Home / Catatan Harian / Jepang / Mudahnya Mendapatkan Legalisir Transkrip Akademik atau Ijazah di Jepang
cetak legalisir ijazah

Mudahnya Mendapatkan Legalisir Transkrip Akademik atau Ijazah di Jepang

Berawal dari staf kampus di negeri tercinta yang meminta transkrip akademik dan surat keterangan kuliah, akhirnya saya mencoba aplikasi khusus yang disediakan untuk para mahasiswa di Universitas Kumamoto, Jepang. Sistemnya mirip dengan sistem informasi akademik yang telah diterapkan di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia.

Bedanya ada fitur khusus untuk mencetak atau legalisir Ijazah, Transkrip Akademik, Surat Keterangan terdaftar sebagai mahasiswa, dan surat informasi kondisi kesehatan. Caranya mudah, tinggal log in ke portal sistem ini dan di dashboardnya pilih menu untuk cetak dokumen yang diinginkan.

Secara otomatis akan mengeluarkan password yang nantinya akan digunakan untuk input data ketika proses pencetakan. Setelah registrasi, saatnya ke mesin pencetak yang berada di setiap fakultas. Cara untuk mencetak sangat mudah, tinggal tempel kartu mahasiswa dan muncul perintah untuk memasukan kode ketika kita registrasi online sebelumnya. Tunggu beberapa saat, munculah dokumen yang kita butuhkan lengkap dengan tanda tangan dan cap legalisir.

Mudah bukan? saatnya di Universitas di Indonesia menerapkan sistem ini. Berikut adalah videonya

Apa yang terjadi di Indonesia, karena regulasi yang mengharuskan ditandatangi asli oleh pejabat bersangkutan sehingga munculah tahapan birokrasi yang pada akhirnya beberapa PT memunculkan biaya untuk setiap legalisirnya. Wajarkah? Di era teknologi canggih ini, konsep di Jepang patut diperhitungkan.

Jika memang pihak yang membutuhkan keaslian tandatangan, disarankan tahap berikutnya dokumen aslinya dibawa. Jadi urgensi di tandatangi langsung untuk legalisir adalah tidak tidak penting.

Baca ini yuu :   Layaknya The Three Musketeers Yang Sedang Berperang di Jepang

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

snmptn 2019

Penjelasan Lengkap Perubahan Sistem SNMPTN 2019, Calon Mahasiswa Wajib Baca!

Nazroel.id – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi …

Leave a Reply

%d bloggers like this: