Home / Catatan Harian / Uniknya Kertas Nasib atau Fortune Paper di Jepang
kertas harapan

Uniknya Kertas Nasib atau Fortune Paper di Jepang

Masih tentang kepercayaan orang Jepang. Di sekitaran kuil terdapat pusat jajanan oleh-oleh. Ya, kuil merupakan sarana tempat wisata juga ternyata, sehingga banyak yang menjual souvenir maupun makanan. Ada yang unik disini, di beberapa toko menjual Kertas Nasib atau Fortune Paper.

kertas harapan

Biasanya di dalam kuil terdapat Fortune Paper atau O-mikuji yang berupa kertas yang bisa di pilih dan diambil dengan membayar ¥100, kemudian di baca dan digantung disekitar kuil. Berisi sebuah catatan yang dipercaya merupakan saran atau nasihat tentang kehidupan.

kertas harapan

Awalnya sempat bertanya-tanya, mengapa banyak sumber air mengalir dan disediakan semacam bak di depan tokonya, ternyata selain bisa diminum juga bisa digunakan untuk fungsi lainnya salah satunya adalah penggunaan kertas nasib ini. Tidak seperti di kuil di toko ini kertas nasib dibalut semacam sapu tangan dan awalnya tidak terdapat tulisan setelah dikenakan ke air, maka tulisan akan muncul. Tulisan yang muncul di kertas ini berarti “jalanilah kehidupan dengan penuh kesenangan”. Kertas di toko lebih mahal dari di kuil yakni ¥300 atau sekitar 30 ribu rupiah.

Baca ini yuu :   Begini Fasilitas Standar Perpustakaan di Kampus Jepang

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

vakum

Cara, Syarat, Jadwal dan Harga Mengirim Barang Jumlah Besar dari Jepang Menggunakan Kontainer

Nazroel.id – Masa kepulangan ke Indonesia setelah tugas belajar atau bekerja di Jepang adalah masa …

Leave a Reply

%d bloggers like this: