Home / Catatan Harian / Jepang / Membuang Sampah di Tengah Malam Hanya Untuk Menghemat Yen di Jepang
buang sampah di jepang

Membuang Sampah di Tengah Malam Hanya Untuk Menghemat Yen di Jepang

Membuang Sampah di Tengah Malam Hanya Untuk Menghemat Yen di Jepang. Pertanyaan mengapa di Jepang tidak ada yang membuang sampah sembarangan dan lingkungan selalu terlihat bersih akhirnya mulai terjawab.

Pemerintah disini tidak ada yang menyediakan tong sampah khusus di jalanan, malah yang menyediakan adalah vending machine itupun khusus buat botol minuman yang dijualnya.

Setiap rumah atau kantor termasuk kampus menyediakan sendiri tempat sampahnya yang akan dibuang sesuai jadwal hari jenis sampahnya. [Baca : Tips Unik Membuang Sampah di Jepang]

Nah, kali ini “si temon” [Baca : KISAH ABDEL DAN TEMON TENTANG HIDUP BOROS DAN HEMAT DI JEPANG] di apartemennya ada tempat tidur dari kayu yang patah sehingga tidak bisa digunakan.

Di sini membuang sampah akan dikenakan biaya selain jenis sampah harian atau rutin sehari-hari. Contohnya ya tempat tidur milik si temon yang jika dibuang perlu merogoh kocek minimal 3000 yen atau 300 ribu rupiah bahkan lebih.

buang sampah di jepang angkut barang

Solusinya gampang, buanglah sampah di kampus walaupun ini dilarang, caranya pergi malam-malam, mengendap bergaya tentara sedang menghindari musuhnya. Pastikan di sampah yang akan kita buang tidak tertulis identitas kita hehehe

Tidak jarang selagi musim pindahan atau berakhirnya kontrak apartemen para mahasiswa asingnya selalu ada sampah rumah tangga seperti mesin cuci, kulkas, dan lainnya hadir di tempat sampah kampus.

Itulah sedikit cerita bagaimana caranya menghindari biaya pembuangan sampah di Jepang.

Baca ini yuu :   Video orang jepang nyanyikan lagu laskar pelangi

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

vakum

Cara, Syarat, Jadwal dan Harga Mengirim Barang Jumlah Besar dari Jepang Menggunakan Kontainer

Nazroel.id – Masa kepulangan ke Indonesia setelah tugas belajar atau bekerja di Jepang adalah masa …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: