Advertisements
Home / Catatan Harian / Mailing Time / Saya Ingin Publikasi di Jurnal Terindex Scopus, Bagaimana Caranya?

Saya Ingin Publikasi di Jurnal Terindex Scopus, Bagaimana Caranya?

Nazroel.id – Mailing Time. Mendapat tugas Item Review OSCE di Hotel Santika, Slipi-Jakarta membuat diri harus hadir dan menjaga stamina hingga larut malam. Diluar tugas ini ternyata ada seorang pembaca setia blog ini yang ingin bertanya.

Assalamu’alaikum pak Nasrul …….

Mhn izin memperkenalkan diri, saya W****, dari *** NGANJUK, JAWA TIMUR (Jurusan Teknik Industri).
Sehubungan dengan usaha saya untuk belajar publish artikel ke jurnal yg terindex SCOPUS, apakah Bapak berkenan jika saya konsultasi terkait dgn :

1. Teknik/cara memperoleh sample artikel pada jurnal yg terindex SCOPUS (tujuan saya untuk mendapatkan template nya). Saat ini sy baru bisa memperoleh template dari Journal of Engineering and Technological Sciences (ITB), dgn cara yg tdk sy sengaja pula. Setelah mau sy praktekkan pd jurnal lainnya, saya lupa bgmn bisa memperolehnya & bingung juga.

Jawab : Template artikel diperoleh biasanya di Author Guidelines. Memperoleh sampel? Di download sj di archive. Masuk scimagojr.com pilih area bidang untuk menemukan jurnal terindeks scopus yang sesuai. Jangan terpaku oleh jurnal scopus asal indonesia.

2. Bgmn cara memastikan jurnal yg saya bidik terindex SCOPUS ?
Saya sdh mendownload file metric berbentuk excel dari SCOPUS. Tapi sy msh bingung menerjemahkan data2 dari filenya (Bgmn caranya menerjemahkan datanya ???)

Jawab : Pastikan di scimagojr.com untuk menterjemahkan excel cukup diliat nama jurnal.

Pelajari link ini : https://nazroel.id/2017/12/02/panduan-akses-dan-memilih-jurnal-internasional-bereputasi-terindeks-doaj-scopus-thomson-elsevier-springer-dll/

3. Bgmn bisa mengetahui misi dan tujuan jurnal ?? Dari jurnal ITB tsb, sy belum bisa memperoleh misi dan tujuan jurnal, yg sy peroleh baru study area, submissions, author guidelines, author fees, privacy statement.

Jawab : misi dan tujuan? Yang penting dalam sebuah jurnal adalah apa yang disebutkan tsb.

Demikian, pertanyaan dari saya.
Mhn kiranya agar Bpk sudi merespons jika sdh longgar, dgn memberikan link yg sekiranya bisa menjawab pertanyaan saya (memberikan pencerahan).

Bila ada pertanyaan lagi silahkan tulis di komentar di bawah ya

Baca ini yuu :   Benarkah Aturan Baru Dikti "Dosen dan Profesor Tak Diwajibkan Publikasi di Scopus"
Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

PowerPoint Presentation 2017-06-19 15-27-48

Sharing Slide Presentasi “How to Write an Academic Journal” dari Ibham Veza

Nazroel.id – Mailing time kali ini sungguh luar biasa karena mendapatkan surat elektronik (e-mail) dari …

Leave a Reply

%d bloggers like this: