Home / Catatan Harian / Begini Suasana dan Regulasi Sidang Master dan Doktor di Jepang
suasana sidang master dan doktor di jepang

Begini Suasana dan Regulasi Sidang Master dan Doktor di Jepang

Jika ingin kuliah program master (S2) atau doktor (s3) di Jepang, mungkin tulisan kali ini akan bermanfaat karena akan sedikit menggambarkan bagaimana Suasana dan Regulasi Sidang Master dan Doktor di Kumamoto University, Jepang. Berbeda dengan di Indonesia ujian akhir atau sidang disini untuk master dan doktor mirip seperti sidang terbukanya program doktor hanya terlihat lebih simpel.

suasana sidang master dan doktor di jepang

Begini Suasana dan Regulasi Sidang Master dan Doktor di Jepang

1. Waktu Pelaksanaan Sidang

Waktu sidang dilaksanakan 2 kali setiap tahunnya, biasanya di bulan Februari untuk kelulusan April dan Juli untuk kelulusan Oktober.

2. Sistem Sidang

Sistem sidang Master dan Doktor adalah sama yaitu presentasi tesis atau disertasi dan tanya jawab

3. Durasi Ujian Sidang

Durasi sidang untuk program Master 8 menit presentasi dan 6 menit tanya jawab. Sedangkan untuk Doktor 20 menit presentasi dan 20 menit tanya jawab. Waktu adalah hal yang paling dihormati. Tidak ada kata molor dan semua tepat waktu.

suasana sidang master dan doktor di jepang

4. Siapa yang hadir?

Sidang bersifat terbuka dan siapa saja boleh menghadiri. Umumnya setiap anggota departemen atau laboratoriumnya akan datang dan melihat rekan-rekannya. Ketika rekannya selesai, maka audience akan berganti oleh anggota departemen lainnya. Disini ego antar departemen terlihat, inilah yang menjadikan kompetisi sehat sehingga, kualitas penelitiannya berlomba-lomba menjadi yang terbaik dan outputnya tentunya adalah publikasi jurnal.

5. Siapa yang bertanya?

Bukan hanya mahasiswa yang hadir, sensei atau profesor dari departemen lain seluruhnya hadir dan akan bertanya jika memang tidak mengerti dan tidak bersifat menguji. Disini situasi ilmiah benar-benar terlihat.

Baca ini yuu :   Merasakan Service LCD IPhone 6 di Jepang Seharga 1.8 Juta

6. Bagaimana peran pembimbing?

Pembimbing utama yakni profesor hanya melihat dan tidak memberikan sanggahan ataupun pertanyaan. Pembimbing kedua menjadi moderator. Hal ini terjadi baik untuk program master maupun doktor.

suasana sidang master dan doktor di jepang

Kesimpulannya, kuliah master 2 tahun atau doktor 3/4 tahun di akhiri oleh 14 menit waktu sidang untuk master dan 40 menit untuk doktor. Dengan kata lain disini proses lebih penting dibanding ujian akhir, tapi tetap ujian akhir jadi syarat kelulusannya. 2 tahun kemudian insha allah giliran foto saya ada di tulisan ini, Amin. Mohon doanya.

 

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Cara Mudah Menulis dan Publikasi Artikel Review di Jurnal Ilmiah

Nazroel.id – Salah satu bentuk Artikel Ilmiah yang bisa kita buat adalah Artikel Review/Tinjauan dari …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: