Advertisements
Home / ilmiah / Cara Memperbaiki Profil Afiliasi, Nama Author, dan Publikasi di Scopus
scopus

Cara Memperbaiki Profil Afiliasi, Nama Author, dan Publikasi di Scopus

Nazroel.id – Scopus kini terus berbenah dan memberikan pelayanan terbaiknya kepada para penulis (author) yang publikasi ilmiahnya terindeks di scopus. Hal ini dialami secara langsung oleh saya ketika ingin merubah profil afiliasi yang secara otomatis mengikuti afiliasi di publikasi terakhirnya.

Permasalahannya adalah afiliasi saat ini tertulis berasal dari Kumamoto University dimana merupakan afiliasi pertama yang tertulis di publikasi terakhirnya. Sedangkan afiliasi kedua dari Universitas Padjadjaran tidak terekam secara otomatis.

Ada 2 cara untuk mengubah atau memperbaiki nama, afiliasi maupun publikasi di jurnal internasional yang tidak termasuk kedalam profil penulis. Ini biasanya disebabkan karena penulisan nama maupun afiliasinya tidak sama atau seragam disetiap publikasi ilmiah. Sehingga, sistem di scopus tidak mengenalinya sebagai satu profil penulis.

Cara pertama dengan menggunakan fasilitas author feedback, sebuah sistem yang bisa digunakan oleh para penulis untuk mengatur profilnya.

Caranya mudah dengan mengikuti link berikut ini

https://www.scopus.com/feedback/author/home.uri#/ sebelumnya menggunakan link http://www.scopusfeedback.com/

Lengkapnya bisa mengikuti panduan berikut ini (Sumber panduan : http://www.medf.kg.ac.rs/)

Saya pribadi menggunakan sinkronisasi dengan orcid melalui link

http://orcid.scopusfeedback.com

Syaratnya harus memiliki akun di orcid (baca : Asyiknya Punya Barkode Identitas Peneliti dari ORCID iD)

scopus

Disini kebetulan semua dokumen saya sudah menyatu (merge) dalam satu author, tidak seperti contoh di panduan sebelumnya. Sehingga tidak bisa memilih profil afiliasi di publikasi/jurnal internasional mana yang akan digunakan.

Beruntung saat ini scopus memiliki fasilitas contact us (e-mail) dan live chat, disarankan untuk menggunakan fasilitas live chat karena akan langsung ditangani. Ini merupakan cara kedua sekaligus cara terakhir apabila fasilitas author feedback tidak bisa digunakan.

scopus

Lihat bagian bawah dari situs.com dan klik live chat.

Baca ini yuu :   Daftar Lengkap Jurnal Terindeks Scopus dan yang Dikeluarkan Scopus Tahun 2018

live chat

Silahkan chat secara langsung dan utarakan apa permasalahan yang ada. Dalam hal ini pihak scopus akan memperbaiki afiliasi saya menjadi Universitas Padjadjaran dalam 2 minggu kedepan.

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Inilah Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional Periode I Tahun 2018

nazroel.id – Bahwa berdasarkan hasil akreditasi jurnal ilmiah yang ditetapkan oleh Tim Akreditasi Jurnal Ilmiah Kementerian …

Leave a Reply

%d bloggers like this: