Home / Catatan Harian / Jepang / Dapat Award Presentasi Oral Dikasih Amplop Yen, Alhamdulillah
award seminar di Jepang
12 Se

Dapat Award Presentasi Oral Dikasih Amplop Yen, Alhamdulillah

Setengah perjalanan sudah dilewati di Jepang ini, harusnya setengah lagi 3 publikasi ditangan. Tapi hasilnya nihil, baru sekertas penghargaan yang didapat. Tapi ya sudahlah, jalani saja dan disyukuri. Toh tidak semua orang bisa menuntut ilmu sampai ke negeri sakura.

Kali ini ingin sedikit berbagi cerita ketika pertama kalinya presentasi oral di sebuah seminar di Jepang sekaligus menjadi invited speaker atau pembicara tamu.

award seminar di Jepang

Nama seminarnya adalah APSTJ Global Education Seminar, seminar lokal di Jepang yang di sponsori oleh Academy of Pharmaceutical Science and Technology, Japan (APSTJ) yang dihelat 2 kali dalam setahun. Sejak 2004, baru tahun ini adalah tahun pertama digelar di pulau Kyushu, tepatnya di Kumamoto.

award seminar di Jepang

Tidak disangka pula mendapatkan sebuah Amplop yang isinya sejumlah yen sekitar 3500¥ atau 350 ribu rupiahan, kecil memang. Tapi, yang menjadi kebanggaan adalah sertifikat yang diberikan langsung oleh presiden APSTJnya.

award seminar di Jepang

Satu hal yang menarik yang mungkin bisa diterapkan kelak. Sebelum menuju presentasi ini, saya melakukan rehersal atau latihan presentasi dengan beberapa kali revisi slide. 4 kali presentasi di depan anggota lab yang tentunya bersama sensei. Ternyata presentasi dan publikasi itu tidak semudah yang dibayangkan, tidak hanya asal membawa SPPD, menempel poster, atau menyelesaikan presentasi oralnya dan kemudian jalan-jalan.

Tetapi esensi dari isi penelitian kita apa? mengerti kah orang yang membaca atau mendengar kelak? hasil penelitian kita wajarkah untuk di publikasikan?

Baca ini yuu :   Cara Dokter di Jepang Memberikan Antibiotik dan Antivirus

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

vakum

Cara, Syarat, Jadwal dan Harga Mengirim Barang Jumlah Besar dari Jepang Menggunakan Kontainer

Nazroel.id – Masa kepulangan ke Indonesia setelah tugas belajar atau bekerja di Jepang adalah masa …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: