Advertisements
Home / Blogging / Tips Menjadi Blogger Pemula Bagi Mahasiswa Rantau di Luar Negeri
gaji adsense

Tips Menjadi Blogger Pemula Bagi Mahasiswa Rantau di Luar Negeri

Nazroel.id – Pergi berkelana ke Luar Negeri untuk sekolah tentunya memerlukan suatu kegiatan diluar akademik, seperti mengembangkan hobi misalnya. Selain bisa mendukung kegiatan akademiknya, melakukan hobi yang disenangi bisa membuat waktu bertahun-tahun menjadi terasa cepat berlalu. Terlebih hobi itu bisa bermanfaat bagi orang lain.

Konon kabarnya seorang mahasiswa di Luar Negeri akan disibukkan dengan kegiatan keilmiahannya termasuk seharian di laboratorium untuk melakukan penelitian. Bisa saja demikin, tapi menurut saya, hal itu tidak baik, menikmati hidup dan menjadi mahasiswa yang berimbang dengan kehidupan sosial diluar akan menghasilkan nilai positif yang lebih sepulangnya nanti.

Hobi itu bisa bermacam-macam, dari olahraga hingga traveling dan kuliner. Hobi itupun bisa muncul tiba-tiba sesuai kondisi dan keadaan yang ada. Sebagai contoh, gymnasium kosong setiap minggu, net dan raket yang ada bisa membuat hobi doyan bermain badminton.

Selain itu, koneksi internet yang berlimpah membawa diri untuk berselancar di dunia maya dan mencari sesuatu yang bisa dijadikan penghilang stress sekaligus bisa bermanfaat bagi orang banyak, yakni Blogging.

Nah, karena beberapa minggu lagi akan kembali ke tanah air dan dari sisi kondisi fasilitas serta waktu luang akan berbeda, mungkin saja hobi Blogging saya akan hilang kembali.

Oleh karenanya, walaupun nanti sudah tidak menjadi blogger, setidaknya di tulisan ini akan menjelaskan “Tips Menjadi Blogger Untuk Pemula Bagi Mahasiswa Rantau di Luar Negeri” yang dipilah berdasarkan pengalaman yang paling seru dan tanpa rahasia. Syukur-syukur nanti bisa dibuat kompilasi dalam sebuah e-book dan bisa diakses melalui aplikasi Android. Sekilas perjalanan saya di dunia blogging serta manfaat blogging bisa dibaca disini.

Daftar Isi

Baca ini yuu :   Ternyata Begini Rahasia Youtube Bisa Menghasilkan Recehan Dollar

1. Memilih platform blog

Blog adalah singkatan dari Web log, yang berarti aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Saat ini platform yang banyak digandrungi para blogger adalah blogspot dan wordpress.

Melirik sejenak ke sisi historis, blog pada awalnya muncul dari situs blogger.com yang kemudian diakuisisi oleh perusahaan google. Blog yang berujung blogspot.com berarti menggunakan platform blogger.com, namun tidak akan terlihat ketika memiliki domain tsendiri anpa blogspot.

Jika ingin menggunakan platform blog bisa mengunjungi blogger.com sebagai contohnya saya pernah membuat situs http://bidhuan.blogspot.com/. Syaratnya mudah hanya memiliki e-mail di gmail.com.

Pilihan kedua adalah WordPress. WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). Bahkan kini situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, dan TechCrunch menggunakannya. Blog ini sebenarnya beralamat di nasrulwathoni.wordpress.com dan masih aktif, hanya menggunakan domain nazroel.id.

Setelah mencoba keduanya, saya lebih fokus mengembangkan wordpress, karena lebih mudah dan untuk diawal tidak usah mengerti koding atau kode pemrograman untuk mengembangkan situsnya. Jadi kesimpulannya, kedua platform masih banyak digunakan di dunia blogging, tergantung kita mau memilih mana untuk dipelajari lebih dalam.

Saran saya mulailah mempelajari apa itu WordPress melalui link https://id.wikipedia.org/wiki/WordPress belajar lewat google adalah cara jitu untuk memulai menjadi blogger selain bergabung bersama komunitas lainnya. Untuk awal bisa mengikuti komunitas wordpress.com di https://id.forums.wordpress.com/ seketika ingin berpindah agar lebih bebas berekpresi bisa mengikuti komunitas wordpress.org di https://id.wordpress.org/support/

2. Tentukan tujuan, visi dan misi blog

Setelah mengetahui bagaimana seluk beluk dasar WordPress dengan membuat domain gratisan berujung wordpress.com, baiknya membuat nama domain di depan wordpress.com sesuai dengan tujuan, visi, dan misi dari blog-nya.

Visi dan misi berkolerasi dengan tujuan blogging, tujuan blogging disini dibagi 2, mengejar dollar atau hobi semata. Untuk pemula baiknya memiliki tujuan untuk keperluan hobi. Dengan tujuan hobi, segalanya bisa diarahkan kedepannya.

Baca ini yuu :   Wow! Gaji Nge-blog Sehari 98 USD Bisa Setara Gaji Wakil Presiden RI

Setelah memiliki niat bahwa blogging itu hobi, saatnya menentukan visi dan misi yang sebenarnya tergantung dari topik yang akan dipilih, berikut contoh beberapa topik blog:

– Pribadi
– CPNS
– loker
– travelling
– info beasiswa
– kata-kata mutiara
– sepeda motor
– mobil
– tips kecantikan
– tips kesehatan
– gadget
– kpop,
– Olahraga dll.

Fokus terhadap satu topik tertentu adalah hal yang baik dalam membangun sebuah blog. Menulis konten bermanfaat hingga mencari pengunjung langganan adalah tujuan blogging yang sebenarnya.

Ingin mengetahui apa saja yang dilakukan selama sebulan pertama membangun blog bisa melihat postingan berikut ini http://bidhuan.com/internet/2134/catatan-bulanan-seorang-blogger-pemula/

3. Tampil beda

Ada jutaan blog di internet dengan berbagai topik, dan semua ingin berlomba menjadi yang terbaik. Oleh karena nya, kata kunci, segmentasi, yang semuanya dibahas dalam sebuah topik SEO (Search Engine Optimization).

Dengan tampil beda dari yang lain setidaknya mencirikan kekhasan dari blog yang dibangun.

4. Posting rutin

Minimal sehari sekali, dan pastingan postingan yang kita buat bermanfaat bagi yang membacanya. Walaupun tentang pengalaman pribadi, usahakan agar pengunjung merasakan manfaat dari pengalamannya.

5. Menyusun sitemap dan kategori yang tepat

Setelah banyak postingan, saatnya menyusun site map dan kategori yang tepat. Anggap saja anda sebagai pengunjung, apa yang akan anda lakukan agar pengunjung betah di blog kita. Tentunya perlu panduan apa saja isi dari blog nya yaitu di site map dengan catatan penyusunan kategorinya tepat. Memaksimalkan settingan menu utama/menu dropdown di appearance juga perlu diterapkan untuk mempermudah pengunjung memilih langkah berikutnya di blog kita.

6. Memaksimalkan sosial media dan komunitas

Gunakan lah bantuan publize untuk mempublikasikan setiap postingan ke akun social media kita. Bangunlah komunitas atau bergabung dengan komunitas yang ada. Kaskus pilihan pertama, selanjutnya grup atau page facebook juga bisa digunakan. Selain itu, situs social bookmarking juga perlu dikedepankan, disini saya gunakan lintas.me. Satu lagi, gunakan youtube untuk ajang promosi dan kadang bisa dimasukan ke artikel kita sesuai topiknya.

Baca ini yuu :   Bedanya Kuliah di Jepang dengan di Indonesia

7. Belajar sedikit teknik SEO

Untuk belajar SEO bisa melihat ebook SEO ala mbah google disini, yang saya pelajari dan terapkan terutama penetapan keyword, dan penggunaan header. Setiap membuat artikel, selain keyword, judul adalah penting, biasanya saya menggunakan google keyword planner dan tentunya yang gampang adalah langsung searching di mbah googlenya.

Dengan mengerti SEO maka tips lainnya untuk meningkatkan visibilitas blog bisa dipelajari dan banyak dibahas di mbah Google.

Sampai tahap ini, memerlukan kurang lebih 3 bulan lamanya, selengkapnya terkait pencapaian selama 3 bulan bisa dilihat di postingan berikut http://bidhuan.com/internet/9027/cara-mencapai-1-juta-views-dalam-3-bulan-untuk-blogger-pemula/

8. Mulai berpikir profesional

Sampai tahap diatas kita tidak akan dikejar target, hanya mengisi waktu dan mengkpresikan hobi yang ada. Namun, ketika berpikir profesional maka segalanya akan berubah. Prinsipnya tidak ada pekerjaan apapun yang menghasilkan uang tanpa usaha. Termasuk juga membangun blog.

Profesional dalam artian blogger adalah sebuah profesi, banyak yang terjun full time dan berprofesi sebagai blogger. Bahkan menghidupi keluarganya dari kucuran dollar setiap bulannya.

9. Mengenal sumber dollar

10. Beli domain dan hosting

11. Tips mencari sumber artikel

12. Mengatur waktu dan rutinitas

13. Menggabungkan usaha online dan offline

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Tips Cara Memilih Internet Rumah Fiber Optik Murah dan Berkualitas

Nazroel.id – Terus bertambahnya subscribers yang saat ini mencapai 1.1k, selain itu permintaan beberapa komentar …

Leave a Reply

%d bloggers like this: