Advertisements
Home / ilmiah / Kemenristekdikti Luncurkan Buku Pedoman Publikasi Ilmiah

Kemenristekdikti Luncurkan Buku Pedoman Publikasi Ilmiah

Nazroel.id – Pada 20 Juli 2017, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan ‘Buku Pedoman Publikasi Ilmiah’ yang menjadi buki acuan bagi para dosen dan peneliti di Indonesia untuk mempublikasikan karya ilmiahnya.

Berikut kutipan sambutan dari Muhammad Dimyati, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembanga

Saya menyambut baik terbitnya Buku Panduan Publikasi Ilmiah oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual agar dapat dijadikan acuan oleh dosen dan peneliti di Indonesia guna lebih mengenal jenis publikasi, proses publikasi dan strategi yang harus dipersiapkan sehingga naskahnya dapat diterima sesuai dengan kaidah dan aturan dari setiap jenis publikasi.

Hal yang paling penting dari publikasi ilmiah adalah mengenalkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dan akademisi Indonesia ke dunia internasional sehingga memperoleh pengakuan melalui banyaknya sitasi atas publikasi yang dihasilkan yang selanjutnya berdampak pada peningkatan kinerja lembaga maupun negara dalam hal penelitian.

Begitu pula Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Sadjuga memberikan kata pengantar dalam buku pedoman ini

Buku pedoman ini merupakan salah satu upaya agar dosen dan peneliti dapat
menghasilkan publikasi sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan dan dapat
meningkatkan kuantitas dan mutu publikasi.

Oleh karena itu, kami mengucapkan terima
kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada semua penulis dan tim yang terlibat
dalam penyusunan pedoman ini sehingga dapat digunakan dan disosialisasikan. Buku
ini masih terus akan dikembangkan sesuai dengan tuntutan dan perkembangan.

Buku ini disusun karena banyak pertanyaan dari peneliti: kemana memublikasikan temuan penelitiannya, bagaimana memilih wadah publikasi yang baik, bagaimana cara mengirimkan dan prosedur untuk setiap jenis publikasi.

Baca ini yuu :   Alasan Profesor di Jepang Pada Umumnya Banyak Memiliki Publikasi Internasional

Banyak yang sudah telanjur menerbitkan dan menjadi korban jurnal “predator” dan penyelenggaraan konferensi abal-abal yang berdampak pada tidak diakuinya karya yang diterbitkan oleh tim penilai angka kredit jenjan jabatan
fungsional baik dosen maupun peneliti.

Berdasarkan hal tersebut, maka perlu disusun suatu pedoman publikasi ilmiah yang akan menuntun dosen dan peneliti
memublikasikan hasil penelitian sesuai dengan kriteria yang ditetapkan sehingga tidak terjebak bahkan salah memilih wadah publikasi.

Buku ini disusun menjadi 11 bab dengan tujuan setiap bab sebagai berikut.
1. Bab 1 mengenal kebijakan publikasi ilmiah sesuai dengan peraturan terkini dan pengumpulan data serta pemetaan publikasi melalui SINTA (Science and Technology Index).
2. Bab 2 menjelaskan kriteria dan klasifikasi publikasi di jurnal ilmiah, menilai mutu jurnal yang baik dan mengenali jurnal “predator”, bagaimana mencari jurnal yang sesuai dengan kriteria.
3. Bab 3 memberikan pemahaman proses publikasi serta panduan penulisan secara umum yang dapat dijadikan panduan untuk menyiapkan naskah sebelum dikirim ke suatu jurnal serta insentif penulisan artikel yang diberikan oleh Kemenristekdikti.
4. Bab 4 memaparkan klasifikasi dan kriteria konferensi, penyiapan naskah untuk prosiding ilmiah, presentasi oral dan poster, bantuan untuk pembiayaan seminar di luar negeri, serta penyelenggaraan konferensi di Indonesia yang ditawarkan oleh Kemenristekdikti.
5. Bab 5 menjelaskan kriteria dan klasifikasi buku, persiapan dan sistematika penyusunan buku, proses penerbitan buku, pendampingan penyusunan buku, dan insentif buku terbit yang yang diberikan oleh Kemenristekdikti.
6. Bab 6 mengenalkan sumber referensi ilmiah, strategi dan teknik penelusuran referensi khususnya yang dilanggan oleh Kemenristekdikti
7. Bab 7 mengenalkan dan memberikan pemahaman terkait pengelolaan referensi, mengutip dan menyusun daftar referensi secara otomatis menggunakan aplikasireferensi Mendeley, yang memudahkan penulis dalam menyiapkan publikasi ilmiah sehingga dapat dipertanggungjawabkan.
8. Bab 8 membahas segi kebahasaan dalam publikasi ilmiah, baik yang menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, serta diperkenalkan tool Grammarly guna mengecek kesalahan penggunaan tata bahasa Inggris.
9. Bab 9 membahas etika publikasi, etika dalam kepengarangan, plagiarisme dan pencegahannya, disertai pengenalan beberapa tool untuk melihat kemiripan naskah suatu tulisan dengan tulisan lain sebelum dikirim untuk dipublikasikan.
10. Bab 10 membahas identitas unik serta pengukuran kinerja penulis yang harus
dimiliki oleh peneliti sehingga memudahkan penyebaran dan melihat dampak atas publikasi yang dihasilkan. Identitas unik yang diberikan dalam bab ini ialah bagaimana membuat ORCID ID untuk digunakan sebagai pengenal unik dalam mendaftarkan penulisan ke setiap penerbit dan bagaimana membuat akun di Google Scholar dan SINTA guna mengukur kinerja publikasi.
11. Bab 11 membahas bagaimana upaya mempromosikan publikasi yang dimiliki melalui jaringan sosial media yang saat ini berkembang, seperti, ResearchGate. Net, Academia. Edu, dan media sosial lainnya, sehingga dapat meningkatkan jumlah sitasi atas publikasi yang dihasilkan.

Baca ini yuu :   Arti Quartile Q1 Q2 Q3 Q4 dalam Perangkingan Jurnal Internasional Bereputasi

Materi yang digunakan dalam penyiapan buku ini sebagian diperoleh dari makalah yang disampaikan dalam berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh Direktrorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti yang kemudian disusun secara sistematis, sehingga para dosen dan peneliti yang tidak berkesempatan mengikuti pelatihan dapat membaca buku ini dan menerapkannya sewaktu menyiapkan publikasi ilmiah.

Buku ini ini berisi pedoman publikasi ilmiah secara umum, untuk panduan lebih spesifik bisa diperoleh melalui penerbit tempat naskah akan diterbitkan.

Buku ini merupakan edisi pertama yang akan terus diperbarui sesuai dengan perkembangan gaya publikasi beserta tool yang dapat memudahkan penulis mempublikasikan karyanya.

Selengkapnya Download Buku Pedoman Publikasi Ilmiah 2017

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Inilah Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional Periode I Tahun 2018

nazroel.id – Bahwa berdasarkan hasil akreditasi jurnal ilmiah yang ditetapkan oleh Tim Akreditasi Jurnal Ilmiah Kementerian …

Leave a Reply

%d bloggers like this: