Tips Mendapatkan Hibah Matching Fund Kedaireka

Nazroel.id – Dua kali mendapatkan hibah matching fund kedaireka di tahun peluncuran 2021 dan tahun kedua 2022 adalah pengalaman berharga yang bisa di share di tulisan kali ini, ditambah dengan beberapa komentar dari rekan pengusul baik yang ditolak maupun yang diterima.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam menyusun proposal hingga verifikasi kelayakan dan didanai.

Di tahun 2021, beberapa gelombang verifikasi kelayakan ada yang luring di Jakarta ada juga yang full online. Begitu pula tahun 2022 karena masih Pandemi COVID-19. Namun, di gelombang setelah bulan Juli semua dilakukan luring di bagi ke beberapa wilayah.

Intinya program kedaireka matching fund ini adalah menjawab permasalahan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) atau mitra yang disolusikan oleh Perguruan Tinggi (PT), solusi dari PT harus berbentuk produk siap pakai minimal TKT 6 bukan masih dalam tahap riset dasar, dengan menambahkan program Kampus Merdeka dalam pelaksanaan kegiatannya yang berimpact untuk masyarakat secara langsung dan melibatkan UMKM lebih diprioritaskan. Sebagai instrumen monitoring dan evaluasinya dikaitkan dengan 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.

Tahapan yang harus dilakukan sampai didanai sesuai dengan platform kedaireka, yakni

1. Proposal Terkirim

“Proposal Anda berhasil terkirim dan telah diterima oleh Tim Reviewer Matching Fund.”

Kalimat yang kita dapatkan ketika berhasil submit proposal. Yang wajib diperhatikan disini adalah gunakan template proposal.

Usahakan ikuti arahan, berapa jumlah kata atau halaman yang diminta sesuai sub bab nya. Tidak boleh kurang dan berlebih.

Baca ini yuu :   Kriteria Karya Seni atau Desain Monumental yang Diakui Kemenristekdikti 2017

Perbanyak ilistrasi gambar, buat semenarik dan se-simpel mungkin.

2. Proposal Dalam Proses Seleksi Administrasi

“Tim Reviewer Matching Fund sedang meninjau sisi administrasi proposal Anda.”

Seleksi administrasi merupakan tahap awal, pastikan semua terpenuhi sesuai pedoman kedaireka. Persyaratan-persyaratan minimal sebagai pengusul, mitra yang bekerjasama, usulan dana, identitas pengesahan adalah beberapa hal pokok dalam seleksi administrasi.

3. Proposal Dalam Proses Seleksi Substansi

“Tim Reviewer Matching Fund sedang meninjau sisi substansi proposal Anda.”

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi disinilah mulai harus kita perhatikan proposal harus berisi :

1. Ringkasan rekacipta (jawab atau ceklis sesuai pertanyaan di template)

Pastikan isian ringkasan sama dengan uraian dibawahnya. Nama rekacipta sama dengan judul usulan yang ringkas, padat, menarik. Tematik dan Ruang lingkup sesuaikan dengan judul. Dana usahakan sudah 1 : 1, walaupun diperbolehkan 3 : 1. Durasi waktu di tahun anggaran, biasanya 5-8 bulan.

2. Perumusan masalah dan urgensi rekacipta/inovasi (maksimal 1 halaman)

Bisa dikatakan ini bagian eksekutif summary, apa urgensi dan inovasi yang berbeda dari usulan-usulan lainnya, permasalahan apa yang akan disolusikan, bagaimana dampak klo kegiatan ini tidak dilakukan, seberapa banyak output/target yang akan dicapai, tampilkan 1 gambar seperti graphical abstract tapi tetap di 1 halaman.

3. Peta jalan pelaksanaan program (maksimal 3 halaman)

Road map sangat penting, pertajam background pengusul, apa yang telah dilakukan sebelum mengusulkan, jadi harus meyakinkan bahwa kegiatan ini pasti terlaksana dan bisa dikatakan melanjutkan yang sudah ada.

Perbanyak gambar ilustrasi dari 3 halaman ini yang membantu menjelaskan peta jalan pelaksanaan program.

4. Metode pelaksanaan program (maksimal 4 halaman)

Apa yang akan dilakukan selama 5-8 bulan harus dijelaskan dalam 4 halaman ini. Buat tabel atau perbanyak gambar ilustrasi.

Baca ini yuu :   Setelah 56 Tahun Akhirnya Farmasi Unpad Miliki Logo Sendiri

Aktivitas atau program kegiatan cukup 3-4 aktivitas utama, jangan terlalu banyak.

5. Sumber daya yang diperlukan

Mengisi tabel yang sesuai template dengan aktivitas sama dengan poin 4.

Tentukan aktivitas mana yang akan didanai mitra. Saran cukup sertakan in kind bila usulan dibawah 1 milyar, terkecuali usulan diatas 1 milyar.

Pastikan terperinci dan logis sesuai peraturan menteri keuangan nomor 60 tahun 2021.

6. Jadwal Kegiatan

Isi tabel jadwal kegiatan dari aktivitas diatas.

7. Profil mitra (maksimal 1 halaman)

Pastikan mitra punya website, media sosial, karena pengecekan awal biasanya melalui website.

Dalam 1 halaman ini jelaskan profil dan portofolio DUDI/mitra yang sesuai dengan usulan.

8. Luaran & target capaian

Ini adalah salah satu bagian terpenting, minimal lebih dari 2 IKU yang dilaksanakan, saran saya 3 IKU agar nilai maksimal.

9. Tim pelaksana

Bentuk tim pelaksana sesuai usulan.

4. Pasca-Verifikasi

“Tim Reviewer Matching Fund saat ini sedang melakukan review pasca-verifikasi kelayakan proposal Anda”

Dalam tahap ini cukup menegangkan, karena akan bertemu dengan 2 reviewer, 1 reviewer RAB, 1 moderator dari Kemdikbud.

Kita harus menyiapkan presentasi cukup 5 slides yang berisi

Slide 1 : judul, profil singkat pengusul, mitra, tampilkan roadmap pengusul terkait judul

Slide 2 : urgensi usulan, gambarkan eksekutif summary

Slide 3 : peta jalan produk/objek yang diusulkan

Slide 4 : target output dan capaian

Slide 5 : Rancangan Anggaran Biaya, tergambar dana dari DUDI/mitra, Dikti, dan PT

Banyak cerita dari rekan pengusul lainnya, dapat disimpulkan reviewer berbeda maka berbeda pula poin-poin pertanyaan yang akan dilayangkan.

First impression adalah hal yang bisa mempermudah verifikasi, presentasi yang baik, jelaskan 5 slide dalam 10 menit dan tersampaikan pesan intinya.

5. Proposal Direkomendasikan

“Tim Matching Fund saat ini sedang memproses pencairan dana.”

Baca ini yuu :   Dosen Bisa Gunakan Google Meeting untuk Presentasi Online dengan Mahasiswa

Hingga tahap ini tentunya telah keluar keputusan pemenang hibah yang biasanya diumumkan berdasarkan gelombang atau batch dan berurusan dengan dokumen pencairan keuangan.

Di tahun kedua ini, lebih terkoordinir dengan dikelola langsung oleh perwakilan Perguruan Tinggi yang ditunjuk, sebelumnya masing-masing pengusul harus mempersiapkan dokumen pencairan, padahal dokumen wajib ditandatangani oleh pimpinan Perguruan Tinggi.

6. Isi Formulir Laporan Kemajuan

“Mohon unduh format Laporan Kemajuan melalui tautan/tombol ini, kemudian isi dengan data yang valid dan unggah kembali.”

Tahun 2022, pencairan dilakukan 2x, sehingga diperlulan pengunggahan laporan kemajuan termasuk laporan keuangan.

7. Isi Formulir Laporan Akhir

“Ingin perbaiki Laporan Akhir Anda? Silakan unggah kembali melalui Laporan Kemajuan yang telah direvisi dengan klik tombol di bawah.”

Laporan akhir dan laporan keuangan wajib diunggah dengan melampirkan bukti soft copy melalui google drive.

Beberapa kegiatan kedaireka bisa dilihat di media sosial

https://instagram.com/farmasiinformatika

Bila memerlukan contoh proposal maupun yang lainnya bisa tuliskan email di kolom komentar.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Implementasi Kurikulum Berbasis Kampus Merdeka di Prodi Sarjana Farmasi

Nazroel.id – Suatu kehormatan bisa berbagi di forum resmi Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: