Home / Catatan Harian / Jepang / Progress Tahun Kedua, Tetap Optimis Sesuai Rencana Lulus 3 Tahun
2015
2015

Progress Tahun Kedua, Tetap Optimis Sesuai Rencana Lulus 3 Tahun

Beberapa hari ini melihat statistik di blog pribadi saya melonjak, itu tak lain karena tulisan saya sebelumnya tentang berbagi tips publikasi untuk pemula, alhamdulillah ternyata bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi Indonesia. [Baca : Begini Cara Belajar Publikasi Ilmiah di Jurnal Internasional Untuk Pemula]

Sampai saat ini telah 4k share, sungguh suatu kebanggan tersendiri ketika pengalaman pribadi sampai viral di media sosial. Berbeda ketika menulis artikel di bidhuan.com walau sering lebih dari 4k share tapi manfaatnya dirasakan hanya sementara. Terimakasih atas kunjungannya semoga tali silaturahmi tetap terjaga melalui blog ini.

Besok adalah hari libur di Jepang, 11 Februari dirayakan sebagai hari 建国記念の日 (Kenkoku kinen no hi) atau hari pembentukan negara. Kebetulan besok masih ada kerjaan lab yang harus diselesaikan jadinya tetap harus ke kampus.

Oh ya, tidak terasa bulan Februari pada tahun 2014 adalah bulan dimana kegalauan hadir, mengapa? karena merasa pilihan saya untuk meninggalkan anak dan istri adalah keputusan yang sangat sulit. Tidak terasa juga tulisan berikut ini [Baca : Catatan Perjalanan Waktu Lebih Penting di Banding Uang Lebih Beasiswa] adalah tulisan setahun yang lalu ketika hati mulai galau dan tidak betah…

Tepat hari ini, perasaan itu muncul kembali… beruntung saya memiliki teman-teman blogger dan para bidhuaners yang senantiasa menemani saya sendiri disini, benar-benar sendiri jauh dari komunitas orang Indonesia. Karena kampus saya saat ini berjarak 3 km dari kampus utama yang banyak dihuni teman sebangsa dan setanah air.

Saya ingin berbagi cerita mengenai apa yang telah dilakukan 2 tahun ini dalam tulisan singkat

1, Alhamdulillah, Tetap ga bisa baca dan tulis bahasa Jepang

Iyaaaa…. siapa bilang kalo ga bisa bahasa Jepang ga bisa hidup disini, justru dengan ga bisanya bahasa ada manfaat tersendiri (hehe ngeles,….pembelaan)…[Baca : Ternyata Orang Jepang Akan Berkata Jujur Ketika Sedang Mabuk ] yang pasti beberapa hal yang berkaitan dengan urusan kependudukan teman Jepang di kampus selalu membantu untuk menterjemahkan.

Baca ini yuu :   Tips cara email dan dapat LoA dari supervisor/profesor untuk kuliah ke Luar Negeri

2. Alhamdulillah, tambah gendutttt

2015
2015
saya
2016

Tahun lalu berat badan saya turun drastis sampai 5 kg, tapi saat ini justru kembali normal dan bahkan meningkat. Pertanda sudah mulai cuek terhadap masalah dan enjoy mengatasinya.

3. Alhamdulillah, anak-anak di Indonesia tambah pinter

Zahran yang saat ini kelas satu SD, menjadi yang terbaik alias juara kelas. Bapanya aja seumur-umur ga pernah jadi jawara hehe sedangkan neng cantik Nasywa udah mulai terbiasa di TK nol-kecilnya. Begitu pula pekerjaan istri dan bisnis warung kecil masih tetap hidup, Alhamdulillah tulisan saya setahun lalu sesuai dengan rencana [Baca : Catatan Perjalanan Waktu Lebih Penting di Banding Uang Lebih Beasiswa].

4. Bagaimana dengan publikasi?

Nah, sesuai tulisan sebelumnya [Baca : Syarat Jumlah Minimal Publikasi Internasional Untuk Raih Gelar PhD di Jepang], 3 publikasi tahun ini harus bisa publish, saat ini 2 manuscript telah ada ditangan asosiate profesor, menurutnya februari ini akan disubmit. Apakah bakal di terima?? Optimis, karena penelitian saya tidak ada yang meneliti alias baru.

Tinggal memikirkan 1 lagi dalam 9 bulan ini, karena November desertasi harus sudah disubmit. Tetap optimis semoga sesuai rencana 3 tahun, Aamiin

5. Mendapat banyak teman dunia maya

Menjadi blogger sungguh membuat waktu 2 tahun ini terasa mengalir cepat, sampai saat ini 2350 fans di facebook selalu berinteraksi di bidhuan.com, setiap harinya minimal 10 ribu orang hadir berinteraksi di situs itu. Baru-baru ini, blog ini juga mulai ramai, alhamdulillah, poin ini yang membuat hidup saya disini lebih berwarna walau mungkin jarang seorang mahasiswa di LN seperti saya saat ini, aktif di berbagai sarana blog mulai youtube, twitter, blogspot, tumblr, pinterest, dll

Biarlah orang bicara apapun tentang saya, karena yang tahu tentang apa rencana, target, dan yang menjalani kedepan adalah saya sendiri.

Baca ini yuu :   Inilah Mahasiswa/i Terganteng, Tercantik, dan Terbanci se-Farmasi di Kumamoto - Jepang

Satu keinginan saya dari apa yang telah saya buat saat ini, semoga memberikan manfaat bagi orang banyak. Tetap berkarya untuk Indonesia apapun itu bentuknya asal bisa membuat orang terinspirasi!

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

vakum

Cara, Syarat, Jadwal dan Harga Mengirim Barang Jumlah Besar dari Jepang Menggunakan Kontainer

Nazroel.id – Masa kepulangan ke Indonesia setelah tugas belajar atau bekerja di Jepang adalah masa …

Leave a Reply

%d bloggers like this: