Home / Catatan Harian / Jepang / Cara Sederhana Orang Jepang Membuat Agenda Kegiatan dengan Kapur Tulis
Agenda

Cara Sederhana Orang Jepang Membuat Agenda Kegiatan dengan Kapur Tulis

Cara Sederhana Orang Jepang Membuat Agenda Kegiatan dengan Kapur Tulis. Siapa bilang orang Jepang selalu menggunakan teknologi canggih alias serba gadget dalam merencanakan kegiatan sebulan kedepan.

Memang masing-masing menyimpan agendanya ke microsoft outlook yang terhubung ke gadgetnya dengan berbagai alert. Tetapi itu untuk pribadi, lalu bagaimana untuk diketahui semua orang di tempat kerjanya?

Cukup menggunakan satu papan tulis dengan sistem magnet dan bisa ditulis dengan kapur. Nah, setiap hari akan diisi agenda apa yang penting untuk diketahui.

Agenda

Dipinggir papan tulis disediakan nama orang, nama kegiatan, dan keterangan lainnya yang bisa digeser-geser.

Misal, pada hari rabu akan diadakan kegiatan seminar penelitian, maka digeserlah nama kegiatan dan orang yang akan presentasinya.

Papan tulis ini berada di tempat ruang rapat atau ruangan khusus tempat berkumpul bersama. Agenda ini diperbarui setiap diadakan pertemuan mingguan bersama biasanya menambah acara-acara yang tidak terduga ketika direncanakan di awal bulannya.

Jadi secara tidak langsung agenda untuk bersama dan pribadi sebulan kedepan telah terisi apa yang akan dilaksanakan. Itulah sebabnya sesibuk apapun orang Jepang tetapi pintar dalam manajemen waktunya.

Jadi ingin sedikit memberikan tips buat orang yang suka sok sibuk dengan kerjaannya yang tidak seberapa,

‘Sesibuk-sibuknya orang, sebenarnya itu bisa mengatur manajemen waktunya, tergantung apakah mau menyediakan dan mengatur waktunya atau tidak terhadap suatu kegiatan lainnya’ (Wathoni, 2016)

Jangan sok sibuk mas bro!

Baca ini yuu :   Sedikit Cerita di Hari Libur "Taiiku no Hi"

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

vakum

Cara, Syarat, Jadwal dan Harga Mengirim Barang Jumlah Besar dari Jepang Menggunakan Kontainer

Nazroel.id – Masa kepulangan ke Indonesia setelah tugas belajar atau bekerja di Jepang adalah masa …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: