Home / Catatan Harian / Jepang / Ganti Ban Luar dan Dalam Bagian Depan-Belakang Bisa Membeli Sepeda Baru di Jepang
ganti ban di jepang

Ganti Ban Luar dan Dalam Bagian Depan-Belakang Bisa Membeli Sepeda Baru di Jepang

Sebagai kendaraan utama saya disini tentunya tanpa sepeda serasa ada sesuatu yang kurang dalam keseharian di Jepang. Terus terang saya tidak pernah merawat sepeda yang sudah berumur 1.5 tahun ini, hanya tambah angin jika dirasa kurang. Walau sudah terasa bunyi-bunyi aneh muncul akibat minyak pelumas pada rante dan ditempat lainnya sudah haus.

Tapi, saya cuek saja sampai pada akhirnya tepat sekitar pk. 11.00 malam di tengah perjalanan, yang sunyi sepi, dan melewati komplek pemakaman yang rindang dengan pepohonan…tiba…tiba…. (dengan gaya ardan FM, nigh mare side…masih ada ga ya)…. duaaaaaar…kaget deh, ternyata ban belakang pecah….

ban sepeda pecah di jepang

Konyol, setelah dicek ini ban kok abis ya tengah nya hihi… wajar mengagetkan orang di jalanan, untung bukan mengendarai mobil dan sedang berada di jalan tol, bisa berabe nantinya..

Akhirnya pergilah ke suatu tempat, ya tentunya tempat bengkel sepeda, coba pikirkan seperti apakah bengkel sepeda disini, bayangkan bengkel-bengkel di pinggir jalan, yang menggantungkan ban dan kompresor layaknya tukang tambal ban.

mengganti ban

Salah pemirsa, saya harus pergi ke mall dan menuju bengkel sepeda. Tukang bengkelnya pun profesional, sayang tidak mau difoto maklum takut disalahgunakan sepertinya, menggunakan seperti daster ketika memasak… eh bukan daster apa ya namanya baju yang diselendangin itu…. apa ayo…nanti dapat 50 ribu (kena deh…)

Coba tebak berapa ongkos dan total perbaikannya?

ganti ban di jepang

Total ongkos perbaikan dan ban luar dalam seharga Β₯4.190 atau sekitar 430 ribu rupiah..waw seharga ban mobil ya. Kalo sekalian ganti ban depan makan bisa membeli sepeda baru, tapi yang standar tanpa oper gigi. Untungnya nih baik juga orang jepang, sekalian di servis semuanya diganti oli, dan enakan lagi layaknya seperti baru.

Baca ini yuu :   Membeli Beras Terakhir dan Mengenang Foto 4 Musim di Kumamoto, Jepang

Ya sudahlah…walau saya mantan MacGyver yang bisa memperbaiki sepeda sendiri, sekali-kali sedekah ke orang Jepang..cieee gaya banget ya…. ah alesan sebenarnya saya disini masih setengah perjalanan mari kita syukuri dan nikmati dan lanjutkan perbaiki yang sudah ada….padahal ada kesempatan dengan mengambil (istilahnya bukan mencuri) memanfaatkan sepeda-sepeda nganggur yang ditinggal kan di kampus seperti yang dilakukan oleh orang Sudan hehe… lagi males ah cari artikelnya, cari sendiri aja ya jangan disuapin terus hehe maklum di postingan ini lagi ngawur nih..

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

vakum

Cara, Syarat, Jadwal dan Harga Mengirim Barang Jumlah Besar dari Jepang Menggunakan Kontainer

Nazroel.id – Masa kepulangan ke Indonesia setelah tugas belajar atau bekerja di Jepang adalah masa …

3 comments

  1. Assalamu alaikum. Selamat pagi. Salam kenal. Punya tips utk membeli sepeda yg bagus di jpn utk dipakai di indo?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: