Home / Catatan Harian / Pergi Pagi Pulang Malam Rutinitas Harian Bagi Mahasiswa di Jepang

Pergi Pagi Pulang Malam Rutinitas Harian Bagi Mahasiswa di Jepang

Kali ini sedikit bercerita apa yang dilakukan mahasiswa di Jepang setiap harinya terutama bagi mereka yang telah masuk masa penelitian. Untuk program sarjana biasanya di tahun ketiga sudah mulai disediakan ruang kerja di laboratoriumnya. Mahasiswa program master dan doktor juga disediakan tempat kerjanya. Kegiatan di setiap Jurusan tentunya akan berbeda, disini hanya diberikan contoh berdasarkan observasi sendiri. [Kebebasan Menata Meja Mahasiswa di Jepang]

Pergi Pagi Pulang Malam Rutinitas Harian Bagi Mahasiswa di Jepang. Pk.08.00 adalah waktu masuk laboratorium. Khusus di hari rabu dan jumat pagi Pk. 7.30 di laboratorium saya di Kumamoto-University digelar paper seminar, atau presentasi setiap mahasiswa dengan membawakan artikel ilmiah terbaru maksimal 1 tahun kebelakang dengan impact factor lebih dari 5. Teknis paper seminar lain waktu akan dibahas.

Terlihat siswa SD dan SMP sama-sama memulai aktivitas
Terlihat siswa SD dan SMP sama-sama memulai aktivitas
pergi sekolah di jepang
Anak SMA di Jepang mulai pergi ke sekolahnya

Khusus hari senin adalah hari bersih-bersih [rutinitas membuang sampah di kampus Jepang]. Selasa dan Kamis adalah waktunya teknikal seminar, atau membahas tata cara penggunaan alat laboratorium yang diajarkan turun temurun dari angkatan lama ke baru.

bahan teknikal seminar
Bahan presentasi teknikal seminar

Di akhir seminar biasanya adalah sesi tanya jawab termasuk membahas masalah-masalah ringan yang ada di laboratorium. Kegiatan di pagi hari ini akan berakhir pk. 9.00 selanjutnya adalah kegiatan masing-masing baik itu kuliah maupun penelitian.

Untuk makan siang, biasanya pk. 12.00 yang disesuaikan dengan kegiatan eksperimen, waktu istirahat ini juga disesuaikan dengan agenda masing-masing mahasiswa. Saya pribadi kadang pulang ke apartemen untuk sekalian sholat, makan siang bisa masak ataupun membeli diluar [Begini Cara Hemat Biaya Hidup dengan tanpa masak di Jepang]

tatami ruangan tepat untuk solat
Tatami ruangan tepat untuk solat
Terkadang Tatami tidak bisa digunakan
Terkadang Tatami tidak bisa digunakan dan mencari tempat yang cocok

Setelah makan siang, kemudian melanjutkan aktivitas sampai waktu sholat Ashar. Kebetulan di kampus kami tidak disediakan mushola, jadi teringat di Indonesia dimana hampir di setiap Fakultas terdapat mesjid. Jadi kami mencari tempat untuk sholat berjamaah, dan pilihan pertama adalah ruang tatami atau ruang pertemuan khas Jepang yang beralaskan layaknya tikar.

Baca ini yuu :   Ternyata Benar, Ini Rahasia Mengapa Profesor Mau Menerima Mahasiswa Asingnya

Untuk istirahat makan malam biasanya sama seperti makan siang sekitar pukul 19.00 sekalian Magrib dan Isya kemudian kembali ke Laboratorium untuk melanjutkan aktivitas akademik terutama penelitian.

Sambil mengayuh Sepeda pulang ke apartemen untuk beristirahat
Sambil mengayuh Sepeda pulang ke apartemen untuk beristirahat

Dan akhirnya pulang untuk beristirahat untuk mahasiswa rata-rata di atas pk. 22.00, untuk profesor terkadang pk, 01.00 dan kembali bersiap untuk beraktifitas di pagi hari.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Tips Skripsi Menjadi Publikasi di Jurnal Internasional Q1 Elsevier

Nazroel.id – Hampir sebagian besar dosen pasti menginginkan publikasi di jurnal internasional bereputasi, entah itu …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: