Advertisements
Home / ilmiah / Mengenal CiteScore Tracker dari Scopus, Mesin Penghitung Level Reputasi Jurnal Internasional
Scopus - International Journal of Biological Macromolecules 2017-05-30 11-29-40

Mengenal CiteScore Tracker dari Scopus, Mesin Penghitung Level Reputasi Jurnal Internasional

Nazroel.id – Impact Factor (IF) dari setiap jurnal dijadikan bahan rujukan sebagai angka pengindeks yang bisa menilai sebuah jurnal internasional memiliki indeks sitasi yang tertentu yang mereflesikan level reputasi jurnal internasional. Impact Factor dhitung dan dikeluarkan oleh Thomson Reteurs.

Baru-baru ini Scopus mengeluarkan “CiteScore Metric” disitus https://journalmetrics.scopus.com/ yang bisa mendeteksi seberapa bereputasi jurnal internasional yang terindeks Scopus. CiteScore Tracker merupakan mesin pencari berapa nilai “CiteScore” dari setiap jurnal internasional. CiteScore dari Scopus sepertihalnya Impact Factor dari Thomson Reteurs.

Sementara CiteScore Metric memberikan cara yang konsisten untuk melacak kinerja setiap tahun dari CiteScore, CiteScore Tracker juga menunjukkan bagaimana CiteScore tahun ini dibangun setiap bulan – informasi tambahan yang mungkin berguna saat membuat keputusan jurnal internasional mana yang akan disubmit.

Cara kerjanya: CiteScore Tracker dihitung dengan cara yang sama seperti CiteScore, tapi untuk tahun berjalan, bukan tahun sebelumnya, lengkap.

Pembilang (penghitungan angka) dari metrik tahun berjalan disusun setiap bulan karena kutipan tambahan diterima, sehingga konstruksinya konsisten dengan konstruksi CiteScore tahun yang lengkap.

Setelah nilai CiteScore tahunan baru diperbaiki, maka CiteScore Tracker untuk tahun depan dimulai dan ditampilkan di Scopus.com. Sebagai contoh, setelah CiteScore 2016 diperbaiki, CiteScore Tracker 2017 juga akan dimulai dan tersedia di Scopus.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Browsing ke link https://journalmetrics.scopus.com/

source : scopus.com

2. Temukan judul jurnal yang ingin dianalisa
3. Klik judul untuk membuka halaman rincian Sumbernya di Scopus.com
4. Pada halaman ini Anda akan menemukan nilai CiteScore, SJR dan SNIP judul untuk perhitungan tahunan terbaru, beserta informasi dan wawasan lebih lanjut tentang nilai dan nilai CiteScore tahunan terkini.

source : scopus.com

Gambar diatas bisa menemukan CiteScore Tracker di halaman rincian Sumber untuk judul serialnya

Baca ini yuu :   Saya Ingin Publikasi di Jurnal Terindex Scopus, Bagaimana Caranya?

5. Scroll ke bawah lebih lanjut pada halaman rincian Sumber untuk menemukan CiteScore Tracker
6. Di sini akan menemukan nilai saat ini dan saat terakhir diperbarui
7. Kita juga dapat mengklik kedua kutipan dan dokumen saat ini yang digunakan dalam perhitungan untuk menganalisis lebih lanjut data yang digunakan dari Scopus

Source : scopus.com

Gambar ini menunjukkan contoh kumpulan data untuk kutipan yang digunakan dalam penghitungan Citation Tracker. Catatan: Gambar Ini juga bisa dilihat di halaman hasil pencarian Scopus.

Sumber : https://blog.scopus.com/posts/citescore-tracker-keep-current-with-how-a-title-s-citescore-is-building-each-month

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Inilah Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional Periode I Tahun 2018

nazroel.id – Bahwa berdasarkan hasil akreditasi jurnal ilmiah yang ditetapkan oleh Tim Akreditasi Jurnal Ilmiah Kementerian …

Leave a Reply

%d bloggers like this: