Home / Ilmiah / Asal Usul dan Teknologi Terkini Deteksi Dini Sel Kanker
jorge soto

Asal Usul dan Teknologi Terkini Deteksi Dini Sel Kanker

Saatnya mengulas dan berbagi info tentang asal usul, penyebab, bahaya, pengobatan dan teknologi terkini deteksi dini sel kanker. Sumber informasi ini berasal dari 2 video dari youtube.

Video pertama merupakan video animasi dari Sanofi TV yang menjelaskan mengapa tubuh manusia bisa terkena kanker dan bagaimana solusi pengobatannya. Video kedua dari TedTalks yang mempersembahkan Jorge Soto, salah seorang ahli IT bidang kanker yang menemukan alat pendeteksi dini kanker yang bernama Microlus. Berikut adalah Asal Usul dan Teknologi Terkini Deteksi Dini Sel Kanker

Asal Usul Sel Kanker

Tubuh terdiri dari berjuta-juta sel, organ tubuh seperti jantung, hati, ginjal dll merupakan jaringan yang disusun oleh sel. Sel layaknya mahluk hidup yang bisa tumbuh dan mati untuk degenerasi sebagai cara untuk mempertahankan fungsi jaringan atau organ tubuh. Sel tersusun atas nukleus yang mengandung kromosom dengan berbagai macam genetik dalam bentuk DNA.

Terkadang susunan genetik dalam DNA mengalami abnormalitas, sehingga menyebabkan susunan kromosom menjadi abnormal imbasnya sel mengalami gangguan dalam proses regenarasi sel, inilah awal mula penyebab terjadinya sel kanker yang bisa tumbuh tidak terkendali dan menyebar ke berbagai jaringan lainnya melalui pembuluh darah.

Penyebab Kanker

Ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya kelainan pada pertumbuhan sel sehat menjadi sel kanker, seperti 1. Kelainan genetik karena keturunan, 2. virus seperti HIV atau hepatitis, 3. terekspos bahan karsinogenik seperti bahan kimia, sinar radiasi, dan matahari. 4. Gaya hidup seperti minum alkohol, merokok, atau diet penuh lemak,

Baca ini yuu :   Penggunaan Siklodekstrin Bisa Menjawab Masalah Resistensi Antibiotik

Bahaya Kanker

Lebih 25 Juta orang di dunia menderita kanker dan 7 juta diantaranya meninggal setiap tahunnya. Yang paling berbahaya berdasarkan urutan di dunia adalah kanker paru, kanker payu dara, kanker usus, kanker pencernaan.

Pengobatan saat ini

Saat ini ada 3 cara pengobatan dengan maksud untuk menghilangkan sel kanker yakni tindakan operasi bedah, radioterapi,dan kemoterapi. Radioterapi dan kemoterapi memiliki efek samping yang membahayakan sel sehatnya. Pengobatan terkini adalah dengan teknologi genomik dimana setiap orang akan diterapi berdasarkan kode genetik yang mengalami perubahan abnormal. Teknologi ini dikembangkan dengan teknologi stem cell dari sel kulit sehat penderita.

Cara Diagnosis Terkini

Kanker akan lebih mudah diterapi jika ditemukan sejak dini. Namun saat ini pendeteksian kanker sangat rumit dan sulit serta tidak akurat karena variasi genetik setiap individu. Seperti di pendahuluan sebelumnya, sel kanker erat kaitannya dengan susunan kode genetik yang abnormal.

jorge soto

Jorge Soto, salah seorang ahli IT bidang kanker yang menemukan alat pendeteksi dini kanker yang bernama Microlus. Alat yang fenomenal dengan menggabungkan teknologi smartphone dengan Micro-RNA (miRNA) reader yang bisa membaca kode genetik serta berkorelasi terhadap jenis kanker tertentu dengan hitungan menit.

Cukup hanya membutuhkan sampel darah dan diaplikasikan ke Microlus, dengan sekejap smartphone dengan software khusus bisa membaca kode genetik dari darah tadi. Software ini akan disediakan secara gratis. Video ini diupload oktober 2014. Tidak menutup kemungkinan akan dijual ke pasaran.

Video Asal Usul Kanker

Video Cara Deteksi Dini Sel Kanker

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Sudah Terbit di Jurnal Internasional Bereputasi, Masih Bisa Dikoreksi Pembaca

Nazroel.id – Penerbitan artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi harus diperhatikan kesempurnaan tulisan tanpa kesalahan. …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: