Kumamoto University….. universitas apaan tuh?

Yup… hampir semua orang Indonesia, termasuk saya ga mengenal apa dan dimana itu Kumamoto University (KU), mirip seperti almamaterku saya tanya ke orang sini, 100% pada ga tau… sedih ya…. nah makanya tak kenal maka tak sayang, di postingan ini saya akang memperkenalkannya..

Kumamoto University

Memang betul, untuk memperkenalkan Perguruan Tinggi di Indonesia go internasional, satu-satunya cara yang elegan adalah publikasi Internasional di jurnal ber IF tinggi…. (tuh dengerin para penguasa PT di Indonesia)… kenapa? karena eh karena, saya tau KU ini dari article penelitian melalui gogling (klik disini caranya) yang oleh si profesor di publish… artinya, nih  Universitas sebenernya sudah ada di level yang lebih tinggi dari almamaterku… (poin pertama catet) baru saya sadari.. ternyata publikasi internasional itu penting buat institusi.. padahal dulu saya kenapa ingin publish jujur aja karena ada insentifnya dari kampusku hehe artinya mikir buat nasi ngebul aja… (harap dicatet ya penguasa PT, insentif publikasi journal internasional itu penting kalo emang niat mau mengarah go internasional)….

kumamoto 2

Sebelum memutuskan untuk kuliah disini mulailah browsing mengenai reputasi dan kredibilitas KU…. pertama cari info di http://webometrics.info/en/Asia/Japan peringkat 20 se-Jepang… nah posisi yang memang saya harapkan, mengapa? jujur saja, prinsip saya saya lebih suka memilih di suatu tempat yang belum jadi the best tapi akan jadi the best…. contohnya mending saya pilih atletico madrid tim underdog…. buktinya bisa juara liga… (poin dua)… hehehe alibi sebenernya itu…. yang bener adalah, saya minder klo pilih number 1 takut ga lulus2.. stress nanti, maklum ngerasaa bloon duluan… makanya pilih Jepang bahasa inggris juga pas-pasan, maklum wong ndeso.. bahasa indonesia aja ga lancar… so, siapa bilang yang kuliah di LN orang pinter semua… orang bloon kaya sy juga bisa, asal tau diri aja alias baca nih postingan sebelumnya

Baca ini yuu :   Memantau Ajuan Lektor Kepala/Guru Besar Lewat Selancar PAK

Well, setelah cuco dengan KU-nya, mulai deh cari info mengenai komunitas warga indonesia…. http://ppij-kumamoto.org/ ternyata banyak orang Indonesia disini terutama di Fakultas Tekniknya karena udah MoU dengan ITS, UGM bahkan udah punya kantor perwakilan di ITS http://io.its.ac.id/liaison-office-at-its/ (poin tiga)… untuk Fakultas Farmasi saya orang Indonesia pertama yang kuliah disini….

Eng ing eng…. ikut ujian lah… ceritanya klik disini

Maret 2014, dimulailah petualangan mencari secuil ilmu pengetahuan disini… ternyata eh ternyata…. satu kata yang terucap… alhamdulillah, fasilitasnya disini sangat lengkap…

Kampus KU

lengkapnya informasi mengenai KU baca aja nih di guideline book nya, tuh yang warna merah itu lokasi kampusnya… detailnya ya download aja ya..

kumamoto guide line book

Kalo ingin tahu lebih jauh tentang fasilitasnya klik disini

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Download Excel Surat Pernyataan Lampiran A, B, C,D DUPAK Terbaru

Nazroel.id – Dengan adanya Permen PAN-RB No.1 tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional yang diantaranya meniadakan …

No comments

  1. Min KU termasuk univ negeri di jepang ga sih?
    Tgl 30 okt 2016 kemarin kan ada study in japan fair di jakarta trus ada KU sbg salah satu univ yg berpartisipasi dan satu dari sedikit univ yg ada public health nya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.