Advertisements
Home / ilmiah / Tips Cara Mengecek Impact Factor, SJR, dan SNIP Jurnal Internasional
jurnal-report-impact-factor

Tips Cara Mengecek Impact Factor, SJR, dan SNIP Jurnal Internasional

Nazroel.id – Mailing Time. Hari ini saya ingin mencoba menjawab pertanyaan dari salah satu pengunjung setia blog ini, tetapi tidak bisa dijawab secara langsung dan harus dibuatkan artikel “Tips Cara Mengecek Impact Factor, SJR, dan SNIP Jurnal Internasional”

Berikut adalah pertanyaannya :

Bagaimana mengecek impact factor dan citation artikel jurnal yang telah kita publish, Pak? Adakah di web Scimagojr atau Scopus?

Sebelum menjawab pertanyaannya, mari kita telusuri apa yang dinamakan “journal metric” atau sistem pengukuran perangkingan jurnal yang digunakan oleh publisher Jurnal Internasional bereputasi. Dan biasanya setiap jurnal akan memperlihatkan data “journal metric” di halaman depan jurnal internasionalnya.

Cara mengecek journal metric

Sebagai contoh, publikasi saya terakhir di “International Journal of Biological Macromolecules” data “journal metric” bisa dilihat di link berikut ini. Seperti dibawah ini :

jurnal-metrik

Jurnal ini memperlihatkan 3 sistem perangkingan jurnalnya, oleh karena itu saya coba bahas 3 sistem perangkingan yang digunakan oleh Jurnal Internasional bereputasi.

1. Impact factor (IF)

Pengertian IF :

Impact Factor (IF) dari jurnal akademis adalah ukuran yang mencerminkan jumlah rata-rata tahunan dari kutipan Artikel terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal itu. Hal ini sering digunakan sebagai proxy untuk kepentingan relatif dari jurnal dalam bidangnya; jurnal dengan IF yang lebih tinggi sering dianggap lebih penting daripada jurnal dengan yang lebih rendah.

IF dirancang oleh Eugene Garfield, pendiri Institute for Scientific Information. faktor dampak dihitung tahunan mulai dari tahun 1975 untuk Ulasan jurnal-jurnal yang tercantum dalam Journal Citation Reports dari Thomson reteurs. (Wikipedia)

Nah, sayangnya jika ingin melihat IF untuk seluruh jurnal Thomson menyediakan program berbayar khusus yang dinamakan InCite, bisa melihat dan menganalisis jurnal yang telah memiliki impact factor termasuk nilainya.

Baca ini yuu :   Rahasia Mudahnya Universitas Jepang Berkolaborasi dengan Industri Kembangkan Produk Farmasi

Thomson hanya menyediakan list journal yang telah memiliki impact factor, untuk tahun 2016 telah dirilisnya seperti dibawah ini

Solusi untuk melihat besaran IF adalah dengan mendatangi publisher jurnal itu sendiri. Ada juga yang menyediakan daftarnya secara tidak resmi seperti melalui situs http://www.citefactor.org/ tapi kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

2. Source Normalized Impact per Paper (SNIP)

Pengertian SNIP

Dibuat oleh Profesor Henk moed di CTWS, Universitas Leiden, Source Normalized Impact per Paper (SNIP) mengukur kontekstual kutipan dampak dengan pembobotan kutipan berdasarkan jumlah total kutipan dalam bidang subjeknya. Dampak dari kutipan tunggal diberikan nilai lebih tinggi di bidang studi di mana kutipan berada, dan sebaliknya. (https://www.journalmetrics.com/snip.php)

Jika ingin melihat perangkingan berdasarkan SNIP bisa melihat melalui situs https://www.journalmetrics.com/display2.php

3. SCImagi Journal Rank (SJR)

Untuk mengetahui lengkapnya tentang SJR diulas secara lengkap disitus www.scimagojr.com

SCImago adalah kelompok riset dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), Universitas Granada, Extremadura, Carlos III (Madrid) dan Alcala de Henares, didedikasikan untuk analisis informasi, representasi dan pengambilan dengan teknik visualisasi.

SJR dihitung dengan menggunakan database Scopus (Elsevier) dengan memperhatikan

  • Journal coverage.
  • Relationship between primary (citable items) and total output per journal of the database.
  • Assignment criteria for types of documents.
  • Accuracy of the linkage between references and source records

(SCImago. (2007). SJR — SCImago Journal & Country Rank. Retrieved July 21, 2015, from http://www.scimagojr.com)

Untuk melihat perangkingan berdasarkan SCImago bisa dilihat melalui alamat http://www.scimagojr.com/journalrank.php

Nah jika jurnal anda tidak ada di perangkingan diatas, maka patut dipertanyakan keabsahan serta reputasinya. Selain itu, perangkingan diatas bisa digunakan untuk mengetahui jurnal mana yang akan disubmit

Cara mengecek sitasi

Tulisan berikutnya ya… silahkan tulis dikomentar jika ingin diteruskan 🙂

Baca ini yuu :   Teori Dasar X-Ray Kristalografi
Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Cara Mudah Menulis dan Publikasi Artikel Review di Jurnal Ilmiah

Nazroel.id – Salah satu bentuk Artikel Ilmiah yang bisa kita buat adalah Artikel Review/Tinjauan dari …

2 comments

  1. mau nanya apakah Q1, Q2, Q3 dan Q4 termasuk parameter yang digunakan untuk mengetahui apakah sebuah jurnal masuk dalam kategori jurnal internasional bereputasi yang mempunyai dampak faktor

Leave a Reply

%d bloggers like this: