suasana sidang master dan doktor di jepang

Ini Syarat Utama Untuk Meraih Gelar PhD dari Universitas di Jepang

Nazroel.id – Baru saja sensei memberikan  kabar yang cukup membuat jantung sedikit berdegup kencang. Pasalnya, tekanan mulai meningkat menjelang dilaksanakan PhD Defense.

baca : Begini Suasana dan Regulasi Sidang Master dan Doktor di Jepang

Ternyata ada beberapa pesyaratan utama yang harus dilalalui selain persyaratan khusus dari pembimbing profesornya untuk memperoleh gelar Doktor (S3) dari salah satu Universitas Negeri di Jepang.

1. Publikasi 1 Jurnal Internasional

Khususnya di departemen saya, profesor menambahkan aturan 3 publikasi jurnal internasional baru berhak lulus. Padahal aturan utama adalah hanya 1 publikasi.

2. Submit PhD thesis/disertasi rangkap 4

Universitas memberikan deadline tanggal kapan disertasi harus diberikan. 1 adalah untuk mahasiswa, dan 3 untuk penguji/interviewer.

3. Sidang tertutup/interview

Ini yang baru saya tahu, departemen akan memilih 3 profesor dan akan dilakukan interview dengan waktu per orang rata-rata 1 jam. Kegiatan ini mirip dengan sidang tertutup di Indonesia. Interview ini sebagai syarat dilakukannya PhD defense.

4. Sidang terbuka/PhD defense

Disini kita harus presentasi selama 20 menit dan diskusi 20 menit dengan dihadiri hampir semua dosen di fakultas farmasi dan mahasiswa. Kalo di Indonesia bisa diibaratkan sidang terbuka.

5. Wisuda

Wisuda dilakukan tingkat universitas dan fakultas, paling penting adalah tingkat fakultas yang akan memberikan Ijazah.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Download Excel Surat Pernyataan Lampiran A, B, C,D DUPAK Terbaru

Nazroel.id – Dengan adanya Permen PAN-RB No.1 tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional yang diantaranya meniadakan …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.