Home / ilmiah / Tips dan triks sekolah ke luar negeri gratis
beasiswa luar negeri

Tips dan triks sekolah ke luar negeri gratis

Siapa bilang orang yang sekolah ke LN itu hanya kaum borju…cieee bahasanya… salah tuuh… asal ada kemauan masalah financial belakangan… apa coba yang paling penting??? yang paling penting adalah bahasa Asing alias bahasa inggris nya memenuhi persyaratan…sama ikutin nih tips dan triks di bawah ini ya tapi inget ya kalian dah Lulus di program S1 ato S2 yang terakreditasi DIKTI kan… klo engga masa sih… engga mungkin lah pasti pada sekolah yang terdaftar di kemdikbud kan??? Ocedeh tanpa banyak cingcong… check it out :

1. Kenapa bahasa inggris penting, lah emang mau pake bahasa tarzan kuliahnya… yang pasti, kalo kuliah di negara native speakernya english, bakal tinggi tuh sertifikat bahasa inggrisnya…. ex IELTS ke UK overall min 6.5 ampe 7 lebih…. yang merasa bahasa inggrisnya pas-pasan tenang.. pergilah kalian ke negara yang bahasa inggris jadi 2nd language.. contohnya Jepang… nih IELTS 5.5 juga diterima…..

2. Okeh dipoin ini saya ga bahas beasiswa dari luar Indonesia, alias dari pemerintah atau swasta asing…contohnya dari masing2 embassy, dari perusahaan asing, dari universitasnya, dll… dengan kata lain saya kasih tips dan triks paling gampang alias pasti dapet kalo ente2 pade seriuz. Di negeri tercinta ini ada 2 jenis beasiswa LN dari 2 kementrian berbeda,yaitu yang pertama kementrian keuangan yang dinamakan LPDP (Lembaga pengelola dana pendidikan)… nih dana Unlimited, konon katenye dana APBN kita yang tidak terserap tiap tahunnya ditampung disini… buat yang kaga puya NIDN/NIP atau ga ada kaitannya sama dunia pendidikan alias dosen cocok nih… daftar di http://www.beasiswalpdp.org/ .

Nah yang kedua Beasiswa Dikti, yang terkenal sejak dulu kala, beruntung lah bagi kamu2 yang punya NIDN atau calon dosen di PT tertentu bisa gunain nih jenis beasiswa ini… semenjak ada LPDP, nih manajemen beasiswa banyak perbaikannya… malu kali ya ama LPDP yang dikelola lebih profesional… contohnya, ga pernah terlalu telat lagi cairnya, ada uang tunjangan keluarga mulai 2014 nih daftar aja kesini http://beasiswa.dikti.go.id/web/ nih pedomannya download sini Panduan BPPLN ver2 2014 .

Baca ini yuu :   Tips dan Pengalaman Mendapatkan Beasiswa MEXT Untuk Kuliah Sarjana di Jepang

3. Eits belum bisa daftar kan… ya iyalah baca dulu syarat2 nya ape aje tuh di website klo LPDP ama di panduan Diktinya…. Dari 2 beasiswa di atas syarat utama nya adalah selain kemampuan bahasa asing (ga musti inggris sebenernya, sesuai negara tujuan) kamu juga harus dapet Letter of Acceptance alias LoA dari Universitas… khusus buat LPDP universitasnya yang ada di database LPDP, yang dianggap high quality ama dia… so di point ketiga ini, kesimpulannya pelajari tuh semua persyaratan lainnya… di poin selanjutnya saya hanya bahas 2 syarat penting ini ya, yang lainnya kaitannya sama masing2 kandidat soale..jadi kamu urus aja sendiri ya…(kata Dodit SUCI 4 : kamu yang butuh..saya yang repot…) ama jangan lupa peratiin deadline daftar beasiswa online khususnya buat beasiswa DIKTI

4. Sertifikat Bahasa Internasional, daripada ribet ya mikirin banyak bahasa..udeh fokus aja di Bahasa Inggris… elu ambil tuh test internasionalnya bisa TOEFL ato IELTS beda websitenya ya…gogling aja pada males banget masa musti saya kasih juga… klo belum yakin kursus tuh… secara saya lebih suka IELTS, kenapa karena skill kita untuk digunakan di kuliahan kepake banget… latihan listening, reading, speaking nah yang saya suka ada writing nya nih… mayan kepake banget buat bikin manuscript…. Minder nih ato ga punya duit bwt bayar dolarnya, tenang ada solusi super murah meriah yang di akui LPDP ama DIKTI yaitu toefl ITP cuma 350rb rupiah bro… beberapa PT Jepang nerima juga nih ITP… nah ada tips juga bagi yang ga mampu institusional… upload aja yang ada, khusus buat beasiswa dikti, pengurus beasiswa nya pada males ngecek file uploadan kita, tapi pas wawancara minimal TOEFL ITP dah ditangan.

Baca ini yuu :   Arti Quartile Q1 Q2 Q3 Q4 dalam Perangkingan Jurnal Internasional Bereputasi

5. LoA… apaan sih itu, LoA ada 2 ada LoA dari Pembimbing ada resmi dari Pimpinan Universitas. Poin ini penting sekali, saya mau buat thread khusus nanti ya dipostingan berikutnya, bagaimana caranya dapet LoA secara detail. satu-satunya cara ya lewat email korespondesi… ada 2 teknik, teknik pertama elu yang cari sendiri… yang kedua sedikit lewat jalur persahabatan, alias elu punya senior trus senior elu yang nyariin… bagaimana email yang baik dan benar supaya dibalas nanti klik disini…. ada pengalaman yang salah menurut saya, mereka kira kaya nangkap ikan… sistem jaring, email sebanyak2nya..nah arisan deh siapa yang bales… saya ga rekomendasiin kenapa, lah klo yang bales dari Univ di kutub utara kan elu yang repot… ato di Afrika, tar kuliah sama gajah disana… saya seneng pake strategi…strateginya gimana, klik disini…. ada beberapa Universitas yang ngasih LoA Universitas tanpa test atau test melalui video conference ato skype, dan untuk universitas di Jepang umumnya Entrance Examination harus dateng nih (klik disini tips entrance examination). SO, langkah pertama dapetin dulu LoA Pembimbing, ini masih diterima sama Dikti asal pas wawancara musti ada tuh LoA Univ kalo ga ya wawancara ulang nanti…LPDP juga sama.

Contoh LoA, download contoh LoA dari Pembimbing, download contoh LoA dari Universitas

6. Tahap registrasi online, ini super penting… semua aplikasi harus melalui online, isi yang bener tuh sesuai pedoman… pastiin semua terisi dan muncul status bahwa anda eligible untuk di seleksi. Ada bagian penti pas pilihan akademik. Jangan lupa, klo ingin dipanggil wawancara, klik tuh pilihan LoA unconditional.. sampe kiamat pun kaga bakal dipanggil wawancara klo pilihan nya masih conditional. baca postingan sukses wawancara.

Baca ini yuu :   Kisi kisi pertanyaan wawancara beasiswa Luar Negeri Dikti/LPDP dll

7. Doa…. mau jungkir balik juga kalo yang diaatas bilang belum waktunya ya ikhtiar teruz ya… jangan putus asa… ini kan bukan putus cinta yang pake hati… wah asyik juga ya klo postingan berikutnya tentang cinta… duh tar dilanjut ya.. yang lainnya komen aja tar saya jelasin… mau Nge-Lab dulu..

Khusus bagi yang tertarik memperdalam LPDP ini ada postingan bagus kunjungi ya http://trihanifa.blogspot.jp/2013/11/tips-lolos-seleksi-beasiswa-lpdp.html

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

scopus

Layanan Submit Jurnal Internasional

Nazroel.id – Halo pembaca setia nazroel.id, Setelah rekans mempelajari semua isi blog ini dan atau …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: