X

Cara Daftar dan Menggunakan Fasilitas Scopus Apabila Berlangganan

Dari 3.151 Perguruan Tinggi di Indonesia hanya beberapa PT yang berlangganan full akses scopus. Untuk itu di postingan kali ini akan sedikit berbagi fasilitas apa saja yang diberikan oleh scopus apabila berlangganan full akses.

UPDATE : Strategi dan Tips Praktis Cara Publikasi Jurnal Internasional di Elsevier

Apa itu Scopus.com?

Merupakan website produk dari Elsivier yang menyediakan database puluhan juta literatur ilmiah di bidang Ilmu Hayati (life sciences), Ilmu Sosial (social sciences), Ilmu Fisik (physical sciences), dan Ilmu Kesehatan (health sciences).

Mengapa Scopus penting?

Scopus dijadikan dasar oleh QS Stars dalam menentukan ranking suatu universitas yang dilihat dapat melihat kualitas penelitian, peer review, artikel per fakultas dan sitasi per artikel.

Cara Registrasi di Scopus.com

Pastikan bahwa di suduk kanan atas statusnya berlangganan

Fasilitas apa saja di scopus.com?

Intinya di situs ini adalah situs pencarian database yang bisa di cari berdasarkan kata kuncinya. Kata kunci seperti di Proquest ataupun Ebsco dan situs lainnya yang dapat di cari berdasarkan judul, pengarang, tahun, topik, dan banyak lagi. Disini hanya diberikan contoh mencari berdasarkan Author/pengarangnya.

Fasilitas mencari dan download full artikel melalui scopus.com

Masukan kata kuncinya

Selain download bisa juga follow authornya

3 Fasilitas pendukung disediakan yaitu alert/notifikasi melalui email, save atau simpan artikel/pengarang di my list, dan atur profil pribadi

disini diberi contoh untuk mengaktifkan alert/notifikasi melalui email dengan pilihan topik, sebetulnya bisa juga berdasarkan author (follow author), atau melalui fasilitas pencari lainnya yang spesifik

Masukan kata kunci yang diinginkan

Bisa lebih spesifik pencariannya dengan memanfaatkan menu sorting list

Pilih set alert untuk topik yang dipilih semua artikel akan ada pemberitahuan melalui email

Setting email untuk alertnya

Apabila ingin disimpan di fitur mylist, silahkan pilih add to mylist di setiap pencarian dokumennya

Mengatur profil pribadi

Apa yang bisa dilakukan apabila tidak berlangganan?

Semua hal di atas hanya bisa dilakukan apabila berlangganan, artinya apabila tidak berlangganan tidak bisa daftar dan membuat akun seperti di atas, yang bisa dilakukan hanyalah melihat preview author dan tidak bisa melihat full artikel hanya judulnya saja, bahkan abstrak pun tidak bisa.

Tampilan tidak berlangganan, sama tapi semua button nya tidak aktif, bandingkan dengan screen shoot di atas

Apabila artikel nya ingin di indeks scopus bisa didaftarkan ke http://suggestor.step.scopus.com/suggestTitle/step1.cfm tentunya akan melalui tahap evaluasi. Cara mudah supaya terindeks di scopus adalah publikasi di jurnal yang sudah terindeks scopus.

nazroelwathoni: Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!
Related Post