Advertisements
Home / Catatan Harian / Jepang / Cara, Syarat, Jadwal dan Harga Mengirim Barang Jumlah Besar dari Jepang Menggunakan Kontainer
vakum

Cara, Syarat, Jadwal dan Harga Mengirim Barang Jumlah Besar dari Jepang Menggunakan Kontainer

Nazroel.id – Masa kepulangan ke Indonesia setelah tugas belajar atau bekerja di Jepang adalah masa paling ditunggu-tunggu khususnya bagi karyasiswa yang baru saja merayakan kelulusannya.

Masalah yang sering muncul adalah bagaimana cara mengirim barang dalam jumlah dan ukuran besar dengan bebas bea cukai ke tanah air, selain membuang barang rumah tangga atau menurunkannya ke junior yang masih ada di negeri sakura.

Biasanya informasi lewat PPI daerah setempat, dan P Ruswan sebagai penghubung jasa pengiriman di seluruh Jepang.

Berikut adalah informasi terkait cara, syaray, harga, dan informasi pengiriman lainnya secara detil. Kata Kami berarti tim pengirim barang.

File terlampir Informasi No. 010918 tentang pendaftaran Anggota dan Penitip serta Informasi No. 080918 tentang tarif ongkos kirim dan jadwal. Kedua informasi ini berlaku untuk pengiriman barang-barang pindahan secara kolektif dengan kontainer periode SEPT / OKT 2018. Sedangkan informasi-informasi pada periode terdahulu dinyatakan tidak berlaku.

Sebelum mendaftar terlebih dahulu dipersilahkan membacanya dengan cermat. Kata kuncinya untuk kelancaran pengiriman barang-barang melalui jasa kontainer ini adalah komunikasi betul-betul efektif dan kerjasama yang baik diantara kita, dimana setiap email yang diterima direspon seketika dan hal-hal yang kurang jelas ditanyakan langsung kepada kami.

Teman-teman terdahulu pengguna jasa kontainer ini menyatakan rasa puas atas dapatnya diantar dan diterimanya barang-barang dalam keadaan utuh dan baik dirumah masing-masing.

Periode SEPT / OKT ini memprioritaskan bagi mahasiswa yang pulang antara JULI – DESEMBER 2018, utamanya bagi yang dapat melengkapi dokumen sebagaimana yang dimaksudkan butir 2.2 huruf (a s/d n) dalam Informasi No. 010918 untuk diposisikan sebagai Anggota dari satu group.

Sedangkan perserta riset, Professor tamu, trainees, perawat/kaigoshi, pekerja, Ibu rumah tangga dsb yang tidak memenuhi syarat didaftar sebagai Anggota atau hanya bisa didaftar sebagai Penitip keikutsertaanya akan dilakukan secara selektif, dalam artian tidak setiap pendaftar dengan serta merta bisa diikutsertakan.

Selain itu Penitip yang bisa ikutserta pada periode ini adalah yang berencana pulang ke Indonesia antar JULI – DESEMBER 2018. Bagi yang pulang pada JANUARI – JUNI 2019 atau lebih lambat lagi sebaiknya ikutserta pada periode MARET / APRIL 2019.

Peserta yang pernah mengirim barang-barangnya sebagai Penitip pada periode lalu tentunya pada periode ini tidak bisa diikutsertakan lagi sebagai Penitip hanya bisa sebagai Anggota kecuali ada alasan tertentu.

Pembentukan group termasuk menentukan Anggota dan beberapa Penitip dilakukan pihak kami berdasarkan data pendaftaran ybs. Seorang diantara Penitip diminta kesediaanya berperan serta sebagai Penghubung (contact person), utamanya yang terhitung mulai OKTOBER 2018 masih tinggal beberapa bulan lagi di Jepang.

Khususnya disatu tempat/perusahaan atau satu kota terdapat banyak trainess sangat perlu dibentuk Tim Penghubung.

Peran serta Anggota :

– Menyiapkan dokumen sebagaimana yang dimaksudkan butir 2.2. huruf (a s/d n) dalam Informasi No. 010918.

– Melegalisasi daftar F-I beserta Cover Letternya di KBRI Tokyo/KJRI Osaka.

– Mengirim dokumen ke Kobe dan Jakarta.

– Mengirim paspor aslinya setelah tiba di Indonesia kepada kami di Jakarta.

Peran serta Penghubung :

– Manakala kami kesulitan menghubungi Anggota/Penitip diharapkan bantuan Penghubung untuk menyampaikan informasi kepada Anggota/Penitip tsb.

Baca ini yuu :   Video Dashyatnya Gempa dan Tsunami Fukushima 7.4 SR pada 22 November 2016

– Mengumpulkan ongkos kirim barang-barang Anggota/Penitip untuk kemudian ditransfer ke rekening kami.

Walaupun masa pendaftaran berlangsung dari Awal Juni – akhir Juli 2018, namun diharapkan agar para peserta mengirim data pendaftaran via email langsung kepada kami dalam pekan ini sbb :

a. Nama lengkap sesuai paspor (harus dicantumkan Mr atau Mrs atau Miss) :

b. Nomor paspor dan sebutkan paspor Dinas (Biru) atau Paspor Biasa (Hijau) serta tanggal berapa dikeluarkan dan hingga tanggal berapa masa berlakunya :

c. Tanggal pertama kali tiba di Jepang (stay permit) :

d. Tanggal rencana meninggalkan Jepang / masuk ke Indonesia :

e. Alamat lengkap/tel/fax dan Hp di Jepang :

Cantumkan pula nomor telpon Universitas atau kantor sebagai nomor telpon alternatif.

f. Alamat lengkap di Indonesia :

1. Alamat lengkap sesuai dengan KTP :

2. Alamat lengkap tujuan barang-barang cantumkan pula no. Telfon fixed line dan ponsel serta nama penerima barang (diterima sendiri atau ayahanda/ibunda atau kakak/adik atau lainnya ? ) :

Penulisan alamat dan nomor telpon serta hp tsb harus dicek betul-betul jangan sampai keliru. Rumah dialamat ini harus berpenghuni tidak boleh kosong atau paling tidak ada orang untuk menerima barang-barang ketika pengiriman barang-barang dilakukan pada pekan pertama – ketiga NOVEMBER (bisa lebih cepat bisa juga lebih lambat). Begitu pula nomor telpon dan hp harus aktif, jangan mengunakan nomor telpon/hp yang sudah diputus atau diblokir.

Pengiriman barang-barang dari gudang Jakarta ke rumah Pemilik informasinya lebih sering menggunakan sms.

Bagi yang belum melengkapi alamat dengan nomor hp diharapkan segera melengkapinya setelah tiba di Indonesia melalui sms ke No.0856-725-0065.

Apabila Pemilik barang masih berada di Jepang atau tidak memungkinkan barang-barang diterima oleh Pemiliknya sendiri, harap sebutkan nama yang akan menerima barang-barang dan nomor telponnya serta hubungan keluarga sebagai apa ?

Penulisan alamat perlu dilengkapi dengan tanda-tanda (check point) yang mudah dikenal untuk menuju ke alamat tsb. Misalnya, didekat rumah ada kantor/gedung apa atau masuk dari jalan apa lalu menuju ke arah mana. Bahkan bila perlu dicantumkan petanya.

g. Nomor telpon dan hp alternative di Indonesia :

(Boleh nomor telpon kantor, keluarga/saudara, atau tetangga/teman yang mudah dihubungi setiap saat).

h. Alamat e-mail tetap dan alternative serta id line :

Mengingat informasi-informasi yang disampaikan redaksionalnya cukup panjang, maka harus dicantumkan domain email yang kapasitas memorinya besar jangan alamat email hp. Alamat email hp dipergunakan untuk info-info singkat yang urgent sifatnya.

i. Tanggal berapa rencana :

1. Sidang atau Gaikkui Shinsa atau Defence :

2. Penerimaan ijazah atau Wisuda :

j. Nama Instansi/Universitas/Rumah sakit/kantor/PT tempat kerja di Indonesia cantumkan pula no. Telfon fixed line dengan ext. Nya serta nama Direktorat/Fakultas/Divisi/Bagian :

k. Nama Universitas atau Kantor/Instansi atau Perusahaan di Jepang :

l. Apakah dewasa ini atau pada beberapa waktu yang lalu tinggal di Jepang pernah bersama keluarga atau sendiri saja ? :

Sebutkan pula : Nama lengkap Isteri/Suami dan Putra Putri, nomor paspor Isteri/Suami dan Putra Putri, tgl pertama kali tiba di Jepang dan tgl rencana meninggalkan Jepang Isteri/Suami dan Putra Putri. Sekalipun keluarga sudah lama meninggalkan Jepang baik bulan ini maupun beberapa bulan/tahun lalu, namun tetap data-datanya perlu dicantumkan.

m. Apakah ada rencana kembali lagi ke Jepang untuk melanjutkan studi ? :

Baca ini yuu :   Paper Kedua Segera Meluncur, Speed Untuk Lulus Mulai Meningkat

n. Apakah menjelang wisuda ada rencana liburan ke Indonesia ?

Sebutkan pula rencananya dari tanggal berapa hingga tanggal berapa ?

o. Dikarenakan menjelang pulang ke Indonesia harus keluar asrama atau pindah apato, apakah barang-barang mau dikirim atau masuk gudang lebih dini ? kapan ?

p. Status keberadaan di Jepang ; Sebagai Professor Tamu atau Karyasiswa atau Periset atau Mahasiswa atau Postdoct atau Trainee atau Pekerja atau Ibu Rumah Tangga atau yang lainnya ?

q. Perkiraan kasar (estimasi) kubikasi barang-barang :

Estimasi kubikasi barang-barang jangan sampai meleset terlalu jauh. Sekedar bahan pembanding karton berukuran 50x50x40 cm kubikasinya 0,1 m3, kalau jumlah barang-barang ada 1 m3 maka terdiri dari 10 karton yang berukuran sebesar itu. Kubikasi kulkas sekitar 0,4 – 0,6 m3, kubikasi mesin cuci sekitar 0,2 – 0,4 m3, elektone 0,3 – 0,8 m3, sepeda 0,2 – 0,4 m3.

r. Alat-alat musik dan elektronik besar apa saja yang akan dikirim dan perlu dijelaskan jumlahnya masing-masing, apakah diantaranya ada komputer atau laptop, ada berapa buah ?

s. Apakah mengirim sepeda, ada berapa unit ?

Sebutkan pula Jenisnya apakah folding atau gunung atau biasa atau lainnya ?

t. Apakah sanggup mengikuti jadwal sebagaimana yang tercantum pada Informasi No. 080918 dan bersedia merespon seketika setiap email kami yg diterima ?

Perlu kiranya diketahui, keterlambatan mendaftar tidak tertutup kemungkinan hangusnya kesempatan untuk ikutserta pada periode SEPT – OKT 2018. Hal itu dapat terjadi manakala data pendaftaran masuk ternyata kontainer sudah penuh.

Perlu pula menjadi perhatian, alamat di Indonesia yang dimaksudkan adalah alamat tujuan pengiriman barang-barang. Penulisan alamat serta nomor telpon & hp harus lengkap dan jelas, jangan mempergunakan alamat rumah yang tidak berpenghuni atau kosong. Begitu pula tidak boleh mencantumkan nomor telpon & hp yang belum terpasang atau diblokir, cantumkanlah nomor telpon & hp yang benar dan masih aktif setiap saat mudah dihubungi.

Penyampaian informasi tentang pengiriman barang-barang dari gudang Jakarta ke rumah Pemilik di Indonesia akan lebih sering menggunakan sms. Bagi yang belum melengkapi alamat dengan nomor telpon/hp boleh diinformasikan setelah tiba di Indonesia paling lambat pertengahan OKTOBER.

CATATAN :

1). Semua peserta harus mendaftar dengan mengirim data pendaftaran yang lengkap kepada kami. Tidak dibenarkan adanya “Penitip Semu”.

Penitip Semu adalah seseorang secara diam-diam menitipkan barang-barang pada seorang Anggota atau Penitip tanpa menyampaikan data pendaftaran yang lengkap kepada kami. Penitip Semu ini sering kali menimbulkan masalah manakala kartonnya dibuka untuk diperiksa Bea Cukai. Oleh karena itu tidak akan pernah diperkenankan adanya Penitip Semu menggunakan jasa kontainer ini. Kami tidak akan melayani pengiriman barang-barang Penitip Semu ke rumahnya di Indonesia.

2). Data pendaftaran harus diisi dengan data-data pemilik barang ybs, tidak boleh mengatasnamakan teman atau orang lain.

3). Data pendaftaran atau formulir isian ini diisi dengan baik, rapih dan lengkap.

Apabila pada F-I & F-II tiba-tiba muncul alat-alat elektronik/musik padahal tidak tercantum pada data pendaftaran atau jumlahnya bertambah tanpa menginfokan terlebih dahulu, maka kemungkinan besar alat-alat tsb akan ditolak.

4). Alamat tujuan pengiriman barang-barang di Indonesia :

4.1. Perubahan alamat tujuan pengiriman barang-barang di Indonesia dapat ditolerir hingga pertengahan OKTOBER.

Baca ini yuu :   Indahnya Kebersamaan Antar Benua Ketika Rayakan Idul Fitri di Jepang

4.2. Perubahan alamat secara tiba-tiba apalagi pada hari H pemberangkatan barang-barang dari gudang Jakarta ke alamat tsb sama sekali tidak dapat ditolerir.

4.3. Barang-barang akan diantar ke alamat sesuai catatan yang ada pada kami berdasarkan data pendaftaran baik yang mengalami perubahan maupun yang tidak berubah pada pekan pertama – ketiga NOVEMBER (bisa lebih cepat bisa juga lebih lambat). Apabila pada hari H ternyata penulisan alamat keliru atau tidak cocok dengan catatan kami dan barang-barang sudah menuju ke alamat tsb, maka segala resikonya menjadi beban Pemilik ybs.

4.4. Barang-barang akan diantar sampai ke rumah Pemilik baik dalam Jabodetabek maupun luar daerah dan luar Pulau Jawa asalkan alamat berada dilokasi yang dapat dicapai oleh truk. Khususnya barang-barang ke Manado, Banjarmasin, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Tarakan, Banjarbaru dsb juga dapat diantar kerumah yang bersangkutan, kecuali alamat berada diluar kota perlu dijemput sendiri dikantor agen atau terkena tambahan ongkos. Jika alamat berada di pelosok dan digang yang kecil yang sulit dicapai truk, dalam hal ini barang-barang harus dijemput oleh pemilik/penerima ybs ditempat/dijalan raya dimana truk berhenti.

4.5. Pada waktu barang-barang diantar ke rumah di Indonesia manakala pemiliknya masih berada di Jepang atau negeri lainnya, kami berharap pada keluarga yang menerima barang-barang nanti agar disampaikan hal-hal :

– Mulai hari ini sudah boleh diberitahukan akan ada pengiriman barang-barang dari Jepang melalui jasa kontainer yang kami kelola. Beritahukan pula nama kami serta nomor telpon 021- 2280-5938 dan hp 0856-725-0065 (WA)

– Pada pekan ketiga/keempat OKTOBER diingatkan lagi, bahwa pada pekan Pertama – ketiga NOVEMBER barang-barang akan dikirim/diantar kerumah keluarga tsb. Tepatnya tanggal berapa pengiriman dilakukan akan diinformasikan melalui sms 1 – 2 hari sebelum hari H. Setiap sms dari kami perlu segera dijawabnya.

– Pada waktu kami menghubunginya jangan pernah terkesan negatif atau terkesan tidak tahu adanya pengiriman barang-barang tsb.

5). Kami tidak menyediakan karton. Karton-karton disediakan sendiri oleh Anggota/Penitip ybs. Boleh menggunakan karton baru atau bekas yang kondisinya masih cukup bagus/kokoh dan tidak terlalu tipis. Bagi karton-karton yang tipis harus digunakan 2 lapis. Usahakan ukuran-ukuran karton sama atau seragam, kecuali kulkas, mesin cuci, tv, komputer, mini compo dsb. Ukuran-ukuran karton jangan terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil, usahakan yang berukuran sekitar 50 x 50 x 40 cm = 0,1 m3 atau yang mendekati ukuran ini dan setelah diisi barang-barang beratnya kurang lebih 30 kg.

Informasi ini boleh juga disampaikan kepada teman-teman yang memerlukannya terutama bagi yang berencana pulang dan akan mengirim barang-barang ke Indonesia periode SEPT / OKT 2018.

download formulir/informasi no 010918 dan no 080918

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Boneka Stitch, Saksi Bisu yang Setia Menemani Akhirnya Harus Dibuang!

Nazroel.id – Tinggal hitungan hari saya akan meninggalkan negeri sakura. Menjadi hal biasa apartemen yang …

Leave a Reply

%d bloggers like this: