Advertisements
Home / ilmiah / Tips Membuat Presentasi Hasil Penelitian dengan Mudah Dimengerti dan Tepat Waktu

Tips Membuat Presentasi Hasil Penelitian dengan Mudah Dimengerti dan Tepat Waktu

Nazroel.id – Pernahkah mendengarkan seseorang mempresentasikan hasil penelitiannya sulit untuk dimengerti oleh pendengarnya? Ditambah presenter tidak bisa menyelesaikan slide presentasi powerpoint-nya sesuai waktu yang telah disediakan, atau bahkan lebih cepat dari yang disediakan.

Tulisan kali ini sekedar berbagi pengalaman pribadi dalam menyiapkan presentasi berbahasa inggris untuk sidang terbuka program doktor atau PhD Defense di Kumamoto, Jepang yang akan dilaksanakan minggu depan.

Pada dasarnya tujuan presentasi yang utama adalah menyampaikan informasi agar dimengerti oleh pendengarnya dalam batasan waktu yang disediakan. Oleh karenanya, berikut adalah langkah awal yang harus diketahui sebelum membuat file presentasinya.

1. Kenali siapa target pendengarnya

Paling tidak kenali tingkat pendidikan dan kemampuan mencerna bahasa yang kita sampaikan. Sebagai contoh, apakah pendahuluan atau latar belakang perlu dijelaskan sedetil mungkin atau hanya kulitnya saja? apakah metode penelitian familier atau tidak? Jika tidak familier maka kita harus mencoba menjelaskannya.

Kemampuan bahasa juga berpengaruh terutama pada teknik penyampaian nantinya. Tidak semua lancar mengerti bahasa inggris membuat kita harus melakukan presentasi dengan kecepatan berbicara lebih lambat.

2. Pengumpulan bahan presentasi dan alur cerita

Kumpulkan bahan-bahan yang akan dipresentasikan. Karena saya sebelumnya telah melakukan beberapa kali seminar terkait penelitiannya, maka semua slide yang akan dipresentasikan dikumpulkan.

Baca ini yuu :   Konsep Baru Mudah Membuat Poster dengan Powerpoint Per-Slide Untuk Seminar Ilmiah

Karena merupakan kombinasi dari beberapa hasil penelitian, tentunya diperlukan sebuah koneksi cerita atau benang merah yang bisa saling tersambung. Beberapa hasil penelitian bisa saja tidak ditampilkan karena tidak berkolerasi antara satu hasil penelitian dengan penelitian lainnya.

3. Berapa waktu yang disediakan

Penting untuk diketahui berapa waktu yang disediakan, menghormati dan menghargai waktu yang disediakan adalah salah satu poin disiplin. Waktu presentasi yang tepat mencerminkan kedisiplinan dari seorang presenter.

Waktu akan sangat mempengaruhi berapa jumlah slide termasuk kecepatan berbicara dari presenternya.

Tips Membuat Presentasi Hasil Penelitian dengan Mudah Dimengerti dan Tepat Waktu

Hingga saat ini total 6 kali latihan digelar untuk persiapan menghadapi PhD Defense minggu depan, tinggal dibutuhkan 1 kali lagi rehearsal atau gladi di tempat sidang terbukanya. Berikut adalah beberapa poin dalam membuat presentasi hasil penelitian yang mudah dimengerti dan tepat waktu dalam menyampaikannya.

1. Memilih dan merangkum hasil penelitian yang akan ditampilkan

Hasil penelitian adalah penting, tapi lebih penting dimengerti orang. Jika penelitian kita telah dipublikasikan di jurnal misalnya, maka setiap orang bisa membacanya, di presentasi ini kita mencoba menjelaskan implikasi dari hasil penelitian tersebut saat ini.

Misalnya, perlu dijelaskan hal-hal yang aplikatif yang dikenal oleh pendengarnya.

2. Tulisan mudah dibaca, gunakan animasi dan pointer

Pilih huruf yang standar digunakan seperti arial, times new roman dan lainnya. Ukuran huruf minimal 12, dengan konklusi pernyataan lebih dari 20. Animasi dan pointer bisa membantu pendengar lebih fokus terhadap pokok yang sedang dibicarakan.

3. Isi slide proporsional antara tulisan dan ilustrasi gambar

Kecuali bagian tertentu seperti kesimpulan, dalam menjelaskan hasil penelitian atau latar belakang diperlukan gabungan antara tulisan dan ilustrasi gambar. Komposisi tulisan sebaiknya lebih sedikit dari ilustrasi gambar dan hindari tulisan banyak paragraf.

Baca ini yuu :   Bedanya Kuliah di Jepang dengan di Indonesia

latihan presentasi

4. Gunakan note, tulis apa yang akan dibicarakan

Catatan di powerpoint hendaknya digunakan dan tulis apa yang akan dibicarakan. Print dengan note, untuk berlatih. Bacalah ketika latihan, sesuaikan dengan waktu yang disediakan. Jika kurang atau melebihi waktunya, maka kalimatnya bisa ditambah atau dikurangi.

5. Latihan presentasi dan revisi

Perlu minimal seorang teman untuk saling memeriksa tata cara penulisan ilmiah yang benar. Misal, keseragaman tata cara penulisan pustaka, judul, dan lainnya.

Latihan dan latihan akan membantu presentasi lebih baik lagi pada waktunya nanti.

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Cara Mudah Menulis dan Publikasi Artikel Review di Jurnal Ilmiah

Nazroel.id – Salah satu bentuk Artikel Ilmiah yang bisa kita buat adalah Artikel Review/Tinjauan dari …

Leave a Reply

%d bloggers like this: