingga bisa membentuk komplek inklusi yang sempurna. (Kato et all, Journal of inclusion phenomena and macrocyclic chemistry, October 2006, Volume 56, Issue 1-2, pp 55-59)

Dalam penelitiannya kompleks senyawa ini diujicobakan terhadap kultur bakteri Pseudomonas aerugunosa dan Serratia marcescens. Hasilnya signifikan bisa menghambat adanya aktivitas elastase dan pembentukan biofilm melalui mekanisme penghambatan QS. (Morohoshi et all, Journal of Bioscience and Bioengineering Volume 116, Issue 2, August 2013, Pages 175–179)

Hasil ini mengindikasikan bahwa siklodektrin bisa menjawab masalah resistensi antibiotik terutama gram negatif ataupun bisa digunakan untuk masalah lingkungan terutama sebagai water treatment .

Baca ini yuu :   Laporan Statistik Penelitian Tentang Cyclodextrin Tahun 2015 dari Seluruh Dunia

 

 

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

scopus

Layanan Submit Jurnal Internasional

Nazroel.id – Halo pembaca setia nazroel.id, Setelah rekans mempelajari semua isi blog ini dan atau …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: