Home / ilmiah / 9 Tips Cara Presentasi Yang Baik Ala Bill Gates
bill gates

9 Tips Cara Presentasi Yang Baik Ala Bill Gates

Siapa yang tidak kenal Bill Gates, seorang triliuner yang memiliki kekayaan lebih dari $80 milyar membuat dirinya menjadi orang terkaya di dunia. Tentunya keberhasilan ini tidak terlepas dari gaya presentasi untuk menarik perhatian dan mepresentasikan maksud dan tujuan bisnisnya.

9 Tips Cara Presentasi Yang Baik Ala Bill Gates bukan hanya untuk pebisnis, tetapi juga bisa diterapkan oleh para Dosen atau Guru untuk menyampaikan pesannya. 9 poin penting dalam berpresentasi ini dirangkum dari video TED Conference yang berdurasi 10.22 menit.

1. Raihlah perhatian pendengar

Bill Gates Gates memberikan contoh di presentasi pembukanya dengan memberikan statement awal yang menarik perhatian : Everyone needs a coach. Kemudian dia memberikan contoh serta sedikit humor untuk mencairkan suasana. Hal ini membantu membuat suatu hubungan emosional antara pendengar dan presenternya.

2. Gunakan gesture

Gates menggunakan anggota tubuh, seperti tangan, bahu, ekspresi muka, untuk memperagakan bahan presentasinya. Contoh yang terlihat jelas adalah pada menit 3.46 dimana dia menggunakan tangan bersama ekspresi mukanya untuk menekankan poin pembicaraannya.

Keuntungan lainnya dengan menggunakan gesture tubuh adalah untuk meminimalisir ambiguitas bahasa karena keterbatasan pendengar dalam memahami bahasa presenter.

3. Presentasi dengan penuh antusias

Antusias berarti bahwa presenter tertarik dengan bahan presentasi yang dibawakannya dengan cara yang natural dan khas. Hal ini terlihat dari gaya bicara Gates.

4. Buat pertanyaan yang efektif

Ketika membuat suatu pernyataan kepada pendengar, tetapi mereka pasif. Bertanyalah untuk melibatkan mereka secara mental dan membuatnya aktif. Contohnya adalah pada menit 2.34 dimana Gates berhenti seketika untuk memberikan pertanyaan, membuat pendengar memberikan atensi lebih yang kemudian Gates menjawab pertanyaannya.

5. Berhenti sejenak

Beberapa presenter memiliki masalah untuk berhenti sejenak dalam presentasinya, kebanyakan mereka ingin menyelesaikan presentasi secepatnya. Tetapi, berhenti sejenak merupakan langkah yang efektif yang membuat presenter bisa mengontrol ritme presentasinya, selain itu bisa menekankan poin yang ingin disampaikan dan membuat pendengar mudah untuk menangkap poinnya.

Baca ini yuu :   Cara Mudah Memilih Jurnal Internasional Terindeks Scopus Dengan Scimagojr

Contohnya, Gates menekankan presentasinya dengan berhenti di menit (0:38-0:45) dan setelah memberikan pertanyaan (2:00).

6. Buatlah slide minimal

Untuk menyampaikan suatu materi, disarankan tidak dipenuhi kalimat. Buatlah keyword dengan font yang mencolok. Slide yang minimalis membuat audien lebih mudah menangkap maksud yang presenter sampaikan seperti yang dicontohkan Gates dalam presentasinya.

7. Berikan contoh

Berbicara mengenai topik ‘Measures of effective teaching’, menit 4:23. Gates memberikan contoh dalam bentuk video.

Ketika presenter memberikan bahan materi, hanya presenterlah yang mengetahui pasti bahan materi yang dibawakan. Pendengar belum tentu mengerti, oleh karenanya memberikan contoh adalah hal yang wajib dilakukan bagi presenter.

8. Gunakan kesimpulan untuk memotivasi

Bagian kesimpulan memiliki pengaruh yang besar dalam keseluruhan presentasi. Seperti yang dilakukan Gates pada menit 9:23.

Dia mencoba untuk menarik perhatian pendengar untuk menekankan pada tujuan akhir presentasinya dengan memotivasinya.

9. Percaya diri dan jadilah diri anda sendiri

Hal yang paling penting dalam melakukan presentasi adalah percaya pada diri anda sendiri dan menjadi diri anda sendiri. Dengan demikian poin-poin penting di atas bisa dijadikan masukan untuk lebih percaya diri dan gaya presentasi Bill Gates bisa dimodifikasi dengan gaya diri sendiri sehingga presentasi anda lebih powerfull dan mudah dimengerti pendengarnya.

Selamat mencoba!

 

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Cara Mengecek Quartile Jurnal Internasional Terupdate Bukan di Scimagojr

Nazroel.id – Cara Mengecek Quartile Jurnal Internasional Terupdate Bukan di Scimagojr.com melainkan langsung ke situs …

Leave a Reply

%d bloggers like this: