Advertisements
Home / Blogging / Manfaat Blogging Untuk Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana di Luar Negeri

Manfaat Blogging Untuk Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana di Luar Negeri

Nazroel.id – Menulis adalah aktivitas sehari-hari yang selalu dilakukkan mahasiswa. Hal ini terutama diperlukan ketika mencatat, membuat laporan, skripsi, tesis, disertasi, hingga publikasi ilmiah baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Di era digital ini, tulisan tidak hanya berbentuk dalam sebuah coretan atau catatan dalam sebuah kertas melainkan bisa dituangkan di media website, termasuk di media sosial yang akhir-akhir ini semakin populer.

Perlu disadari bahwa media sosial seperti facebook adalah sebuah website atau situs dengan alamat facebook.com sama halnya dengan nazroel.id saat ini. Semakin sering menggunakan facebook, maka semakin merekah senyum Mark Zuckerbeg dengan aliran dollar dari para pemasang iklannya.

Lalu apa itu blog?

Blog adalah singkatan dari Web log, yang berarti aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Blog awalnya muncul dari situs blogger.com yang kemudian diakuisisi oleh perusahaan google.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Jadi tergantung pemilik blog, mau seperti apa dan arah kemana blognya dibuat. Blog yang baik adalah blog yang memiliki manfaat bagi pengunjungnya. Semakin kreatif pemilik blog, maka semakin mungkin akan banyak pengunjungnya.

Namun, adanya program iklan di blog terkadang membuat pemilik blog menjadi lupa akan tujuan awal dari blogging. Sehingga hanya memikirkan kucuran dollar yang mengalir setiap bulannya yang datang dari trafik pengunjung.

Baca ini yuu :   Ternyata Begini Rahasia Youtube Bisa Menghasilkan Recehan Dollar

Bijak dalam blogging bisa bermanfaat untuk dosen dan mahasiswa

Berdasarkan sedikit pengalaman dalam dunia per-blogger-an, baik-buruknya dampak blog bagi orang banyak tergantung dari niat dari pemilik blognya.

Oleh karenanya, berikut adalah beberapa manfaat blogging khususnya bagi saya dimana saat ini berstatus sebagai dosen dan mahasiswa pascasarjana ketika merantau di luar negeri.

1. Blogging membuat waktu berjalan begitu cepat

2 bulan setibanya di negeri sakura tepatnya di bulan Mei 2014, saya membuat artikel “Bosan denger Janji Calon Presiden saya juga mau buat Janji Calon Blogger. Itulah awal mula, mulai menghidupkan kembali blog nasrulwathoni.wordpress.com yang sempat mati suri.

Beberapa bulan kemudian berubah menjadi nasrulwathoni.com, karena mulai tergoda rayuan dollar berubah menjadi bidhuan.com yang saat ini telah saya jual dan berada di orang yang lebih tepat.

Lalu munculah, farmasetika.com dengan maksud agar membuat blog yang fokus sesuai bidang yang digeluti saat ini. Tepatnya bulan April 2016, “Hilang Bidhuaners Muncul Farmasetikers.” 

Saat ini situs farmasetika.com telah memiliki anggota lebih dari 600 orang di situsnya dengan ribuan follower, 11.6 k di facebook, 1.7k di instagram, dan 300 di twitter.

HomePage - Info Farmasi Terkini Berbasis Ilmiah dan Praktis 2016-12-10 21-35-43

Didalam situs tersebut juga disediakan berbagai fitur dan bisa berinteraksi sesama anggotanya. Tentunya dikemas sesuai maksud dan tujuan dibangunnya situs farmasetika.com.

Tidak terasa, waktu kesendirian di Jepang saat ini hampir 3 tahun, pertanda bulan Maret 2017 nanti sudah harus kembali mengabdi di tanah air.

2. Hidup lebih irit bahkan menghasilkan dollar

Weekend atau sepulang dari laboratoriun adalah waktu dimana biasanya digunakan untuk keluar bersama, makan bersama, hura-hura bersama mencari hiburan dengan teman-teman di sini.

Entah kenapa, setelah sedikit kecanduan blogging, waktu bersama laptop dengan koneksi internetnya lebih berharga dibanding hanya sekedar keluar untuk mencari angin dan mengeluarkan sejumlah yen.

Baca ini yuu :   Seorang Blogger Sejati Akan Mengejar Manfaat Kemudian Trafik

Tanpa dirasa, dollar pun mengalir dan langsung dikirim ke rekening western union di tanah air. Alhamdulillah, beberapa kali sempat memberikan rezeki buat sanak family. “Setahun Raih Penghargaan Sepuluh Juta Impression dari Google Adsense

3. Membiasakan belajar menulis untuk publikasi ilmiah

Memulai menulis adalah hal yang paling sulit, sesulit ingin memulai mengungkapkan kata hati pada sang pujaannya 🙂 Tidak percaya? silahkan mencoba sendiri seketika ingin mencoba menulis membuat artikel di blognya.

Tapi, rutinitas membuat kebiasaan mencurahkan apa yang ada di kepala menjadi mudah mengalir menjadi sebuah ketikan pada keyboard sekaligus merangkai kata-katanya.

Tanpa disadari, hal itu membuat memudahkan saya untuk menulis manuskrip untuk publikasi internasional walaupun itu dalam bahasa inggris, karena awalnya yang paling penting adalah ide yang muncul dan mengalir deras menjadi sebuah tulisan. “Begini Contoh Komentar Reviewer Jurnal Elsevier dengan Minor Revision

Saya berkali-kali mengajak para kolega untuk mulai menulis di farmasetika.com, sayangnya belum mau rutin menulis. Padahal sangat bermanfaat untuk membiasakan diri dalam menulis publikasi ilmiah.

4. Belajar bahasa Inggris dengan membuat blog bule

“English Writing Skill” dan “English Speaking Skill” adalah 2 keahlian berbeda yang bisa terasah oleh sebuah latihan. Oleh karenanya, total saat ini saya memiliki 5 blog berbahasa Inggris dengan topik berbeda-beda dari mulai mainan anak, hingga tentang obat-obatan. “Belajar “Writing” dengan Membuat Blog Bule dan Mengintip Amazon Affiliate

blog bule

Dalam tahap ini, selain bermanfaat melatih menulis juga bisa memilah mana blog untuk mencari dollar, mana blog untuk pengabdian dan mana blog pribadi.”Wow! Gaji Nge-blog Sehari 98 USD Bisa Setara Gaji Wakil Presiden RI

Baca ini yuu :   Progress Tahun Kedua, Tetap Optimis Sesuai Rencana Lulus 3 Tahun

Lalu bagaimana caranya memulai blogging?

Mudah, langsung saja membuat di situs wordpress.com dan just do it!

Ketika telah mendapatkan passion-nya, mulai bisa mengembangkannya sendiri dan perlu ditekankan disini, blog adalah sebuah karya seni. Berkaryalah untuk negeri yang memiliki nilai manfaat bagi pengunjungnya!

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Tips Cara Memilih Internet Rumah Fiber Optik Murah dan Berkualitas

Nazroel.id – Terus bertambahnya subscribers yang saat ini mencapai 1.1k, selain itu permintaan beberapa komentar …

Leave a Reply

%d bloggers like this: