Advertisements
Home / ilmiah / Panduan Akses dan Memilih Jurnal Internasional Bereputasi (Terindeks DOAJ, Scopus, Thomson, Elsevier, Springer, dll)

Panduan Akses dan Memilih Jurnal Internasional Bereputasi (Terindeks DOAJ, Scopus, Thomson, Elsevier, Springer, dll)

Nazroel.id – Bagi seorang pemula yang ingin mempublikasikan artikel ilmiah ke dalam jurnal internasional tentunya perlu hal-hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum artikelnya disubmit. Jangan sampai artikel yang kita siapkan malah terpublikasi di jurnal internasional predator, atau jurnal abal-abal yang tidak menjunjung tinggi sisi ilmiahnya. Oleh karenanya, kita harus bisa memilih jurnal internasional mana yang bereputasi dan bagaimana cara aksesnya.

Jurnal bereputasi itu pastinya telah terindeks dalam mesin pencari atau databse seperti DOAJ, Scopus, Thomson, Elsevier, SAGE, OXFORD, dan lain sebagainya.

Berikut adalah materi yang dibawakan oleh Yoris Adi Maretta, Associate Editor DOAJ, pada “Seminar dan Lokakarya Penulisan Artikel dan Akses Jurnal Internasional yang Terindeks Scopus, Thomson, DOAJ bagi Pimpinan dan Dosen PPs UNJ”

Kegiatan ini dilalukan pada Hari, Tanggal : Senin, 25 Mei 2015 @ Ruang Sidang Gedung Perpustakaan
Lantai 1 UNJ.

Masih relevan dalam keadaan saat ini, hanya list jurnal dan publisher predator dari Jeffrey Beall sudah tidak bisa diakses lagi.

Menurut beliau, Apa yang harus dicari dan dibaca sebelum submit artikel untuk mempublikasikan draft manuskript kita ke jurnal internasional bereputasi adalah sebagai berikut :

• SJR (SCImago Journal Rank) atau Impact Factor (Thomson Reuters)
• Aims and scope
• Guide for Author/Intruction fo Author
• Download free sample artikel
• Memperbaiki artikel sesuai petunjuk penulisan & sampel artikel

Berikut adalah materi selengkapnya :

Advertisements
Baca ini yuu :   Penemuan X-Ray Kristalografi Berawal dari Perdebatan Sinar Elektromagnetik

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

scopus

Tidak Semua Jurnal Internasional Terindeks Scopus Bisa Bereputasi dan Diakui Ristekdikti

Nazroel.id – Jurnal internasional yang terindeks Scopus memang menjadi acuan Ristekdikti untuk kenaikan pangkat Lektor …

Leave a Reply

%d bloggers like this: