Home / Universitas / Dosen Bisa Gunakan Google Meeting untuk Presentasi Online dengan Mahasiswa

Dosen Bisa Gunakan Google Meeting untuk Presentasi Online dengan Mahasiswa

Nazroel.id – Imbas dari pandemi wabah COVID-19 di Indonesia, para dosen diminta untuk mengurangi tatap muka dan melakukan pembelajaran jarak jauh. Bagi dosen yang sudah terbiasa tentunya itu tidak masalah. Tetapi, bagi sebagian dosen yang baru melaksanakan program pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan fasilitas internet, mungkin tulisan ini akan sedikit membantu.

Google Meeting merupakan bagian fitur dari Google Hangout yang bisa memberikan fasilitas video conference hingga 250 peserta secara live. Walaupun berbayar, google meeting merupakan satu dari beberapa fitur yang tersedia di Googe Suite (layanan berbayar google). Harga langganannya lebih murah dibandingkan dengan aplikasi khusus video conference lainnya seperti Zoom.us.

Bila menggunakan smartphone menginstall dulu aplikasi Hangouts Meet.

Bagi email gmail biasa diberi akses 14 hari gratis (trial) untuk mengakses google meeting ini. Beruntung bagi institusi yang telah berlangganan google suite seperti halnya Universitas Padjadjaran dimana email para dosen dan mahasiswanya sudah bisa menikmati fasilitas google suite diantaranya fasilitas cloud google drive. Termasuk fasilitas google meeting yang belum semua orang tahu.

Bagaimana cara menggunakan google meeting?

Video singkat dari google sudah cukup menjelaskan bagaimana cara memulai meeting atau kuliah online. Sebelumnya gunakan browser google chrome atau modzila karena aplikasinya berbasis website, tidak perlu download aplikasi.

Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

Buka email, atau masuk ke google hangout

Bisa melalui https://meet.google.com/

Pilih fitur video call

Join meeting

Share link invitation

Buka slide power point, mulai share screen desktop/laptop

Cukup mudah bukan? pastikan mahasiswa menggunakan email student yang juga telah berlangganan google suite.

Bagi yang tidak menginginkan interaktif secara realtime, bisa menggunakan aplikasi camtasia, banyak dijual di tokopedia dengan harga murah 20 ribu rupiah dengan dikirim melalui email.

Mungkin tulisan berikutnya bilamana banyak yang menginginkan, terkait tatacara penggunaan camtasia…

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

4 Program Kampus Merdeka Belajar Ala Mendikbud “Go-Jek”

Nazroel.id – Entah suatu terobosan ataupun kemunduran, yang pasti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), mantan …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: