Home / ilmiah / Setelah Sinta, Arjuna, Rama dan Garuda, Kini ada lagi Anjani

Setelah Sinta, Arjuna, Rama dan Garuda, Kini ada lagi Anjani

Nazroel.id – Setelah Kemenristekdikti meluncurkan Sinta, Arjuna, Rama dan Garuda. Kini ada lagi Anjani, yakni (Anjungan Integritas Akademik Indonesia).

Anjani merupakan portal yang disiapkan oleh Kemenristekdikti sebagai amanat dari Permenristekdikti nomor tentang integritas akademik untuk melakukan promosi dalam Pembinaan, Evaluasi dan Pengukuran, Klasifikasi dan Pelanggaran serta sanksi yang diberikan untuk pelanggar integritas Akademik.

Selain itu ANJANI menyiapkan sarana perangkat lunak untuk mendeteksi kesamaan Karya Ilmiah sehingga tingkat plagiarism dapat diukur. Sumber dokumen untuk Anjani diperoleh dari integrasi repositori perguran tinggi dan lembaga litbang dalam portal Rama (http://rama.ristekdikti.go.id/), integrasi jurnal elektronik di Indonesia dalam portal Garuda (http://garuda.ristekdikti.go.id/) dan Integrasi kekayaan intelektual peneliti di Indonesia dalam portal SINTA.

Integritas Akademik adalah komitmen dalam bentuk perbuatan yang berdasarkan pada nilai kejujuran, kredibilitas, kewajaran, kehormatan, dan tanggung jawab dalam kegiatan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Pelaporan Kasus

Berbagai kasus pelanggaran etik telah terkumpul dalam sebuah pangkalan data. Teladandalam kurasi ini adalah Ensiklopedi Kegagalan Etis (Encyclopedia of Ethical Failure), yang dapat diunduh secara bebas via tautan (Department of Defense Office of General Counsel Standards of Conduct Office 2014; US Department of Defense Standards of Conduct Office 2016). Dalam Pengantar ensiklopedi ini (hlm. 3) dinyatakan:

“Conduct Office of The Department of Defense General Counsel’s Office telah mengumpulkan kasus-kasus terpilih tentang kegagalan etik untuk digunakan sebagai alat pelatihan. Tujuan kami adalah memberikan contoh nyata kepada pegawai Departemen Federal yang secara sengaja atau tidak sengaja telah melanggar standar perilaku. Beberapa kasus bersifat lucu, beberapa sedih, tetapi semuanya nyata. Beberapa akan membuat Anda marah sebagai karyawan Federal dan beberapa akan membuat Anda marah sebagai pembayar pajak…. Jangan ragu untuk menyalin dan menempelkan satu atau dua kasus ke dalam slideshow atau handout Anda—atau menggunakannya sebagai contoh atau masalah untuk didiskusikan.”

Dalam pangkalan data tersebut, dimuat juga sumber-sumber yang jelas dari laporan pelanggaran etik, serta sanksi-sanksi yang dijatuhkan kepada pelanggarnya.

Baca ini yuu :   Alasan Perubahan Akreditasi Jurnal Nasional S1-S6 di SINTA dan Implikasinya Bagi Dosen/Mahasiswa

Penyimpangan dan Sanksi

BENTUK PENYIMPANGAN INTEGRITAS AKADEMIK
Indikator dan Spesifikasi Pelanggaran Akademik

SANKSI PELANGGARAN
Sanksi Pelanggaran Integritas
1. Fabrikasi dan Falsifikasi
2. Plagiarisme
3. Kepengarangan Tidak Sah
4. Konflik Kepentingan
5. Pengajuan Jamak

Faktor-Faktor yang Turut Dipertimbangkan dalam Penentuan Sanksi
1. Riwayat Pelanggaran
2. Jenjang Pendidikan dan Jabatan Fungsional
3. Jenis Tugas
4. Intensi Kecurangan
5. Konsekuensi Pelanggaran

Kategori Sanksi
1. Kategori Sanksi bagi Mahasiswa S-1
2. Kategori Sanksi bagi Mahasiswa S-2
3. Kategori Sanksi bagi Mahasiswa S-3
4. Kategori Sanksi bagi Dosen
5. Kategori Sanksi bagi Tenaga Kependidikan

Contoh Penetapan Sanksi
1. Contoh Penetapan Sanksi atas Penyimpangan Nilai Integritas (Mahasiswa S-1)
2. Contoh Penetapan Sanksi atas Penyimpangan Nilai Integritas (Mahasiswa S-2)
3. Contoh Penetapan Sanksi atas Penyimpangan Nilai Integritas (Mahasiswa S-3)
4. Contoh Penetapan Sanksi atas Penyimpangan Nilai Integritas (Dosen)
5. Contoh Penetapan Sanksi atas Penyimpangan Nilai Integritas (Tenaga Kependidikan)

Panduan

Link Download Dokumen Disini..

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

scopus

Daftar Jurnal Internasional yang Diskontinued di Scopus Juli 2019

Nazroel.id – Scopus masih menjadi rujukan Ristekdikti sebagai mesin database jurnal internasional bereputasi, situs yang …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: