Advertisements
Home / Beasiswa / Tips dan Pengalaman Mendapatkan Beasiswa MEXT Untuk Kuliah Sarjana di Jepang
kuliah di jepang

Tips dan Pengalaman Mendapatkan Beasiswa MEXT Untuk Kuliah Sarjana di Jepang

Nazroel.id – Rubrik Mailing Time – Ada satu pertanyaan dari pengunjung blog ini terkait cara agar bisa kuliah program Sarjana (S1) di Jepang dengan beasiswa dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia melalui beasiswa The Ministry of Education, Culture, Sports, Science, and Technology (MEXT) atau dikenal juga Monbukagakusho.

Pa, bagaimana tips untuk bisa kuliah Sarjana di Jepang dengan program MEXT?

Untuk menjawabnya kebetulan ada teman satu apartemen yang saat ini telah menjalani studi di Fakultas Farmasi tahun kedua di salah satu Universitas Negeri di Jepang.

Baca : Pesta Kecil-kecilan Sambil Diskusi Kurikulum S1 Farmasi dan Apoteker di Jepang

Pria yang enggan disebutkan namanya ini berasal dari Padang, berhasil mendapatkan beasiswa MEXT pada tahun 2014 menyisihkan lebih dari seribu pendaftar beasiswa MEXT. Sempat di tempa di Osaka selama 6 bulan dan pada akhirnya memilih Kumamoto untuk mengejar mimpinya kuliah di Jepang.

“Poinnya sih ujian tulis nya sih, kimianya level universitas tahun satu, perasaan saya matematika nya susah, saya pun gak bisa jawab semua fisika, gak ngambil biologi isian, pelajaran SMA cuma lebih detail dikit, untuk wawancara sekadarnya aja” ujarnya ketika ditanyakan kesan dalam mengikuti ujian MEXT.

Banyak anak-anak SMA sederajat saat ini yang mundur karena ketakutan tidak bisa berbahasa Jepang, lalu apa kata teman saya ini.

“Daripada pusing belajar bahasa jepang duluan mending bahasa inggrisnya yang dibagusin, toh disini diajarin bahasa jepang juga” lanjutnya.

Ketika saya coba telusuri memang benar ujian semua berbahasa Inggris, berikut contoh ujian MEXT tahun 2010 dari situs studykapan.go.id

Download Contoh Ujian MEXT tahun 2010 untuk program Sarjana

Japanese

PDF   548KB

English

PDF   384KB

Mathematics(A)

PDF   104KB

Mathematics(B)

PDF   104KB

Physics

PDF   412KB

Chemistry

PDF   192KB

Biology

PDF  296KB

Answers

PDF   144KB

Nah jika rekans lainnya baik keluarga dan kerabat berkeinginan untuk kuliah di Jepang khususnya program Sarjana berikut persyaratannya dikutip dari situs resmi www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html

Program ini ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Specialized Training College (D-2) di Jepang. Pelamar hanya bisa memilih 1 (satu) program dari S-1, D-3, atau D-2.


PROGRAM

1. Undergraduate / GAKUBU (S-1)
Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi lama masa studi adalah 7 tahun).
Syarat** : lulusan SMA dan Sederajat; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,4; lahir antara tgl. 2 April 1995 sampai dengan tgl. 1 April 2000. Bagi pelamar yang nilai rata-rata Ujian Nasional di bawah 8,4, dapat melamar program S-1 dengan melampirkan Japanese Language Proviciency Test (JLPT) level N3 atau lebih (bagi yang memiliki JLPT).
Pelamar SMA jurusan IPS/Bahasa tidak bisa mendaftar bidang studi IPA, pelamar SMA jurusan IPA bisa mendaftar IPS atau IPA.
Materi ujian tertulis:
IPS-a,b : Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Jepang
IPA-a : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Fisika dan Bahasa Jepang
IPA-b,c : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Biologi dan Bahasa Jepang
Pilihan Bidang Studi (terbagi dalam 5 lingkup Bidang Studi Utama):
Pelamar hanya bisa memilih salah satu saja di antara 5 lingkup bidang studi utama di bawah.
IPS-a : Law, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, others.
IPS-b : Economics, Business Administration
IPA-a : Science (Mathematics, Physics, Chemistry), Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering), Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture), Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering), Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering), other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology).
IPA-b : Agricultural studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries), Hygienic studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing), and Science (Biology).
IPA-c : Medicine; Dentistry
2. College of Technology / KOUSEN (D-3)
Masa studi 4 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. College of Technology memiliki program 5 tahun yang dirancang bagi lulusan SMP. Siswa penerima Beasiswa Monbukagakusho (lulusan SMA dan sederajat) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (engineer).
Syarat** : lulusan SMA dan Sederajad Jurusan IPA saja; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0, lahir antara tgl. 2 April 1995 sampai dengan tgl. 1 April 2000
Materi ujian tertulis:
Matematika, Bahasa Inggris, Kimia/Fisika (sesuai dengan kategori bidang studi seperti tertulis di bawah), dan Bahasa Jepang
Pilihan Bidang Studi:
* Hanya dapat memilih salah satu saja antara Kimia atau Fisika
Kimia : Materials Engineering
Fisika : Mechanical Engineering, Electrical and Electronic Engineering, Information-Communication and Network Engineering, Architecture, Civil Engineering, Maritime Engineering, Other Fields
3. Specialized Training College / SENSHU (D-2)
Masa studi 3 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. Specialized Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah ini menawarkan pelatihan praktis kejuruan.
Syarat** : lulusan SMA dan Sederajat; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1995 sampai dengan tgl. 1 April 2000. Bagi pelamar yang nilai rata-rata Ujian Nasional dibawah 8,0, dapat melamar program D-2 dengan melampirkan Japanese Language Proviciency Test (JLPT) level N4 atau lebih (bagi yang memiliki JLPT).
Materi ujian tertulis:
Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Jepang
Pilihan Bidang Studi:
* Hanya dapat memilih satu bidang studi di bawah.
– Technology
– Personal Care and Nutrition
– Education and Welfare
– Business
– Fashion and Home Economics
– Culture and General Education
– Other Fields
Catatan :
1. Bagi sekolah yang tidak menggunakan standar nasional (misalnya dengan standard IB/ Internasional), nilai akan disetarakan sesuai di atas. Maka bagi pelamar dengan latar sekolah sistem Internasional diharap menyertakan rapor dari semester awal hingga akhir. Bagi yang menggunakan sistem UN, maka rapor tidak diperlukan.
2. Semua soal ujian dalam bahasa Inggris.
3. Lulusan Undergraduate (S-1) bisa meneruskan ke S-2, dan lulusan College of Technology (D-3) dan Specialized Training College (D-2) bisa meneruskan ke S-1 sebagai siswa tahun ketiga. Namun untuk melanjutkan beasiswa, tergantung pada prestasi dan hasil seleksi. Para siswa tentunya harus mengikuti ujian masuk dan masa perpanjangan beasiswa maksimal 2 tahun.
Baca ini yuu :   Pesta Kecil-kecilan Sambil Diskusi Kurikulum S1 Farmasi dan Apoteker di Jepang

FASILITAS

  1. Biaya kuliah/pendidikan 100% dicover
  2. Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang
  3. Tunjangan ¥117.000/bulan (besar tunjangan tahun 2016. Untuk tahun 2017 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
  4. Tanpa ikatan dinas

MASA PENDAFTARAN (untuk program 2018 belum dirilis dan biasanya di bulan yang sama, tinggal tambah satu tahun)

Tahap I : Bagi pelamar lulusan tahun 2015 dan tahun sebelumnya. (Tidak untuk lulusan tahun 2016)

Pendaftaran Tahap I: 2 Mei 2016 – 16 Mei 2016

Tahap II : Bagi pelamar lulusan tahun 2016 saja. (Tidak untuk lulusan tahun 2015 dan tahun sebelumnya)

Pendaftaran Tahap II: 24 Mei 2016 – 9 Juni 2016

PROSEDUR SELEKSI (untuk program 2018 belum dirilis dan biasanya di bulan yang sama, tinggal tambah satu tahun)

  1. Pengumuman seleksi dokumen akan ditampilkan di website kedutaan Jepang tanggal 1 Juli 2016 (Jumat Siang), dengan menampilkan “Nomor Ujian” pelamar. Bagi yang lolos seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis di Jakarta/Surabaya/Medan/Denpasar/Makassar, pada tanggal 18 / 19 Juli 2016. (Sebagai referensi : Tahun lalu, kurang lebih 1500 pelamar dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis) *Tidak semua pelamar akan lolos seleksi dokumen dan dipanggil ujian tertulis.*
  2. Mereka yang lolos ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta pada bulan Agustus 2016. (Sebagai referensi : Tahun lalu, kurang lebih 150 pelamar yang lolos ujian tertulis dipanggil untuk wawancara).
  3. Setelah seleksi wawancara kami akan mekomendasikan pelamar ke Monbukagakusho sebagai calon kandidat dari Indonesia, dan berkasnya akan bersaing dengan berkas pelamar dari negara lain yang juga direkomendasikan ke pihak Monbukagakusho dalam penyeleksian nilai dan berkas tahap akhir di pihak Monbukagakusho.
  4. Mereka yang lolos seleksi akhir di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman akhir penerima beasiswa diumumkan pada bulan Januari 2017. Bagi peserta yang lolos, akan berangkat ke Jepang pada awal april 2017.
Baca ini yuu :   Beasiswa Pascasarjana Ristekdikti 2017 Untuk Dosen Telah Dibuka Hingga 30 Juni 2017

PROSEDUR PENDAFTARAN

    1. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan di atas saja yang boleh mendaftar.
    2. Mengisi formulir aplikasi yang dapat didownload di sini:
      Formulir Aplikasi Program S-1 (doc)
      Formulir Aplikasi Program D-3 (doc)
      Formulir Aplikasi Program D-2 (doc)Untuk pengisian Field of Study and Majors and Related Key Terms in Japan (pertanyaan no. 7 pada formulir), dapat dilihat di:
      Field of Studies S1 (PDF)
      ANNEX D3 (PDF)
      ANNEX D2 (PDF)
  1. Lakukan registrasi secara online melalui link berikut http://register.beasiswamext.or.id), lalu cetak/print out e-mail konfirmasi registrasi online yang di dalamnya tertera “Nomor Ujian” yang dikirimkan ke e-mail pelamar. *Pelamar wajib mengingat “Nomor Ujian” masing-masing.
  2. Siapkan dokumen masing-masing 1 rangkap:
    Jangan melampirkan dokumen yang tidak diminta dan jangan dijilid !.

    1. lembar printout konfirmasi registrasi online yang ada “Nomor Ujian”nya
    2. formulir aplikasi yang sudah diisi lengkap
    3. fotokopi Ijazah/Ijazah sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah *wajib*
    4. fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yang dilegalisir/ dicap basah dari sekolah *wajib*
    5. fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) *bagi yang sudah memiliki saja*
      Kirim via pos atau antar langsung dokumen di atas ke:Bagian Pendidikan Kedutaan Besar JepangJl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350(Cantumkan kode “SMA-2017” pada Kanan Atas Amplop)
  3. Dokumen harus sudah tiba (*bukan cap pos) di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat:
    1. Tanggal 16 Mei 2016 untuk pelamar Tahap I.(untuk program 2018 belum dirilis dan biasanya di bulan yang sama, tinggal tambah satu tahun)
    2. Tanggal 9 Juni 2016 untuk pelamar Tahap II.(untuk program 2018 belum dirilis dan biasanya di bulan yang sama, tinggal tambah satu tahun)
  4. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan kami terima sebelum deadline saja yang akan kami proses. Dokumen yang dikirimkan/telah masuk di Kedutaan Besar Jepang tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun
Baca ini yuu :   Sharing Slide Presentasi "How to Write an Academic Journal" dari Ibham Veza

Menarik dan kreatifnya di Jepang, ada salah satu universitas di Kyoto yakni Gakuen University yang membuat anime sekaligus maskot Universitasnya dalam bentuk anime. Berikut adalah videonya :

Semua berawal dari mimpi, bermimpilah dan segera wujudkan mimpinya!

Selamat mencoba! dan semoga berhasil!

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

BUDI DN/LN 2018 Diluncurkan LPDP, Selamat Tinggal BPP-DN/BPP-LN Ristekdikti

Nazroel.id – Kemarin (4/6/2018) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) meluncurkan Beasiswa …

2 comments

  1. kak, saya mau tanya nih, kalo misalkan kita completed any requirements , pass the examination , kita udah dapet kesempatan buat belajar di preparatory school , apakah nanti akan ada examination lagi ketika sudah 1 tahun belajar di preparatory school untuk masuk ke universitas yang kita inginkan ? tolong jawab ya ka , hehe

Leave a Reply

%d bloggers like this: