jeffrey beall

Tidak Semua Jurnal Ada di Beall’s List adalah Predator, Metode Indeksasi Scopus Bisa Membuktikannya

nazroel.id – Bulan Januari 2017 menjadi akhir keberadaan daftar jurnal dan publisher predator dari Jefrey Beall atau dikenal dengan Beall’s list (baca disini). Walapun beberapa bulan kemudian muncul situs lainnya yang mengamankan data-data dari Beall’s list (baca disini).

Saya pribadi, sebelumnya mendewakan Beall’s list, termasuk di dalam tulisan buku perdana. Ternyata, tIdak semua jurnal atau publisher yang masuk ke list Beall termasuk predator, alasan itu pula menjadikan DIKTI untuk merujuk ke indeksasi Scopus dalam mengakui apakah jurnal itu bereputasi atau tidak. Ditandai dengan adanya situs SINTA yang merujuk ke database Scopus (baca disini).

Sebagai contoh, Journal of Applied Pharmaceutical Sciences (JAPS) termasuk dalam Beall’s list

Cara untuk mengetahui jurnal tersebut predator tidaknya bisa dilihat dari bereputasi atau tidaknya dengan 2 cara yakni indeksasi scopus melalui situs

  1. https://journalmetrics.scopus.com/
  2. http://www.scimagojr.com/

Hasil pencarian disitus https://journalmetrics.scopus.com/ dengan memasukan nama jurnal tsb adalah

Tertulis hingga sekarang “present” masih terindeks scopus. Jika tidak terindeks lagi akan tertulis “discontinue” atau sudah hilang dari database scopus. Untuk mengetahui level quartile jurnal bisa melihat melalui situs scimagojr.com

Jelas sudah bahwa jurnal JAPS merupakan jurnal bereputasi level Q2-Q3.

Metode ini bisa diterapkan untuk jurnal-jurnal lainnya yang dianggap sebagai predator. Jadi, janganlah menelan bulat-bulat daftar dari Jefrey Beall, tidak semua jurnal dalam daftar tersebut adalah predator.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Per Maret 2023, 82 Jurnal Dikeluarkan dari Web of Science (WoS), 15 Termasuk dari Hindawi

Nazroel.id – Impact Factor (IF) yang dikeluarkan oleh Web of Science (WoS) Group dibatalkan untuk …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.