Home / ilmiah / Cara Mudah Membuat Poster Untuk Presentasi Seminar dengan Powerpoint
presentasi poster

Cara Mudah Membuat Poster Untuk Presentasi Seminar dengan Powerpoint

Bagi mahasiswa, dosen atau siapapun yang ingin mempresentasikan hasil penelitian atau karyanya dalam bentuk poster berukuran A0, A1, A3 ataupun lainnya biasanya menggunakan software atau perangkat lunak tertentu, seperti CorelDraw, Adobe Photoshop atau lainnya. Poster yang dibuat biasanya akan dipresentasikan untuk keperluan seminar (conference) ataupun sebagai syarat kelulusan kolokium/sidang sarjana.

Sebenarnya ada tips dan trik Cara Mudah Membuat Poster Untuk Presentasi Seminar dengan Powerpoint. Dengan powerpoint, selain lebih mudah dalam proses pembuatan dan pencetakannya (print), fungsi untuk berdiskusi terhadap pembimbing atau orang yang berkepentingan sebelum dibuatkan poster adalah hal penting lainnya.

Langkah-langkah membuat poster untuk presentasi dengan powerpoint

1. Buat 13 sampai 15 slide seperti layaknya membuat presentasi di powerpoint (ppt/pptx)

contoh poster
Contoh hasil akhir poster

Jumlah slide yang dibuat baiknya adalah lebih dari 12, dan maksimal 15 slides. Satu hal yang menjadikan sedikit perbedaan dengan menggunakan software adalah perubahan paradigma dalam mempresentasikan sebuah poster hasil karya ilmiah.

Tujuan utama dari membuat poster adalah seperti layaknya presentasi oral atau presentasi dengan menggunakan powerpoint biasa dengan bantuan infocus layaknya menjelaskan kepada pendengar.

Jadi bukan asal mencantumkan judul, abstrak, metode, hasil dan diskusi, serta kesimpulan, daftar pustaka. Malahan fungsi abstrak sudah tidak diperlukan lagi karena abstrak adalah hanya untuk dibaca secara pasif dan tidak perlu dijelaskan secara interaktif, artinya presentasi poster pun diwajibkan agar presenter hadir disamping posternya. Kecuali bagi poster yang bertujuan hanya untuk ditempel dan ditinggal oleh presenter.

Intinya setiap slide bisa diisi sesuai yang diinginkan presenter. Sebelum dipindahkan isi slide ke ukuran poster sebenarnya. Sebaiknya dilakukan presentasi kepada pembimbing atau orang yang lebih mengerti akan isi hasil karyanya untuk diberikan pendapat, biasanya kesalahan konten, titik koma dan penulisan lainnya dikoreksi. Artinya, kesalahan baik dari sisi isi maupun penulisan perlu untuk dilakukan perbaikan sebelum membuat posternya.

Baca ini yuu :   Alasan PAK DIKTI Tolak Usulan Jurnal Ilmiah Untuk Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen

2. Pindahkan setiap isi slide ke file poster berukuran sesuai yang diinginkan

Untuk mempermudah saya berikan template poster yang kebetulan berukuran Ao

Download template poster presentasi disini

Template yang diberikan diatas dengan gaya formal, tentunya bisa dirubah sesuai keinginan presenter. Cara untuk memindahkannya mudah, pada setiap slidenya tekan ctrl-A (control all) dan ctrl-c (copy). Kemudian di file templatenya, paste special dengan pdf style.

pdf style

Atur sedemikan rupa, untuk pencetakan (print) baiknya save as ke pdf untuk mempercepat proses pencetakan. Jadi nge-print di pdf, untuk office terbaru ada fasilitas convert ke pdf.

Semoga membantu..

*follow twitter @nazroel dan instagram saya ya @nazroelwathoni, jangan lupa like page farmasetika juga

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

scopus

Layanan Submit Jurnal Internasional

Nazroel.id – Halo pembaca setia nazroel.id, Setelah rekans mempelajari semua isi blog ini dan atau …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: